cLNxsGUWkArrLhwVBfe6eO4P8vRLtY53cHInnzfr
Bookmark

Cara Mudah Daftar dan Menggunakan Google Question Hub

Cara Mudah Daftar dan Menggunakan Google Question Hub
Google Question Hub – Sebagai blogger pengunjung organik dan backlink berkualitas tinggi menjadi tujuan utama yang ingin dicapai. Banyak cara yang ditawarkan oleh praktisi termasuk google question hub yang baru saja diluncurkan oleh google pada awal tahun 2020 lalu. Tool gratis google question hub yang disediakan oleh google ini terlahir atas kolaborasi antara google dan publisher mereka.

Resmi diluncurkan awal tahun 2020, google question hub sebenarnya bukanlah produk baru dari raksasa Internet dunia. Lahir sebagai versi beta, saya beruntung sempat mencobanya beberapa bulan sebelum resmi dilepas ke publik. Dampak luar biasa yang bakal didapat dari penggunaan google question hub ini adalah trafik organik dan backlink berkualitas tinggi langsung dari google sendiri.

Google question hub cukup terkenal secara masif setelah google memperkenalkan di dashboard blogger. Google memberikan notifikasi cukup mencolok di bagian atas pada tampilan awal saat blogger.com diakses pengguna. Pemberitahuan tentang google question hub hadir saat tool ini resmi dilepas ke publik.

Teman-teman blogger pasti sudah ada yang mencoba menggunakan tool google question hub dan bahkan ada yang telah meramunya dalam bentuk artikel tutorial atau video tutorial cara menggunakan google question hub. Artikel uncchu.com kali ini juga berbicara tentang Google Question Hub. Artikel berikut ini bisa jadi opsi pelengkap tambahan bagi yang ingin mengenal lebih lanjut tentang google question hub.

Apa itu google question hub?

Meski agak sedikit telat namun tidak ada salahnya Saya mencoba untuk kembali menjelaskan apa itu google question hub. Seperti yang telah saya singgung di atas, google question hub adalah bagian dari google yang bisa digunakan untuk meningkatkan trafik kunjungan dari search engine google ke blog yang dimiliki.

Sebelum mengulas lebih dalam lagi tentang google question hub, Mungkin beberapa pertanyaan di bawah ini akan muncul saat seorang blogger sedang mencari tahu tentang apa iitu google question hub. Apa saja kelebihan dari google question hub ini? Bagaimana cara menggunakan google question hub? Apa peran penting google question hub bagi seorang blogger?

Uncchu.com akan mencoba menjelaskan secara rinci. Silahkan simak sampai selesai artikel terbaru dari uncchu.com kali ini tentang google question hub. Sekedar informasi, google question hub dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas blog dengan meningkatkan secara sehat trafik kunjungan ke blog. Hal ini bagus untuk menaikkan kualitas SEO Blog.

Google question hub adalah produk google terbaru yang mengumpulkan pertanyaan belum terjawab yang masuk ke dalam database mesin pencarian google. Atau data beberapa pencarian user yang belum memiliki jawaban utuh dan lengkap yang dihimpun oleh pencarian google.

Fungsi google question hub

Inilah fungsi dari google question hub. Mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang tidak terjawab yang bersumber dari mesin pencari. Pertanyaan ini dikumpulkan dan dikirim ke dalam platform yang oleh google disebut sebagai google question hub. Pertanyaan-pertanyaan tak terjawab ini adalah pertanyaan yang diinput pengguna pada mesin pencarian google tapi tidak mendapatkan jawaban yang pas. Data ini dikumpulkan google untuk membantu mengidentifikasi kekosongan konten online di mesin pencarian google. Konten tak terjawab ini bisa apa saja. Baik itu artikel, video dan gambar maupun tutorial serta apa saja yang dicari oleh pengguna google search engine.

Google question hub mengatur dan mengelompokkan pertanyaan tak terjawab tersebut untuk direkomendasikan ke publisher yang berkompeten agar bisa mencarikan atau membuat konten berkualitas yang kemudian di index google untuk ditawarkan kepda pengguna. Memudahkan pekerjaan blogger, pertanyaan tersebut diatur berdasarkan area, topik dan memberikannya pada publisher untuk dijawab dan dicarikan jawabannya. Fungsi google question hub di sini apa? Ya itu tadi, untuk melengkapi kekurangan konten yang ada di mesin pencari google yang mana jawabannya belum tersedia di google.

Cara menggunakan google question hub

Kalimat tepatnya adalah bagaimana cara menggunakan google question hub untuk meningkatkan trafik kunjungan ke blog? Baik itu organik (mesin pencari) atau direct traffict. Google question Hub adalah produk Google yang lebih mirip ke kumpulan pertanyaan dan jawaban. Maka hal inilah yang harus dimanfaatkan oleh blogger dalam meningkatkan trafik kunjungan ke Blog.

Blogger bisa memanfaatkan pertanyaan tidak terjawab tersebut untuk membuat konten yang lebih baik dan beragam. Konten yang merupakan jawaban dari pertanyaan yang ada di google question hub tadi akan ditawarkan ke audiens Anda yang juga pengguna mesin pencari google. Konten yang Anda buat berdasarkan pertanyaan dari google question hub ini juga dipersembahkan oleh google search engine ke para pengguna mereka yang sekaligus juga merupakan target audiens blog.

Bisa disimpulkan secara keseluruhan ada mutual yang bersifat Mutual Simbiotic di sini. Semua sangat diuntungkan dengan adanya google question hub. Baik itu pengguna google di mesin pencari mereka maupun blogger sebagai publisher iklan mereka.

Seperti yang saya jelaskan di atas google question hub adalah kumpulan pertanyaan yang tidak terjawab dari mesin pencari google dan User membutuhkan jawaban dari pertanyaan yang mereka ketik. Silakan pilih pertanyaan yang menurut Anda bisa untuk Anda jawab. Pilihlah pertanyaan yang masuk di google question hub yang sesuai dengan kompetensi atau niche blog yang dikelola. Di sini, di google question hub Anda diperbolehkan untuk memasukkan link khusus yang langsung mengarah ke jawaban Anda yang ada di blog.

Sehingga sebagai blogger, Anda bisa mendapatkan data secara spesifik mengenai tema atau pertanyaan yang relevan dengan blog. Silakan ambil dan tentunya ini akan berdampak sangat bagus untuk blog.

Blogger bisa mengambil tema untuk dibuat konten yang sesuai dan dibutuhkan oleh user atau target audiens. Intinya google question hub bisa digunakan untuk mencari ide segar. Ide tersebut bisa menjadi jawaban akan pertanyaan-pertanyaan yang muncul di google question hub. Mudah bukan?

Cara daftar google question hub

Setelah mengetahui sedikit gambaran tentang apa itu google question hub. Kini saatnya untuk mengetahui bagaimana cara daftar google question hub.

Sediakan Akun Email

Hal ini tidak perlu dicemaskan karena sebagai blogger pasti dong memiliki akun gmail! Gunakan akun gmail yang langsung terhubung ke blog atau situs web yang ingin Anda boost trafiknya. Setelah itu silahkan kunjungi questionhub.withgoogle.com

Maka akan muncul tampilan halaman muka dari google question hub seperti gambar bawah ini. Silakan langsung klik tombol daftar dan Anda akan otomatis diarahkan ke halaman dashboard google question hub. Jika sudah mendaftar sebelumnya silakan klik luncurkan question hub.

Google Question Hub

Pilih ide dan pertanyaan

Silahkan klik tambahkan pertanyaan yang terletak di pojok kiri atas untuk memilih tema dan ide tulisan yang cocok untuk blog Anda. Sedangkan untuk merefresh Anda bisa mengklik tombol tambahkan pertanyaan di sebelah kanan atas pojok dashborad google question hub.

Selanjutnya akan tampil halaman google question hub seperti gambar di bawah ini. Dimana tema yang Anda ambil berhubungan dengan blog yang Anda miliki. Silakan pilih satu persatu sesuai dengan kompetensi dan bidang yang Anda kuasai. Ini penting, agar Anda bisa menawarkan jawaban yang relevan atas pertanyaan yang muncul di google question hub nantinya.

Jawab pertanyaan di google question hub

Selanjutnya Anda bisa menjawab pertanyaan tersebut sesuai tema yang Anda ambil dan pastikan sesuai dengan konten yang ada pada blog yang Anda miliki. Sebagai contoh blog Uncchu.com adalah blog yang konten di dalamnya lebih mengarah ke niche blogger dan bisnis.

Pada tahap ini, Anda bisa menambahkan query dan question apa yang cocok dengan isi konten blog Anda. Hal ini juga bisa dilakukan nanti jika Anda ingin melewatinya terlebih dahulu. Anda bisa langsung klik button biru dengan tulisan “Done” di pojok kanan atas, untuk menyelesaikan proses pendaftaran google question hub.

Cara meningkatkan trafik blog dengan google question hub

Anda dapat menambahkan pertanyaan pada ikon yang sebelah kanan pojok atas. Maka akan muncul beberapa macam pertanyaan yang sesuai dengan tema dan ide yang telah Anda pilih sebelumnya saat proses daftar google question hub tadi. 

Silakan pilih jawab untuk menjawab dan pilih tolak untuk menghapus sekaligus menghilangkan pertanyaan tersebut di dashbor google question hub Anda. Jika Anda memilih untuk menjawab maka pertanyaan yang muncul adalah seperti gambar di bawah ini. Langkah inilah yang bisa meningkatkan trafik blog.

Trafik blog dari question hub

Silakan masukkan dan input url atau link artikel blog yang merupakan jawaban dari pertanyaan yang muncul di google question hub. Tekan kirim jika Anda telah memasukkan url atau link artikel jawaban dengan baik dan benar. Maka Anda akan diberi notifikasi bahwa jawaban Anda telah dikirim. Jika ada pencarian yang berkaitan dan mirip dengan pertanyaan yang Anda jawab di google question hub, maka otomatis akan ada trafik langsung dari google question hub mengarah ke blog Anda.

Kesimpulan

Demikianlah artikel uncchu.com yang membahas tentang pengertian google question hub, cara mendaftar google question hubdan cara menggunakan google question hub. Cara di atas juga ampuh dalam meningkatkan kunjungan organik ke blog dan memberikan backlink berkualitas untuk blog. 

Hal ini sangat berguna untuk keperluan SEO dan kerjasama berupa content placement dan kerjasama backlink lainnya. Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar.

Post a Comment

Post a Comment