Penting Untuk Kesehatan, Berikut 8 Kriteria Memilih Sayuran yang Baik Dan Benar

0

Kriteria dalam memilih sayur – Anda pecinta sayur seperti saya? Suka berbelanja sayur di pasar tradisional atau supermarket? Dimanapun Anda membeli sayur, pastikan sayur yang Anda beli masih segar dengan kualitas yang bagus.

Mendapatkan raga yang sehat tidak terlepas dari mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan vitamin yang baik. Salah satu jenis makanan dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang baik adalah sayuran.

Sejatinya sayur banyak akan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Begitu pentingnya peran sayuran untuk manusia, bahkan proses pemilihan sayuran yang dikonsumsi pun harus sangat penting untuk dicermati.

Cara memilih sayur yang baik

Berikut uncchu.com paparkan cara memilih sayuran yang baik. Agar Anda mendapatkan sayur yang segar dan tentunya berkualitas terbaik.

Kesegaran Sayuran

Pastikan Anda memilih sayur yang segar sebelum membeli. Kesegaran sayuran bisa diperhatikan dengan cara melihat apakah daun dan tangkainya layu atau tidak.

Jika layu, berarti sayuran tersebut sudah tak baik lagi dan tak segar. Ini bisa Anda lihat pada sayuran berdaun hijau seperti selada, sawit, kangkung, dan bayam.

Warna Sayuran

Kualitas sebuah sayur bisa terlihat dari warnanya. Apakah masih berwarna asli atau sudah berubah warna.

Jika sayuran sudah berubah warna, sebaiknya jangan dipilih atau dibeli karena hal itu mengindikasikan bahwa sayuran sudah tak lagi segar dan sehat.

Ukuran Kecil dan Muda

Memilih sayuran yang kecil dan masih muda adalah cara terbaik memilih sayur. Sayuran dengan kriteria tersebut menjadikan masakan lebih cepat empuk dan rasanya yang menggoyangkan lidah.

Bebas Pestisida

Cara melihat sebuah sayuran menggunakan pestisida atau tidak cukup mudah yaitu melihat bagian daun sayur yang bolong.

Daun yang bolong dan tak utuh menandakan hewan kecil seperti ulat telah memakannya. Itu artinya sayuran tersebut sehat dan tidak mengandung pestisida.

Tidak Keriput

Langkah selanjutnya dengan melihat apakah sayuran berbentuk keriput atau tidak. Cara ini digunakan ketika memilih sayuran umbi seperti wortel, kentang, lobak, bahkan bawang.

Tekstur dan Bau

Sayuran dengan tekstur yang masih segar, tidak lembek dan tidak berbau layak Anda bawa pulang untuk dimasak. Pasalnya, jika sayuran dengan tekstur lembek, tidak segar dan berbau adalah ciri-ciri sayuran yang tidak sehat.

Langsung Dari Petani

Jika Anda punya waktu dan kenalan dengan petani sayur, ada baiknya membeli langsung darinya. Karena sayuran tersebut baru dipetik dari kebun yang memiliki tekstur, aroma, bentuk, dan rasa yang masih segar.

Beli saat pagi hari

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk memilih sayur karena masih segar dan tidak layu. Ketika masih pagi, semua jenis sayuran pasti masih segar, belum layu, apalagi teksturnya berubah.

Tips Mencuci Sayuran

Jika Anda telah mengetahui ciri danncara yang tepat dalam membeli dan memikih sayur. Ada baiknya Anda juga mempelajari dan mengetahui cara mencuci sayur yang baik dan benar.

Sayangnya, ada sebagian orang yang belum memperhatikan cara mencuci sayuran yang benar. Hal ini akan mengakibatkan vitamin dalam sayur sudah berubah kadarnya.

Mencuci sayur sebaiknya dilakukan pada saat sebelum dipotong, tujuannya yaitu tadi agar vitamin dalam sayur tidak hilang jika pencucian dilakukan sehabis sayuran dipotong.

Sayuran yang baru saja dibeli harus dicuci sampai benar-benar bersih sebelum dimasak. Tujuan dari mencuci sayuran ini untuk menghilangkan kotoran, tanah, dan pestisida pada sayuran sehingga ketika dimasak sayuran jadi lebih nikmat dan higienis.

Nah, berikut ini adalah cara mencuci sayuran yang benar agar menjadi lebih higienis ketika dimasak.

Cuci sayuran di bawah air yang mengalir agar kotoran bisa langsung jatuh saat terkena air.

Buka setiap helai demi helai lembaran daunnya dan gosok-gosok dengan tangan untuk menghilangkan tanah, pestisida, atau ulat yang masih melekat di bagian dalam daun.

Gosoklah batang sayuran di bawah pancuran air untuk menghilangkan sisa tanahnya.

Sediakan baskom berisi air bersih dan tuangkan sedikit sabun cair pencuci piring ke dalamnya.

Masukkan sayuran ke dalam baskom tersebut sambil digosok-gosok kulit atau bagian daunnya

Angkat sayuran dan bilas sampai bersih di bawah keran air yang mengalir.

Menyiapkan Sayuran Sebelum Dimasak.

Setelah sayuran segar dicuci sampai bersih, kini saatnya untuk menyiapkan sayuran tersebut sebelum dimasak. Anda harus mengupas kulitnya atau memotong sayuran tersebut. Jangan sampai dipotong dahulu baru kemudian dipotong ya!!! Kebiasaan inilah yang mesti ditinggalkan.

Tips menyiapkan sayuran sebelum dimasak

Gunakanlah pisau dan talenan khusus sayuran. Ini dilakukan untuk menghindari bakteri dari bahan makanan lain yang masuk ke dalam sayuran.

Tuangkan sayuran yang akan dimasak ke dalam wadah plastik yang bebas BPA dan dirancang khusus untuk menyimpan makanan.

Sayuran yang sudah dicuci harus segera dimasak, jangan disimpan di dalam kulkas karena bisa cepat busuk.

Jika Anda sudah membeli sayuran dan berencana memasaknya besok, simpan sayur di kulkas dalam keadaan kotor dan cucilah sayuran keesokan harinya beberapa saat sebelum dimasak.

Kesimpulan

Demikianlah cara memilih sayuran yang baik yang mesti Anda terapkan sebelum berbelanja di pasar tradisional maupun supermarket. Pilihlah sayuran dengan kriteria tersebut untuk mendapatkan kualitas sayur yang bagus.

Setelah itu, jangan lupa lakukanlah mencuci sayuran dengan tips singkat yang uncchu.com paparan di atas. Lalu, siapkan sayuran yang akan di masak. Bagaimana, mudah dan gampang untuk diterapkan bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here