Dashboard Blogger Tampilan Baru? Mana yang Menurutmu Bikin Ribet? – Ya Blogger Dashboard dengan tampilan baru ini sebenarnya sudah lama. Tapi Saya baru mengulasnya hari ini. Karena makin ke sini sepertinya makin keren Dashboard baru Blogger ini.

Dashboard Blogger Tampilan Baru? Mana yang Menurutmu Bikin Ribet? – Ya Blogger Dashboard dengan tampilan baru ini sebenarnya sudah lama. Tapi Saya baru mengulasnya hari ini. Karena makin ke sini sepertinya makin keren Dashboard baru Blogger ini.

Apa saja hal yang membuat Anda terkesima dengan tampilan baru Dashboard Blogger ini? Bagian mana saja yang makin membuatmu termudahkan? Atau justru malah banyak bagian dari Dashboard Blogger ini yang bikin Anda ribet?

Apa saja yang baru dari Dashboard Blogger?

Dashboard Default yang Sangat Menarik dan Mobile Friendly

Ya, benar saja dalam pembaruan yang dibuat oleh desainer Dashboard Blogger ini. Menurut Saya sepertinya lebih ke desain yang mengarah ke bentuk mobile friendly.

Banyak sekali menu dari Dashboard Blogger ini yang justru lebih compatible di buka lewat browser smartphone. Saya sendiri telah mencoba beberapa browser bawaan android maupun browser instalan.

Semua browser yang ada di Android seperti Edge, Firefox dan Opera menunjukkan bahwa Dashboard Blogger sudah sangat mulus di buka dalam bentuk mobile friendly.

Saya sendiri adalah seorang Blogger yang menggunakan Smartphone justru sangat terbantu dengan desain baru Dashboard Blogger ini.

Bagian Postingan yang Lebih Sosial Friendly dan Simple

Meski dibeberapa menu masih sangat sulit atau mungkin masih belum terbiasa Saya gunakan. Justru terlihat sangat ribet dan rada susah untuk ditampilkan.

Terutama di bagian post dan membuat postingan baru. Ketika tampilan postingan justru sangat rapi dan ciamik. Namun di saat membuat postingan. Tampilan bloggernya masih seperti dahulu.

Hal yang menarik bagi Saya adalah adanya tombol atau ikon share atau berbagi langsung di bawah postingan. Tombol ini baru Saya ketahui dan ternyata sangat membantu.

Terutama ketika Saya ingin membagikan postingan yang baru saja Saya buat. Tombol berbagi setelah Saya telisik ternyata hanya tersedia di versi mobile alias di buka di browser smartphone. (update : ternyata fitur ini telah hadir di mode mobile dan dekstop)

Selain itu yang sangat menarik adalah adanya pilihan bentuk tampilan postingan dari List dan Grid. Jika ditanya Saya suka yang mana? Saya sangat menyukai yang versi gridnya.

Bagian Edit Label yang Sangat Mudah dari Sebelumnya

Benar, Setelah Saya coba buka dengan menggunakan PC. Ternyata ada hal unik lain yang Saya dapatkan. Yaitu adanya ikon titik 3 yang sangat berguna.

Ketika ikon titik 3 ini di klik maka akan ada jabaran menu Delet, Preview/View, Apply Label dan Unpublish/Publish.

Hal yang menariknya adalah ikon Aplly Label. Apply Label ini sangat membantu dalam memberikan label pada postingan yang telah atau yang sedang dibuat.

Di bagian ini pembaruan Dashboard Blogger juga memudahkan Anda untuk mengedit label yang telah Anda buat.

Bagian Stats yang Lebih Simpel Namun Sangat Ribet

Tampilan yang cukup ribet adalah pada bagian ini. Menurut Saya bagian stats pada Dashboard Blogger ini tidak memberikan informasi yang rinci seperti di Dashboard Blogger lama.

