6 Trik Wajib Agar Bisnis Awet dan Berumur Panjang

6 Trik Wajib Agar Bisnis Awet dan Berumur Panjang
Trik Agar Bisnis Awet – Memulai bisnis adalah salah satu keinginan setiap orang. Namun tidak semua bisnis berjalan lancar dan bertahan lama. Ada banyak hal yang membuat bisnis bisa bangkrut atau sebaliknya.

Apa saja yang membuat sebuah bisnis yang baru dirintis bisa bertahan lama dan tetap eksis? Sebagai pemula atau pengusaha muda ada banyak hal yang harus diketahui agar bisnis awet.

Sebagai pemuda atau pemula dalam sebuah bisnis. Mencari untung sebanyak-banyaknya sering menjadi penggoda dan penyebab tutup tirainya sebuah bisnis. Terutama yang digawangi oleh anak muda nan masih bergelora.

Trik agar bisnis awet dan bertahan lama

Bagi pengusaha muda atau yang baru terjun ke dunia bisnis, mencari keuntungan yang banyak dalam waktu singkat sering menjadi godaan paling berat.

Apalagi dengan kondisi modal yang masih cukup dan semangat tinggi, terkadang para wirausahawan pemula tak tanggung-tanggung mengerahkan sumber daya mereka untuk mengejar hal tersebut.

Keuntungan serta arus uang yang datang tiba-tiba dalam jumlah besar terkadang menjadi satu pemicu para pengusaha lepas kendali di awal bisnisnya. Padahal dunia dagang dan bisnis adalah ranah yang penuh ketidakpastian.

Seperti yang umum terjadi dan yang diketahui bersama. Ramai hari ini belum tentu juga ramai esok hari, untung hari ini jika tidak dikelola dengan baik bisa jadi penyebab rugi di lain waktu.

Agar tidak mudah tergoda keuntungan sesaat dan agar bisnis awet serta bisa berumur panjang, Anda bisa melakukan trik sukses buka usaha yang akan dipaparkan berikut ini.

Perhatikan tenaga kerja

Hal terpenting yang patut Anda perhatikan agar bisnis awet dan tetap hidup dalam waktu lama adalah Tenaga kerja. Biaya untuk tenaga kerja adalah salah satu faktor biaya yang sangat penting diperhitungkan ketika Anda menjalankan bisnis.

Baik pekerja atau karyawan tetap maupun kontrak alias temporer. Dalam hal ini baiknya Anda menghitung secara seksama segala biaya yang menjadi hak si pekerja. Termasuk uang lembur, tunjangan kesehatan, dan lainnya.

Sebagai owner Anda jangan ragu untuk memberikan bonus, intensif atau hadiah kaget bagi pekerja atau karyawan Anda yang memiliki kinerja paling baik.

Hal ini sangat berguna untuk memompa semangat mereka yang bekerja bersama Anda begitu pula sebaliknya. Karena menurut para Ahli bisnis, pekerja atau karyawan adalah investasi yang sangat penting untuk bisnis Anda.

Mencatat kinerja dan prestasi mereka sangat disarankan dan bisa membantu Anda membuat keputusan bisnis di masa mendatang. Catatan ini juga berguna bagi Anda yang sedang melakukan evaluasi dan efisiensi.

Efisienkan pengeluaran bisnis

Efisinsi dalam pengeluaran bukan berarti Anda harus bersikap pelit. Tapi Anda harus bersikap tegas dan tepat dalam penggunaan uang keluar bagi bisnis Anda.

Menahan diri untuk pengeluaran yang tidak penting adalah tips sukses membangun bisnis awet dalam jangka panjang. Anda sangat disarankan untuk mencatat secara seksama dan teliti tentang pengeluaran dalam bisnis Anda.

Hal yang harus Anda catat adalah dahulukan hal yang paling penting dan terpenting terlebih dahulu.

Berikan batas yang jelas antara kebutuhan bisnis dan pribadi

Memisahkan persoalan bisni dan pribadi adalah hal ketiga yang sangat dianjurkan dalam membangun sebuah bisnis awet dan agar berumur panjang.

Banyak sekali dari pebisnis pemula yang mengabaikan hal ini dalam menjalankan bisnisnya. Merasa dana atau pemasukan modal yang sama.

Anda sering abai dalam membedakan mana pengeluaran dari bisnis atau pengeluaran pribadi Anda. Pada Akhirnya banyak pebisnis yang justru kebingungan saat laporan keuangan.

Trik sukses usaha ini hampir ada di setiap situs bisnis mulai dari Forbes, Black Enterprise, atau pun Fortune. Sebab menurut para pakar bisnis hal ini sering diabaikan, terlebih oleh para pemula dalam menjalankan bisnisnya.

Begitu pula untuk sisi pemasukan. Sehingga saat harus mengecek alur transaksi, si pemilik usaha sering kebingungan karena uang yang masuk dan keluar sudah saling tumpang tindih.

Cara paling mudah untuk melakukan trik sukses usaha agar berumur panjang yang ini adalah dengan memisahkan akun bank. Anda sebaiknya mulai memisahkan akun bank atau kartu kredit untuk keperluan pribadi dengan keperluan bisnis.

Semakin cepat dan jelas pemisahan bisnis dan pribadi dibuat akan lebih baik. Karena dengan begitu, rekam transaksi menjadi lebih rapi dan mudah terdeteksi.

Bayar dan tagihan tepat waktu

Trik sukses usaha satu ini tidak kalah penting. Fortune mencatat banyak usaha yang sukses secara keuntungan tapi karena mengabaikan tagihan yang jadi kewajiban, mereka bisa langsung tamat riwayatnya.

Oleh karena itu, bayarlah tagihan yang menjadi tanggung jawab bisnis Anda, seperti pajak, kredit pinjaman, asuransi, dan kewajiban lainnya tepat waktu.

Begitu juga sebaliknya dalam urusan tagih menagih piutang terhadap konsumen atau pelanggan Anda. Trik ini memang terlihat simpel, namun bisa menyelamatkan bisnis Anda agar terhindar dari umur pendeknya.

Konsultasikan bisnis dengan tenaga profesional

Sehebat apapun Anda, berbagi pikiran dan berkonsultasi dengan mereka yang Ahli bisa melanggengkan bisnis Anda hingga dapat berjalan lebih lama.

Jangan pernah ragu untuk bertanya dan meminta pendapat kepada mereka yang telah senior. Jika perlu sewalah orang-orang Ahli yang bisa membantu Anda dalam membangun bisnis awet dalam jangka panjang.

Seimbangkan alur kas bisnis

Seimbangkan alur kas masuk dan keluar. Trik sukses usaha yang satu ini bisa Anda ikuti secara mudah dengan menggunakan sistem buku kas atau aplikasi yang kini banyak tersedia di gadget baik Android maupun iOS.

Kemudian, masukanlah komponen utama penerimaan yang bisa diantisipasi beserta dengan pengeluarannya, sehingga Anda bisa memperkirakan arus kas yang tersedia.

Perlu diingat agar Anda selalu memperbarui catatan ini agar arus kas tetap terpantau dan bisa disesuaikan dengan rencana bisnis ke depannya.

Nah demikianlah 4 tambah 2 Bonus trik agar bisnis Anda awet dan berumur panjang. Apapun usaha yang telah Anda lakukan dengan cara terbaik dan usaha terbaik. Pasti akan membuahkan hasil.

Terima kasih telah membaca artikel terbaru dari uncchu.com dengan judul 4 Trik Agar Bisnis Awet dan Berumur Panjang. 

---

Jangan lupa untuk follow dan subscribes uncchu.com di google news dan youtube.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.