Apa itu Blog, Fungsi dan Manfaatnya Secara Umum

0

Apa itu blog, fungsi dan manfaat blog – Tulisan dengan pertanyaan seperti judul di atas mungkin sudah tidak sedikit lagi. Sudah banyak blog yang membahas pengertian blog, manfaatnya serta kegunaan dari blog itu sendiri. Tak terkecuali situs-situs besar sekalipun.

Tapi tidak ada salahnya saya coba untuk memapasrkan kembali apa itu blog, fungsi dan manfaatnya pada postingan kali ini. Hitung-hitung tentu ini sangat bermanfaat bagi mereka yang nyasar ke uncchu.com atau justru sengaja main-main dan ngopi di uncchu.com.

Pengertian Blog

Jika kalimat tanya berisi apa itu pengertian blog? Tentu pertanyaan yang dama adalah apa itu blog? Sejatinya blog adalah kependekan dari weblog. Namun saya dan tentunya Anda lebih famikiar dengan sebutan blog daripada weblog bukan?

Merujuk pada situs wikipedia, blog adalah adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Pengertian di atas saya akses di situs wikipedia pada selasa tanggal 15 april 2021, tentu dengan status sudah diperbarui. Namun jika menurut saya blog adalah wadah untuk mencurahkan segala bentuk ide, baik dalam format tulisan, gambar atau bentuk lain seperti audio maupun video.

Fungsi blog

Saya sendiri menjadikan blog sebagai ladang untuk melepaskan uneg-uneg sekaligus ladang penghasilan. Mulai dari menulis, content placement dan kerjasama lain yang tentunya menghasilkan. Baik menghasilkan uang atau cuan. Maupun menghasilkan circle atau pertemanan positif antar sesama blogger.

Manfaat Dari Blog

Manfaat Blog, Pixabay

Manfaat dari blog sangat banyak sekali. Baik dari seorang blogger sendiri maunpun bagi pengunjung blog.

Manfaat Blog Bagi Blogger Itu Sendiri

Bagi saya, yang berstatus sebagai blogger (karena memiliki dan mengelola blog uncchu.com) tentu sangat banyak. Mulai dari secara kesehatan maupun dari berbagai sudut keilmuan, diantaranya:

Pelepas Penat Dari Aktivitas Yang Melelahkan

Saya bekerja sebagai pramuniaga atau tepatnya sebagai penjaga toko di dunia nyata. Anda tentu bisa membayangkan aktivitas saya yang monoton dari minggu ke minggu. Bahkan tidak jarang saya hanya bertemu dengan orang-orang yang sama dari oekan ke pekan.

Blog, menjadi salah satu cara saya melepaskan penat menghadapai situasi membosankan di tempat kerja. Tidak jarang saya sering curhat kelakuan masyarakat 62 di blog uncchu.com.

Ladang Ide Dan Kritik

Secara umum saya adalah human introvert, blog menjadi seperti dunia kedua saya untuk melakukan kegiatan. Termasuk dalam menyampaikan ide serta kritik. Baik ide dan kritik untuk diri sendiri maupun untuk lingkungan.

Saya sering mencurahkan ide dan kritikan terhadap mereka yang suka barkata kasar di sosmed dan menyalah-nyalahkan orang lain atau aturan yang telah dibuat.

Banyak dari mereka yang suka menyerang sesuatu tanpa pikir ulang atau mengecek terlebih dahulu apakah informasi yang mereka terima benar atau tidak. Nah, kebiasaan warga inilah yang sering saya kritik di blog saya.

Tapi kalau dipikir-pikir saya sama dengan mereka ya. Bedanya saya melakukan riset atau cek fakta terlebih dahulu sebelum menyampaikan kritik dan kemudian diikuti dengan ide dan saran versi saya.

Ladang Untuk Mengungkapkan Jati Diri

Terdengar aneh bukan? Tapi jika Anda adalah yang termasuk sering saling kunjung ke blog saya. Maka Anda akan mengetahui karakter saya dari gaya tulis artikel maupun curcol dan tema tulisan yang saya gandrungi.

Secara psikologi, Anda bisa menebak karakter saya dari gaya tulisan dan beberapa penyampaian ide yang saya muat di uncchu.com. Tapi ingat, cara tersebut hanya bisa menebak sebagian dan bukan menjadi ajang klaim atau judge karena psikologi itu unik.

Kesimpulan

Itulah pengertian dan apa itu blog, fungsi blog dan manfaat blog secara umum versi saya. Jika ada tambahan maka artikel ini akan segera saya update. Terimakasih telah berkunjung, Anda punya ide dan masukan lain? Silakan berkomentar di bawah ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here