Meski di bagian Stats ada penambahan More about this blog yang bila di klik akan menampilkan kunjungan lebih detail. Lebih detail dari Dashboard Blogger klasik. Tapi di sini menurut Saya letak keribetannya.

Untuk hal ini Saya lebih memilih mengembalikan ke tampilan dashborad klasik saja. Karena di Dashboard Blogger klasik semua bisa di lihat dalam satu halaman saja.

Nah itu dulu beberapa tampilan baru yang bikin ribet menurut Saya. Dashboard Blogger Tampilan Baru? Mana yang Menurutmu Bikin Ribet?

Kesimpulan Dashboard Blogger Tampilan Baru

Saya akan segera update jika telah Saya eksplore ke seluruhannya. Dashboard Blogger tampilan baru terkesan ribet. Mungkin hanya dikarenakan masih baru dan belum terbiasa.

Update Fitur Dashboard Baru Blogger

Beberapa hari yang lalu saya mendapati dashboard blogger sudah benar-benar full mobile friendly.

Beberapa fitur baru yang luar biasa dan patut Anda coba sebagai seorang blogger. Ada beberapa fitur yang benar-benar baru di blogger.

Berikut adalah beberapa fitur baru dan juga ada beberapa fitur yang dilakukan perbaikan dan sepertinya penyempurnaan.

Dashboard Baru Nan Cantik

Selain tampilan lebih clean dan cantik. Dashboard blogger new version ini jauh lebih mobile friendly dan intuitif.

Antarmuka yang mudah digunakan dan tampilan yang apik di berbagai mode.

Baik itu mode mobile atau mode dekstop, dashboard baru blogger bisa menyesuaikan tampilan secara otomatis diberbagai lini perangkat.

Jika dilihat sepertinya tampilan dashboard blogger yang baru ini sangat user frinedly dan tak asing.

Menurut saya tampilan dashboard blogger yang baru lebih mirip WPS atau Word Office terbaru. Meski tentunya tidak selengkap kedua aplikasi ngetik tersebut.

Format Paragraf Mirip Office Word atau WPS

Seperti yang saya singgung di atas. Tampilan pada editor postingan jauh lebih cantik dan mirip dengan aplikasi ngetik Word Office atau WPS

Banyak fitur yang disempurnakan seperti format paragraf, replace dan input tool. Saya belum tahu apa fungsi dari input tools.

Tapi ketika saya klik justru toolbar yang ada malah menunjukkan papan ketik. Ntahlah yang pasti nanti jika ada update saya kasih tahu ya.

Ada Input Tabel di Dashboard

Sebelumnya, ketika ingin memasukkan tabel dalam postingan harus mencari source kode terlebih dahulu. Namun sekarang input tabel langsung disediakan di edit postingan.

Untuk fitur yang satu ini saya belum mencoba apakah akan valid AMP atau tidak.

Saya telah mencoba input tabel di postingan dan ternyata tidak valid AMP.

Preview Dalam Banyak Versi

Preview di dashboard blogger baru ini kini tersedia dalam banyak mode.

Ada preview mode dekstop, tab dan mobile version. Jadi Anda tidak perlu pusing lagi menggunakan aplikasi oihak ketiga ketika mau preview postingan yang sedang dibuat.

Fitur Find and Replace yang Berguna

Jika sebelumnya saya menggunakan writerP dalam find and replace untuk ngeblog dari HP. Kini fitur tersebut telah hadir di tampilan langsung postingan.

Namun untuk menemukan fitur ini Anda harus melakukannya di mode HTML view.

Kesimpulan dari Blogger Versi Baru

Jika Anda sudah terbiasa maka Saya yakin Anda akan menemukan kemudahan dalam menggunakan Blogger Dashboard baru ini. Baik dibuka melalui handphone maupun dari dekstop.

Menurut saya, tampilan blogger new versi ini sangat memudahkan bagi mereka yang ngeblog dari HP.

Semoga ke depannya tampilan bloger versi baru ini makin memudahkan penggunanyabdalam melakukan aktivitas blogging dimanapun berada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here