Berkenalan dengan Lemon. Kenali Kandungan Serta Manfaat Baiknya

0

Asal usul lemon dan manfaatnya – Tahukah Anda dengan buah jeruk berwarna kuning cerah, lonjong bertekstur guratan agak sedikit kasar? Ya, itu adalah buah lemon. Buah yang kaya akan vitamin C ini disandingkan dengan jeruk nipis. Lain lagi halnya dengan jeruk nipis.

Asal Usul Buah Lemon

Tapi kali ini uncchu.com akan mengupas tuntas buah sejuta manfaat. Apalagi saat pandemi melanda negeri ini, lemon banyak diincar sebagai bahan alami penangkal virus. Oleh sebab itu, kita berkenalan dulu yuk dengan buah ini!

Berdasarkan hasil lansiran saya di dunia maya, bahwa lemon ditemukan sekitar abad satu Masehi pada masa Romawi Kuno.

Buah yang dikenal dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi, merupakan kerabat dari keluarga sitrus berkulit kuning cerah dengan rasa masam yang khas. Buah lemon memiliki batang pohon dengan ukuran sedang (ketinggian maksimal 6 meter) dan tumbuh di wilayah dengan iklim sub-tropis.

Sekitar tahun 700, lemon kemudian diperkenalkan ke Parsi dan lalu ke Iraq dan Mesir. Lemon pertama kali tercatat dalam kesusasteraan risalah Arab abad ke-10 mengenai pertanian, dan juga digunakan sebagai tanaman hias di kebun.

Penanaman lemon dimulai di Eropa pada pertengahan abad ke-15 bermula di Genoa. Lemon kemudian diperkenalkan ke Amerika tahun 1493 ketika Christopher Columbus membawa biji lemon untuk Hispaniola sepanjang perjalanan itu.

Pada masa itu, lemon terutama digunakan sebagai perhiasan dan obat. Pada abad ke-18 dan 19, lemon semakin banyak ditanam di Florida dan California, ketika itu lemon mulai digunakan dalam masakan dan perisa.

Pohon buah jeruk lemon banyak ditemukan dan dibudidayakan di beberapa negara di dunia seperti di Portugal, Spanyol, Brasil, Amerika Serikat, Argentina, serta di negara-negara sekitar Laut Tengah.

Suhu ideal bagi pohon jeruk lemon agar dapat tumbuh dengan baik adalah pada suhu antara 15-30 derajat Celcius (60-85 derajat Farenheit) Termasuk negara Indonesia yang beberapa tahun ini membudiyakan lemon sebagai bahan dasar produk- produk kesahatan dan kecantikan. Nah, sudah jelaskan asal-usul dari buah lemon?

Kandungan Apa Saja yang Terdapat Pada Buah Lemon?

Seperti halnya kebanyakan dari buah-buah yang lainnya, lemon mengandung berbagai macam unsur yang dapat mendetoks tubuh dari racun-racun yang menumpuk di dalam tubuh. Tak heran, jika lemon banyak digunakan oleh masyarakat karena kandungannya.

Buah lemon mengandung air, asam sitrat, protein, lemak, serat, karbohidrat, tiamin, riboflavin, niacin, vitamin C, kalsium, fosfor, besi, dan energi. Dengan kandungan nutrisi tersebut, lemon memberikan manfaat yang cukup banyak bagi tubuh.

Apa Saja Manfaat yang Terkandung Dari Buah Lemon?

Di balik rasa asam buah lemon, tersimpan beragam manfaat yang bisa dirasakan. Mulai dari kesehatan, makanan, hingga kecantikan kulit. Salah satu manfaat lemon yang paling banyak dirasakan adalah membuat badan bugar kembali setelah melakukan berbagai aktivitas di luar. Dan tak kalah pentingnya lemon merupakan buah yang dekat dengan si pendiet yang lagi melakukan proses penurunan berat badan.

Berikut manfaat buah lemon yang uncchu.com rangkum untuk Anda.

Manfaat Lemon untuk Kesehatan

Meningkatkan daya tahan tubuh

Mengapa lemon bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh? Karena buah berwarna kuning ini mengandung vitamin C dengan jumlah yang tinggi dan flavonoid. Flavanoid merupakan salah satu antioksidan yang dapat melindungi tubuh kita dari bahaya radikal bebas.

Jadi, tak salah jika lemon digadang-gadangkan sebagai minuman kesehatan yang banyak diolah. Caranya dengan meminum perasan lemon hangat setiap pagi, Anda setidaknya sudah menjaga kesehatan tubuh.

Melancarkan pencernaan

Kandungan dalam lemon dapat meningkatkan gerakan peristaltik di perut dan membantu buang air besar secara teratur. Hal ini seperti pemurni darah, air lemon hangat baik diminum setelah makan siang atau makan malam. Caranya adalah dengan menggunakan air lemon hangat. Air lemon hangat sangat baik dalam membersihkan liver.

Menyehatkan jantung

Faedah lemon untuk kesehatan selanjutnya yaitu menyehatkan jantung. Pasalnya Lemon adalah salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi agar terhindar dari penyakit jantung.

Kandungan vitamin C yang tersimpan pada lemon bisa mencegah risiko terkena penyakit jantung. Kekurangan vitamin C di dalam darah bisa mengakibatkan penyakit serius yang berhubungan dengan jantung seperti stroke dan serangan jantung. Selain itu, lemon yang tinggi serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

Menjaga kesehatan mulut

Menjaga daerah mulut sangat penting untuk dilakukan, misalnya terhindar dari bau mulut. Air perasan lemon bisa Anda gunakan untuk merawat daerah mulut. Untuk merawat gigi, Anda bisa campurkan air perasan lemon dengan baking soda.

Sementara, untuk membuat nafas segar, Anda cukup berkumur dengan air lemon. Penggunaan ini bisa Anda lakukan 1 atau 2 kali dalam seminggu untuk menjaga email gigi.

Memperbaiki hati

Kandungan kolin di dalam lesitin dan minyak pada kulit lemon dapat mendetoksifikasi hati agar bekerjalebih efektif. Meminum jus lemon merupakan salah satu cara yang bagus untuk memulai detoksifikasi tubuh dan meningkatkan sistem kerja pencernaan. Jus lemon zat pektin yang ada di dalam buah lemon membantu mengelmusi minyak dan membuang kotoran dari usus.

Mengatasi sakit tenggorokan

Manfaat lemon selanjutnya adalah untuk mengatasi tenggorokan. Kandungan vitamin C di dalam buah lemon merupakan antioksidan alami yang berguna untuk menambah sistem kekebalan tubuh serta bersifat anti-bakteri.

Vitamin C membuat tubuh menjadi kebal dari virus penyebab batuk dan pilek, serta mengembalikan kebugaran tubuh. Anda dapat mencampurkan madu, air hangat, dan lemon. Minuman ini akan membantu mengurangi pembengkakkan di dalam tenggorokan.

Mencegah batu ginjal

Kandungan asam sitrat di dalam lemon dapat membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume urine dan meningkatkan pH urine. Konsumsilah 1/2 cangkir jus lemon tiap hari. Pembentukan batu ginjal di dalam tubuh penderitanya.

Meredakan stres

Jika Anda stres, lemon bisa dimanfaatkan untuk meredakan stres. Selain nutrisinya yang banyak, lemon mengandung minyak esensial yang berguna untuk meningkatkan mood. Bahkan dengan hanya mencium aromanya saja, stres akan berkurang dan suasana hatipun bisa kembali baik.

Membantu menurunkan berat badan

Bagi orang yang sedang menjalani proses penurunan berat badan, lemon merupakan salah satu alternatif yang dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

Kandungan asam sitrat yang sangat tinggi pada buah jeruk lemon dapat menurunkan berat badan secara cepat dan drastis. Anda bisa mengonsumsi air lemon hangat setiap pagi. Tapi harus ingat, minum air lemon hangat tidak boleh berlebihan.

Mengecilkan perut buncit

Mengonsumsi air lemon hangat bisa perut buncit memang menjadi masalah bagi banyak orang. Siapa sangka manfaat lemon untuk diet adalah membantu mengecilkan perut buncit.

Caranya cukup mengonsumsi perasan air lemon yang telah dicampur dengan segelas air hangat setiap sore dan minimal 3 kali dalam seminggu. Hasilnya, perut buncit akan hilang.

Apa Saja Manfaat yang Didapat Jika Mengonsumsi Air Lemon Hangat Setiap Pagi?

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa air lemon hangat dapat membantu melancarkan buang air besar, menjaga tubuh agar stabil, mengempeskan perut buncit, menurunkan berat badan, menghilangkan stres, mengurangi risiko riwayat jantung, batu ginjal, hati, mulut, dan sakit tenggorokan. Anda dapat menambahkan perasan lemon ditambah dengan 1 sendok madu ke dalam segelas air hangat. Kemudian minumlah rutin setiap pagi.

Tips Membuat Air Lemon untuk Menurunkan Berat Badan

  1. Konsumsi air lemon di pagi hari 15-20 menit sebelum makan.
  2. Peras dan campur lemon dengan air hangat.
  3. Kemudian beri sedikit madu.
  4. Selanjutnya minum selagi hangat.
  5. Gantilah kebiasaan mengonsumsi minuman alkohol, kopi, dan soft drink dengan perasaan lemon.
  6. Hindari menambahkan gula dan gantilah dengan madu.
  7. Selain diperas pada air, Anda bisa memasukkan potongan lemon ke dalam air. Agar rasa lebih nikmat, tambahkan daun mint.

Apa Efek Samping Jika Mengonsumsi Air Lemon Berlebih?

Walaupun manfaat air lemon hangat untuk kesehatan cukup banyak, Anda tetap tidak boleh mengonsumsi lemon secara berlebihan.u Selain itu, kandungan asam sitrat pada lemon juga dapat merusak gigi jika dikonsumsi terlalu banyak.

Untuk mencegah hal ini, pastikan Anda minum air lemon hangat (bukan panas) dan bila perlu, gunakan sedotan ramah lingkungan agar air lemon tidak langsung terkena gigi saat berada di mulut.

Manfaat Lemon untuk Kulit

Mencerahkan kulit

Lemon yang kaya akan asam sitrat berfungsi sebagai pencerah kulit. Salah satu cara ampuh, alami, dan aman untuk mencerahkan kulit adalah dengan menggunakan ekstrak jeruk lemon. Karena ekstrak lemon mengandung pemutih alami yang berasal dari vitamin C. Oleh sebab itu, lemon adalah bahan alami yang dipakai untuk mencerahkan kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Mengatasi jerawat

Bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat, lemon dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi masalah jerawat. Caranya dengan memotong tipis buah lemon, lalu memijatkannya di area berjerawat. Diamkan selama 5-10 menit sebelum membilasnya dengan air.

Memudarkan bintik hitam

Kandungan asam sitrat dalam lemon membantu proses eksfoliasi sel kulit mati dan memperlancar pertumbuhan sel kulit baru. Dengan begitu, masalah bintik hitam, bekas jerawat, dan bekas luka lain yang menempel pada sel kulit lama pun dapat dihilangkan.

Mengatasi masalah kulit berminyak

Anda mempunyai jenis kulit berminyak? Nah, lemon bisa mengatasi masalah kulit tersebut. Caranya dengan memberikan tetesan ekstra lemon pada kapas, lalu aplikasikan ke seluruh permukaan wajah. Selain itu, Anda bisa mencampurkan madu dan lemon, kemudian usapkan ke bagian kulit wajah.

Mengurangi bau badan

Jika Anda mempunyai masalah bau badan, lemon dapat mengatasinya. Kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat dalam jeruk lemon dapat membantu mengatasi bau badan berlebih. Anda bisa mengusapkan potongan lemon pada kulit ketiak atau air lemon ditambah dengan baking soda.

Mengatasi kulit gatal

Terkadang kulit yang kering akibat jerawat bisa membuat wajah kita gatal. Salah satu manfaat lemon untuk kulit adalah untuk menghilangkan rasa gatal tersebut. Masalah gatal bisa diatasi dengan menggunakan ekstrak lemon yang dicampur dengan air. Sensasi segar yang dimiliki lemon, berkombinasi dengan kandungan zat tertentu, cukup efektif untuk menghilangkan rasa gatal.

Mengurangi bibir pecah-pecah

Tak hanya kulit wajah, bagi Anda yang memiliki bibir pecah-pecah, campuran perasan lemon pada madu dapat membantu melembapkan dan melepaskan kulit mati pada bibir. Hal ini bertujuan untuk melembabkan bibir Anda yang kering dan pecah-pecah.

Memutihkan dan membersihkan kuku

Lemon juga berfungsi sebagai pembersih kuku. Caranya cukup mudah, rendam kuku Anda di air lemon selama 10 menit untuk mencerahkan dan memutihkan kuku. Anda juga bisa memotong dan mengoleskan lemon ke kuku untuk mendapatkan hasil terbaik.

Melembutkan siku yang kering

Bagian siku kerap kering sehingga terlihat kusam dan bersisik. Campurkan baking soda dan sari lemon untuk membuat pasta pelembut yang bisa mengelupaskan kulit mati dan melembutkanya.

Membantu menghilangkan ketombe

Apabila Anda mempunyai masalah dengan ketombe yang sering membuat kulit kepala Anda terasa gatal, tak ada salahnya Anda mencoba ramuan yang satu ini. Ambil sedikit sari lemon dan pijat kulit kepala Anda, kemudian bilas dengan air bersih.

Lanjutkan dengan mencampurkan satu sendok teh sari lemon dengan satu gelas air dan gunakan campuran tersebut untuk mencuci rambut. Lakukan tindakan ini secara rutin hingga ketombe hilang.

Apa Saja Manfaat Lemon untuk yang Lainnya?

Menghilangkan bau tak sedap

Jika Anda yang rajin memasak makan, sudah pasti tentunya tahu kalau kandungan yang terdapat pada buah lemon mampu menghilangkan bau amis dan aroma yang kurang sedap. Anda cukup melumurkan perasan lemon ikan, daging, bebek, jeroan, seafood, dan lainnya dalam proses marinasi. Diamkan beberapa saat dan bahan makanan tersebut siap untuk dimasak.

Mempercepat proses pengempukkan daging

Selain menghilangkan bau amis, lemon juga ampuh untuk mengempukkan daging yang alot seperti daging sapi, kambing, cumi segar, dan sebagainya. Caranya tidak jauh beda dengan proses marinasi, yakni peras jeruk lemon dan lumuri atau rendam bahan alot pada air perasan lemon. Setelah itu, simpan dalam kulkas selama beberapa jam.

Menghapus noda perkakas dan alat masak

Anda dapat membersihkan noda perkakas dan alat masak dengan menggunakan lemon. Alat masak yang tidak boleh sering dicuci dengan sabun cuci piring seperti teflon. Oleh sebab itu, lemon ampuh menghilangkannya.

Bersihkan berbagai perkakas seperti teflon dan perkakas kayu dengan air perasan lemon, setelah itu cuci dengan air bersih dan tiriskan. Selain membersihkan aroma tak sedap, air jeruk lemon juga bisa membersihkan alat masak.

Hilangkan noda kunyit dan bau bawang di tangan.

Entah memarut kunyit atau memotong bawang, pasti ada noda atau bau yang tertinggal di tangan. Dengan air perasan jeruk lemon, kita bisa mengusahakan noda-noda tersebut supaya lenyap dari tangan. Untuk noda kunyit, peras jeruk lemon dan campurkan airnya dengan baking soda.

Setelah jadi pasta, lumuri bagian tangan atau kuku yang terkena noda kuning. Nah kalau bau bawang, cukup peras lemon dan lumuri airnya pada tangan anda.

Kesimpulan

Nah, sudah tahu kan sejarahnya lemon? Apalagi kandungan serta manfaat terdahsyat yang dimiliki oleh buah kecut ini. Meskipun rasanya yang asam, vitamin C yang terkandung di dalamnya membuat buah ini paling banyak dicari oleh masyarakat. Apalagi saat virus covid-19 melanda.

Lemon salah satu buah alami yang mampu menangkal racun yang masuk ke dalam tubuh. Konsumsilah lemon secata rutin untuk mendapatkan hasil terbaik. Apalagi saat ini konsumtif masyarakat terhadap lemon semakin meningkat. Ini terdapat pada minuman yang disajikan dengan varian rasa yang berbeda. Bagaimana, Anda masih meragukan khasiatnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here