Skip to main content
Uncchu

follow us

Amankah Bisnis Scan Nota Kontan dan Struk Belanja


Bisnis Scan Nota Kontan Amankah? Beberapa waktu lalu saya dapat tambahan pertemanan dari teman lama dari tempat kerja sebelumnya. Untuk mempermudah sebut saja namanya Ibu Luna Maya. Beberapa hari setelah saya terima pertemanan Facebook dari  yang bersangkutan. Saya tiba-tiba di chat melalui aplikasi messengger. Tanpa basa basi langsung menanyakan Minatkah nota kontannya ditukar duit?

Yaps, mungkin ada beberapa dari kita yang sudah familiar dengan bisnis model baru ini. Katanya nota kontan kita bisa dirubah menjadi uang. Siapa yang tidak akan tertarik mendengar kata uang? Apalagi hanya bermodal nota kontan hasil dari sebuah transaksi.

Sungguh sangat menggoda dan menggiurkan bukan? Usut punya usut saya sempatkan browsing di internet tentang Nota kontan yang bisa diubah menjadi uang. Saya memilih beberapa situs berita dengan rating tertinggi dan terbaik seperti kontan.co.id dengan subdomain peluangusaha. Tidak puas dengan satu situs saya coba membaca artikel lain terkait dengan nota kontan menjadi uang. Artikel berikutnya dari rakyatku.com dengan subdomain bisnis.

Setelah membaca artikel yang dimuat di kontan.co.id bertanggal 15 Agustus 2016. Saya pribadi menyimpulkan bahwa hal yang sangat penting dari bisnis scan nota kontan ini adalah data. Data meliputi lokasi, prilaku, barang yang dibeli, dan diakon produk serta banyak data berharga lainnya.

Artikel tersebut juga menjelaskan bahwa iming-iming cashback agaknya sangat ampuh menarik pengguna memakai aplikasi scan nota tersebut. Maklum orang Indonesia mudah tergiur diskon dan obral.

Lebih lanjut dalam artikel tersebut dijelaskan data olahan dari scan nota tersebut jauh lebih berharga dibandingkan iming-iming cashback yang ditawarkan.


Dari artikel tersebut jelas data dari scan nota tersebut dijual ke beberapa perusahaan. Ini dilakukan untuk riset dan langkah marketing dan lain hal.

Sedangkan artikel yang dimuat di rakyatku.com pada tanggal 3 April 2019 tidak jauh berbeda dengan artikel yang dimuat di kontan.co.id. Tawaran cashback masih menjadi  iming-iming dan sesikit lebih eklusif dengan sistem member, aplikasi dan cashback lebih besar.

Dari dua artikel di atas dan ditambah dengan beberapa artikel lain yang ada. Menurut hemat penulis bisnis scan nota kontan, struk belanja ini secara umum memang terlihat mudah dan menggiurkan. Termasuk cashback yang ditawarkan bisa dicairkan setelah mencapai batasan tertentu.

Namun data tetaplah data. Ada beberapa data penting yang akan ikut di dalam proses scan, dan tentunya pengguna akan terikat terms and conditions, syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh founder.

Hal yang menarik adalah anda akan memberikan beberapa informasi pribadi, baik itu lokasi, no handphone, kode perbankan dan nomor - nomor penting lainnya. Data ini akan dijual oleh pengumpul data ke beberapa perusahaan yang membutuhkan. Sekedar informasi data seperti ini adalah data mahal dan sangat berharga di era digital.

Lalu apakah bisnis scan nota kontan dan struk belanja ini aman? Menurut hemat penulis bisnis yang dijalankan ini aman selagi semua member dan pengguna tunduk di bawah syarat dan ketentuan yang ditetapkan pengumpul dan pengolah data. Namun yang namanya data pribadi dan data lainnya tetaplah tidak aman jika telah masuk ke dunia digital.

Saran penulis jangan dengan mudah melakukan scan sana sini data termasuk data transaksi dan lain halnya. Apalagi mengunggah data tersebut ke internet termasuk data dalam nota kontan dan struk belanja. Penulis sangat dengan keras menganjurkan untuk tidak mengunggah scan nota kontan, struk belanja atau file data dalam bentuk apapun ke Internet.

Selanjutnya anda setuju atau tidak dengan artikel tentang amankah bisnis scan nota kontan ini, itu semua tergantung pada anda. Apakah anda bersedia data anda dijual dengan iming-iming cashback atau tidak itu Anda sendirilah yang berhak menentukan. Artikel yang membahas tentang Bisnis Scan Nota Kontan Aman atau Tidak hanyalah rujukan semata. Tapi yang terpenting adalah bijaklah mengupload data ke internet untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar