Skip to main content
Uncchu

follow us

8 Warna Helm Proyek atau Helm Keselamatan, Kegunaan dan Artinya Yang Wajib Ketahui

8 Warna Helm Proyek, Kegunaan dan Artinya Dalam Dunia Konstruksi yang Wajib Kamu Ketahui - Ada yang bertanya apa itu helm proyek? Kegunaan dan artinya? Nah helm proyek adalah helm keselamatan yang digunakan oleh pekerja proyek.

Biasanya helm proyek tidak memiliki kaca kecuali helm yang digunakan oleh pekerja bagian las. Helm proyek berfungsi melindungi kepala pekerja jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Umumnya helm proyek memiliki warna beragam dengan arti yang berbeda juga. Nah apa saja warna helm proyek yang biasa digunakan pelerja proyek?

Helm keselamatan secara resmi dikembangkan dan dikenalka n pertama kali pada tahun 1912 di Worker's Accident Insurance Institute Kerajaan Bohemia.

Namun perlu diketahui perbedaan warna helm proyek bukanlah hal baku dan berbeda-beda disetiap negara.

Kali ini uncchu.com hanya membahas 7 warna umum yang digunakan pada helm keselamatan.

Apa saja warna yang di aplikasikan pada helm keselamatan pekerja proyek tersebut? Simak ulasan mendalam berikut tentang warna apa saja yang digunakan di helm proyek.

1. Helm Proyek atau Helm Keselamatan Warna Biru

Helm Proyek atau Helm Keselamatan Warna Biru biasanya dikenakan oleh mereka yang berstatus sebagai supervisor lapangan, pekerja proyek yang berhubungan dengan kelistrikan, atau mereka yang bekerja di proyek untuk bagian operator teknis.

Namun sedikit berbeda dengan aplikasi dan kenyataan di lapangan helm ini lebih sering digunakan oleh operator alat-alat berat seperti forklift, bulldozer, crane dan lain sebagainya.

2. Helm Proyek atau Helm Keselamatan Warna Kuning 

Helm proyek atau helm keselamatan bewarna kuning ini adalah helm yang sering dan paling banyak terlihat di lapangan.

Pekerja yang menggunakan helm keselamatan berwarna kuning biasanya dipakai oleh operator, sub kontraktor atau pekerja umum.

Helm yang paling banyak pemakainya ini jika kalian berada di suatu proyek ini biasa dipakai oleh pekerja biasa atau pun buruh warna ini tergolong cukup mencolok.

Warna yang mencolok ini memberikan keuntungan kepada mereka. Mereka akan lebih mudah terlihat apabila ada kendaraan yang lalu lalang lewat proyek. Sehingga diharapkan resiko kecelakaan pun bisa diminimalisir.

Termasuk pada suatu kondisi helm dengan warna kuning ini bisa terlihat dari jarak yang cukup jauh maupun dari ketinggian.

3. Helm Proyek atau Helm Keselamatan Warna Hijau 

Pekerja yang menggunakan helm keselamatan atau helm proyek dengan warna hijau biasanya dipakai oleh pengawas lingkungan.

4. Helm Proyek atau Helm Keselamatan Warna Merah 

Helm yang bisa dibilang paling sedikit digunakan oleh pekerja proyek. Namun pekerja atau orang yang menggunakan helm proyek warna merah ini perannya sungguh besar untuk pekerjaan proyek.


Helm proyek atau helm keselamatan dengan warna merah ini dipakai oleh petugas Safety, mereka mungkin agak cerewet namun itu bertujuan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kerja seluruh orang yang ada di proyek tersebut

Mengingat tingginya angka kecelakaan kerja proyek akibat kurangnya kesadaran mengenai keselamatan kesehatan kerja di ruang lingkup proyek di negara ini.

Hendaknya pekerja selalu menanamkan berbudaya disiplin kesehatan keselamatan kerja (K3) ketika sedang melakukan pekerjaan proyek yang dilakukan sehari-hari.

5. Helm Proyek atau Helm Keselamatan Warna Orange

Helm keselamatan atau helm proyek dengan warna orange ini berbeda dengan helm proyek sebelumnya.

Jika Anda sedang berada atau melewati lokasi pekerjaan proyek di mana ada seseorang yang memakai helm keselamatan berwarna oranye.

Dapat langsung disimpulkan tanpa berkenalan dahulu bahwa orang tersebut adalah tamu perusahaan yang sedang melakukan kunjungan ke lokasi proyek.

6. Helm Proyek atau Helm Keselamatan Warna Coklat 

Helm keselamatan warna cokelat dikenakan tukang las dan pekerja lain dengan aplikasi panas tinggi.

7. Helm Proyek atau Helm Keselamatan Warna Putih 



Helm Keselamatan atau Safety Helm dengan warna putih. Orang yang menggunakan helm dengan warna putih ini biasanya adalah manager, pengawas, insinyur atau mandor dari proyek yang sedang digarap.

8. Helm Proyek atau Helm Keselamatan warna Pink

Untuk warna pink, ini biasanya dipakai para Pekerja Baru atau pun anak-anak Magang.

Berbahagialah Kamu anak magang yang punya warna favorit pink karena kamu bisa bergaya dengan helm proyekmu selama magang.

Kesimpulan 8 Warna Helm Proyek dan Artinya

Nah itulah macam-macam warna helm keselamatan atau biasa dikenal dengan helm proyek beserta fungsinya dan pemakainya.

Dari warna helm proyek yang digunakan Anda bisa melihat fungsi atau tanggung jawab mereka terhadap proyek yang sedang mereka garap.

Anda tertarik untuk memastikannya di lapangan? Setelah itu jangan lupa komentar dan share ya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar