4 Cara Lapor, Banding dan Mengatasi Fake Report DMCA Google Perihal Hak Cipta

4 Cara Lapor, Banding dan Mengatasi Fake Report DMCA Google Perihal Hak Cipta
Cara Lapor DMCA
– Sering menemukan konten orisinil blog Anda berada di blog orang lain? Jangankan backlink yang mengarah ke blog Anda. Artikel tersebut malah dipublish tanpa ijin bahkan tanpa footnote sama sekali. Ya, inilah yang disebut dengan blog copas. Kesalnya, blog tersebut justru berada di atas blog Anda di mesin pencari seperti google, bing atau search engine lainnya.

Sinopsis cara lapor ke DMCA

Beberapa waktu belakangan ini beberapa blog besar yang dimiliki oleh master blogger cukup ternama di Indonesia sedang dilanda masalah tentang hak cipta. 

Beberapa artikel mereka di takedown oleh DMCA selaku pemantau konten dan hak cipta di dunia maya. Beberapa url dan link dari blog besar tersebut langsung di takedown oleh google search engine setelah mendapat laporan dari DMCA.

Blog besar seperti kompiajaib milik kang Adhi Suryadhi dan Sugeng.id milik mas Sugeng mendapat masalah besar dari laporan DMCA tersebut. 

Bukan itu saja beberapa dan banyak lagi blog-blog kenamaan milik blogger terkenal Indonesia juga mengalami hal serupa.

Parahnya beberapa blog tersebut kena takedown oleh pihak google karena laporan manipulasi yang dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab melalui laman DMCA.

Lucunya laporan tersebut justru menyerang pemilik hak cipta sah konten. Artinya laporan copas justru diarahkan ke pemegang hak cipta asli dan menyerang pembuat aslinya. 

Sebut saja beberapa template buatan mas Sugeng dilaporkan unknown people ke DMCA dengan pasal melanggar hak cipta.

Template blogger seperti Viomagz dan EvoMagz hasil buatan mas Sugeng dilaporkan oknum tersebut sebagi template bodong. 

Jatuhnya, mas Sugenglah pencuri template buatan mereka sendiri hingga berakibat pelaporan pencurian hak cipta ke DMCA.

Sederhananya, laporan yang dilakukan orang tersebut sungguh sangat lucu. Pelapor membuat laporan ke DMCA bahwa template buatan mas Sugeng telah dicuri oleh mas Sugeng sendiri.

Sayangnya beberapa laporan DMCA justru diproses dan dieksekusi oleh DMCA dan Google. Hasilnya beberapa link dari blog mas Sugeng justru di takedown oleh Google dihasil pencarian search engine mereka.

Hal ini juga menyerang beberapa blogger pembeli dan pengguna template besutan mas Sugeng yang menulis dan memberikan review tentang Viomagz dan EvoMagz di blog mereka. Tak habis pikir? Sama, saya sendiri tidak bisa menelaahnya.

Tidak jauh berbeda dengan apa yang terjadi dengan mas Sugeng, kang Adhi Suryadi selaku owner kompiajaib juga terkena imbas beberapa laporan DMCA tersebut.

Beberapa template buatan kang Adhi Suryadi seperti Kompi Flexible justru dilaporkan sebagai template curian oleh orang pengecut (begitu Kang Adhi menyebutnya).

Imbasnya kompiajaib dan beberapa blogger pembeli, pengguna dan pe-review template Kompi Flexible di takedown oleh pihak google dengan laporan mencatut nama kang Adhi Suryadhi.

Membaca komenan dari beberapa pengikut dan teman, baik dari pihak mas Sugeng atau kang Adhi Suryadhi menyebutkan bahwa semua laporan menjurus pada satu tersangka. Secara pribadi hingga artikel ini diturunkan mas Sugeng belum memberikan tanggapan akan manipulasi cara lapor DMCA alias fake report to DMCA yang diterimanya.

Sedangkan kang Adhi Suryadhi sendiri masih tidak mau menuduh secara serampangan siapa pelakunya. Itu terlihat jelas melalui balasan komentar yang diberikan beliau di akun sosial media pribadi kang Adhi.

Seperti yang uncchu.com simak, kang Adhi menyebutkan bahwa belum tentu yang bersangkutan (seseorang) yang melaporkan.

Melihat celah besar yang ada dalam proses pelaporan di DMCA. Celah besar ini sangat berpotensi pada manipulasi laporan hak cipta di laman DMCA.

Terlepas dari beberapa permasalahan di atas, Semoga saja laporan fake ini segera menemukan solusi yang mumpuni. Karena ada beberapa pelapor yang justru merasa jawaban banding yang mereka kirimkan ke DMCA tak berhujung pada penyelesaian dan terkesan diabaikan atau malah memang pihak DMCA lagi sibuk menanggapi banding yang membludak dari akibat keputusan (salah) yang mereka ambil.

Bisa saja pihak DMCA dituntut balik karena mengambil keputusan salah dan melakukan takedown kebeberapa situs yang sejatinya adalah pemilik asli konten seperti artikel review dan pemegang asli hak cipta konten.

Solusi yang ditawarkan oleh kang Adhi Suryadhi

Dikutip dari rilis yang ditulis di facebook kang Adhi Suryadhi. Berikut adalah cara yang bisa ditempuh oleh teman-teman blogger yang terkena masalah fake report to DMCA perihal manipulasi laporan hak cipta di DMCA.

Jika ada yang kena DMCA dari tema-tema milik saya, itu bukan saya yang melaporkan. Sebaiknya buat banding dan jelaskan post yang kena sejelas-jelasnya pakai bahasa Inggris. Jika tidak bisa Inggris, gunakan Google Translate. Karena jika tidak banding berarti itu mengakui bahwa kita salah dan itu akan diakumulasi dan menyebabkan blog dihapus.

Facebook kang Adhy Suryadi

Demikian cara mengatasi pelaporan DMCA palsu dan cara banding DMCA tentang hak cipta menurut kang Adhi Suryadhi, Sedangkan dari mas Sugeng sendiri Uncchu.com belum mendapatkan rilis resmi tentang cara lapor DMCA dan cara banding DMCA ini.

Cara Banding DMCA

Mendapat laporan atau bahkan baru mengetahui bahwa konten dari blog Anda di takedown akan terasa sangat menyakitkan. Oleh karena itu, melakukan banding terhadap laporan DMCA menjadi solusi tepat pemasalahan fake report DMCA ini.

Langsung banding via email

Jika blog Anda mendapat pemberitahuan dari DMCA, tentang pelanggaran hak cipta konten di blog. Maka pemberitahuan biasanya dikirim ke email admin atau email resmi blog.

Jika Anda yakin bahwa konten yang dilaporkan legal dan orisinil. Anda sebaiknya langsung masuk ke email tersebut dan klik DMCA Counter Notification. Langsung saja lakukan klarifikasi secepat mungkin tentang laporan DMCA yang Anda terima.

Banding via laman resmi support google

Silakan langsung kunjungi laman counter notice di  https://support.google.com/legal/contact/lr_counternotice?product=websearch. Setelah masuk kemudian pilih DMCA Counter Notification. Dan jelaskan secara detil permasalahan yang anda alami perihal laporan DMCA.

Silakan isi negara domisili, nama lengkap resmi (bisa nama asli), gelar, nama perusahaan, alamat email kontak (otomatis terisi jika browser atau klik counter notice langsung dari email), alamat, nomor telepon, masukkan url atau link konten yang bermasalah.

Setelah itu isi dan centang salah satu dari lima opsi jawaban pertanyaan atas mengapa Anda mengajukan pemulihan materi? Pilih yang paling mendekati permasalahan.

