10 Manfaat Belajar Silsilah Keluarga dan Sejarah Keluarga yang Belum Diketahui

10 Manfaat Belajar Silsilah Keluarga dan Sejarah Keluarga yang Belum Diketahui
Manfaat Belajar Silsilah Keluarga – Menemukan sejarah keluarga sendiri bisa menjadi sebuah perjalanan yang indah dan menarik. Apakah itu hanya sekedar rasa penasaranatau hanya untuk melestarikan sejarah keluarga bagi generasi mendatang.

Tapi tahukah Anda ada banyak manfaat yang akan didapat dari mencari tahu dari mana keluarga berasal. Mencari tahu asal muasal atau silsilah keluarga akan memberikan banyak manfaat bagi Anda.

Manfaat Belajar Silsilah Keluarga

Berikut ini adalah artikel yang membahas betapa pentingnya untuk kita mengetahui sejarah keluarga. Dari mana kita berasal atau siapa saja yang seharusnya ada dalam daftar silsilah keluarga.

Selain bermanfaat bagi kehidupan sosial dalam istilah yang kita sebut sebagai keluarga besar. Masih banyak lagi manfaat yang akan kita peroleh dari mengetahui siapa saja yang ada dalam lingkaran keluarga besar kita.

Nah, semakin penasaran bukan apa saja manfaat yang akan kita dapati dari mempelajari silsilah atau sejarah keluarga. Simak ulasan mendalam berikut ini tentang manfaat terbaik dari mempelajari sejarah keluarga. Apa saja?

Masalah Kesehatan Genetik

Belajar tentang kondisi kesehatan dan kondisi medis dari nenek moyang kita dapat membantu kita dalam mengambil tindakan medis yang tepat dan akurat dalam kondisi darurat.

Kenapa demikian? Karena dengan mempelajari riwayat medis, penyakit dan segala hal dapat membantu banyak dalam membuat sebuah keputusan penting dalam tindakan medis yang butuh penanganan ekstra. 

Sebagai contoh tindakan operasi bagi penderita kelainan darah. Atau pada penderita penyakit yang disebabkan oleh faktor keturunan seperti diabetes dan asma.

Jika kita mengetahui sedikit banyaknya tentang riwayat medis nenek moyang. Maka itu akan membantu kita menyadari tentang kesehatan kita sendiri. Dan siap dalam mempersiapkan langkah-langkah pencegahan yang diperlukan.

Tradisi Keluarga

Salah satu alasan lain kenapa kita harus tahu betul akan sejarah dan silsilah keluarga adalah untuk mengetahui tradisi yang dimiliki oleh keluarga.

Sebut saja sebagai orang timur, Kita punya cara atau tradisi tersendiri dalam menikmati suatu. Sebagai contoh, setiap keluarga punya tradisi unik di saat hari besar perayaan keagamaan. 

Atau suatu keluarga akan punya tradisi sendiri dalam merayakan ulang tahun salah satu anggota keluarganya.

Apakah dengan cara mengumpulkan seluruh anggota keluarga besar dan makan bersama di rumah nenek atau sebagainya.

Nah dengan mempelajari sejarah keluarga maka bisa saja tradisi unik tersebut di atas masih bertahan dan bisa diteruskan hingga beberapa generasi ke depannya. Siapa yang tidak menyukai tradisi unik ini?

Sumber Inspirasi

Nenek moyang kita hidup melalui masa-masa sulit. Belajar tentang kehidupan mereka dan pengalaman mereka dapat membantu kita untuk lebih tangguh.

Pengalaman hidup mereka dapat mengilhami kita untuk dapat melalui masa sulit. Cerita hidup mereka bisa saja sebagai sumber inspirasi untuk kita dan generasi mendatang.

Identitas Inti

Inti identitas maksudnya adalah dengan belajar tentang sejarah asal usul nenek moyang dapat membangun rasa yang lebih kuat di antara yang lainnya. Ikatan kekeluargaan akan jadi lebih erat dan solid.

Membangun Koneksi Keluarga

Menemukan informasi tentang nenek moyang kita dan dari mana kita berasal dapat membantu membangun dan meningkatkan hubungan dengan keluarga yang mengelilingi kita sekarang. Siapa saja mereka apakah paman, sepupu atau lain sebagainya.

Membantu Merekatkan Lagi

Belajar tentang sejarah keluarga kita sebenarnya bisa membantu kita untuk kembali terhubung dengan kerabat lama yang telah lama hilang.

Dengan mempelajari dan menggali informasi tentang silsilah keluarga bahkan membantu kita menemukan keluarga kita yang menurut kita mungkin tidak ada.

Masyarakat dan Asal Usulnya

Mencari tahu tentang nenek moyang kita dapat memberikan rasa yang kuat dalam komunitas.

Pemahaman dan mempelajari tentang silsilah atau sejarah nenek moyang kita berkontribusi penuh bahwa nenek moyang Anda pernah ada dalam berdirinya sebuah komunitas yang kita sebut masyarakat.

Mungkin saja nenek moyang kita memiliki peran luar biasa dalam masyarakat di mana kita tinggal. Pemahaman dan mempelajari sejarah dapat memberikan kita rasa memiliki dan perasaan koneksi dengan anggota lain dari masyarakat.

Petuah Kehidupan

Kata-kata bijak dari generasi tua adalah sebuah hadiah berharga yang kita dapat. Petuah atau kata bijak dari nenek moyang yang diwariskan turun menurun kepada generasi mendatang bisa saja jadi pedoman hidup mereka kelak.

Pelajaran Sejarah

Hal terpenting adalah dengan meneliti nenek moyang kita, kita akan mendapatkan pelajaran sejarah besar tentang apa yang terjadi dan dimana mereka tinggal.

Sejatinya pelajaran sejarah ini penting dalam mencegah kita untuk mengulangi kesalahan masa lalu.

Kesadaran Global

Maksud dari kesadaran global di sini adalah dengan belajar tentang tempat-tempat darimana nenek moyang kita datang. Dapat membantu kita mencari hubungan secara garis besar dan secara global.

Itu juga dapat membantu kita merasa seperti kita adalah bagian dari sesuatu yang lebih besar daripada diri sendiri.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa keuntungan dari mempelajari sejarah keluarga. Mempelajari dari mana kita berasal. Mempelajari peranan nenek moyang dalam kehidupan masyarakat. Dan yang terpenting adalah dengan belajar tentang nenek moyang kita mengetahui keluarga inti dan keluarga besar.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.