Misalnya untuk fake report DMCA pilih saja pelapor tidak memiliki hak untuk mengirim permintaan ini. Perkuat laporan banding dengan mengisi kolom harap berikan detail selengkapnya untuk membenarkan permintaan Anda.

Lalu centang pernyataan tersumpah. Izin wilayah dan sumpah tidak memberikan keterangan palsu. Terakhir, isikan nama lengkap Anda sebagai bukti tanda tangan digital. Lalu klik tombol send atau kirim.

Perlu diketahui di bagian paling bawah ada peraturan bahasa, Anda bisa memilih bahasa yang bisa Anda gunakan. Akan tetapi dalam kasus ini (Banding DMCA) sangat disarankan untuk melakukan banding dengan menggunakan bahasa inggris.

Catatan penting cara lapor DMCA

Isilah berbagai kolom yang disediakan dengan tepat dan jujur kalau konten anda dibuat adalah konten original dan dibuat dengan status hukum legal dan telah mendapat persetujuan dari pemilik (khusus untuk review, disarankan melampirkan sreenshoot layar dengan pemilik asli). Tentu pada kolom detail selengkapnya, Anda isi dengan bahasa yang santun, jelas dan tegas tentang konten legal Anda yang dilaporkan.

Cara lapor ke DMCA google

Setelah memahami cara banding DMCA google di atas. Tidak ada salahnya juga mempelajari cara lapor DMCA google terkait konten legal yang di copas.

Seperti yang uncchu.com bahas di atas. Pencurian konten dengan cara copy and paste ini cukup bikin nyesek pemilik blog orisinil! Bayangkan saja, untuk mencari ide dan merangkainya jadi sebuah konten dan artikel bermanfaat.

Seorang blogger mungkin butuh waktu berhari-hari, nah tukang copas seenaknya aja nyalin tanpa ijin, tanpa imbal balik berupa backlink! Biasanya sih, media bonafit pengejar clickbait yang sering melakukan ini! Uppss keceplosan!

Akses laman DMCA Google

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat laporan terkait konten copas adalah dengan mengakses laman DMCA Google. Anda bisa mengunjungi laman DMCA Google dan membuat laporan. Perhatikan gambar di bawah ini. 

Buat laporan baru

Silakan klik create a new notice seperti pada gambar di atas. Maka halaman akan diarahkan ke halaman utama membuat laporan DMCA google. Tampilan halaman ini mirip dengan tampilan halaman banding DMCA di atas.

Isi data yang diminta

Silakan isi data yang diminta oleh DMCA google. Data yang diisikan kurang lebih sama dengan form banding DMCA tadi. Jangan lupa untuk mengisikan data yang benar dan jujur. 

Dalam hal ini, saya tetap menganjurkan pelapor menggunakan bahasa Inggris yang tegas dan sopan. 

Hal lain yang harus diperhatikan adalah agar Anda mempersiapkan data url atau link utuh dari blog copas. Sebagai contoh, https://tukangcopas.com/artikel-nyuri-dari-blog-orang/. Jadi bukan hanya https://tukangcopas.com saja.

Submit laporan ke DMCA Google

Setelah mengisi data dengan lengkap, benar dan jujur. Silakan isi reCaptcha untuk membuktikan bahwa laporan yang Anda kirimkan dikirim oleh human yang artikelnya dicopas. Periksa laporan dengan teliti lalu klik submit.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tutorial tentang cara banding DMCA, cara lapor DMCA google dan beberapa ulasan terkait laporan dan banding ke DMCA. Apapun hasilnya, tetap menulis artikel yang bermanfaat menjadi obat atas kekesalan yang muncul akibat fake report dan tukang copas tak berperikemanusiaan. Terus belajar cara ngeblog yang baik, mulai dari SEO, tool terkait seperti analitics dan optimasi google core web vital. Ini penting untuk mengalihkan energi negatif yang muncul karena copas copet. Semoga bermanfaat.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.