Skip to main content
Uncchu.com

follow us

Kini Cek dan Informasi Bayar Pajak Online Jauh Lebih Mudah

Cek Informasi dan Bayar Pajak Online Mudah - Anda atau saya pasti pernah membayar pajak. Baik secara langsung atau secara online. Pajak yang biasa Anda bayarkan tentunya bervariasi. Mulai dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) atau lain sebagainya.

Semakin ke sini semua kegiatan bayar membayar semakin mudah untuk Anda lakukan. Salah satunya adalah melakukan kegiatan bayar membayar secara online. Termasuk di dalamnya bayar pajak kendaraan bermotor yang akan dibahas nantinya.

Pengertian wajib pajak

Sebelum mengetahui cara membayar pajak kendaraan bermotor. Ada baiknya Anda ketahui sedikit tentang pengertian wajib pajak. Apa itu wajib pajak?

Dilansir dari wikipedia, Wajib Pajak atau sering disingkat dengan sebutan WP adalah orang pribadi atau badan (subjek pajak) yang menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan ditentukan untuk melakukan kewajiban perpajakan, termasuk pemungut pajak atau pemotong pajak tertentu. 

Wajib pajak bisa berupa wajib pajak orang pribadi atau wajib pajak badan. Namun hal yang akan kita bahas nantinya adalah pajak kendaraan bermotor. Jadi untuk pajak-pajak yang lain di skip dulu sampai di sini. 

Keuntungan membayar pajak kendaraan bermotor

Lalu apa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari taat membayar pajak? Secara garis besar, keuntungan bagi Anda jika Anda adalah WNI dan taat membayar pajak. Anda akan terbebas dari was-was, terutama saat Anda berada di dalam perjalanan. Anda tidak perlu deg-deg an seperti sedang jatuh cinta saat bertemu dengan kerumunan pak Polisi.

Selain itu, jika Anda adalah subjek wajib pajak mengalami hal terburuk saat dalam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Maka dengan taat pajak, setidaknya beberapa hal seoerti asuransi dan lainnya bisa mengkover sedikit kerugian yang Anda alami di jalan.

Seberapa pentingkah pajak?

Tahukah Anda, Jika merujuk pada Undang-Undang Nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Pengertian kendaraan bermotor adalah semua kendaraan beroda beserta gandengannya yang digunakan di semua jenis jalan darat, dan digerakkan oleh peralatan teknik berupa motor atau peralatan lainnya yang berfungsi untuk mengubah suatu sumber daya energi tertentu menjadi tenaga gerak kendaraan bermotor yang bersangkutan termasuk alat-alat berat dan alat-alat besar yang dalam operasinya menggunakan roda dan motor dan tidak melekat secara permanen serta kendaraan bermotor yang dioperasikan di air. 

Atas kepemilikan dan atau penguasaaan kendaraan bermotor maka masyarakat akan dikenai pajak berupa pajak kendaraan bermotor (PKB). 

PKB merupakan satu dari lima jenis pajak yang termasuk ke dalam pajak provinsi dan merupakan sumber pendapatan daerah yang penting untuk membiayai pemerintahan daerah dan juga pembangunan daerah. 

Berikut adalah beberapa manfaat PKB bagi daerah, manfaat inilah berapa pentingnya pajak bagi daerah.

  • Salah satu sumber utama pendapatan daerah.
  • Sangat berguna untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan daerah.
  • Dapat dimanfaatkan untuk pembangunan dan atau pemeliharaan jalan serta peningkatan moda dan sarana transportasi umum.
  • Membantu peningkatan pendapatan Kabupaten/Kota.
  • Meningkatkan ketenangan dan kepastian hukum bagi wajib pajak.
  • Tidak perlu was-was saat bertemu polisi di jalan. 

Minimal 10% (sepuluh persen) hasil penerimaan PKB termasuk didalamnya yang dibagihasilkan kepada Kabupaten/Kota dialokasikan untuk pembangunan dan/atau pemeliharaan jalan serta peningkatan moda dan sarana transportasi umum. Masih belum mau membayar pajak?

Apa yang harus disiapkan saat membayar pajak kendaraan bermotor?

Seperti yang saya singgung di atas. Kebetulan pada awal bulan desember kemaren. Saya baru saja membayar pajak kendaraan bermotor di samsat Aro Suka, kabupaten Solok. 

Berikut adalah beberapa berkas yang harus disiapkan sebelum membayar pajak. (Dibeberapa samsat mungkin memiliki syarat dan ketentuan berbeda)

  1. BPKB asli
  2. KTP asli pemilik kendaraan. KTP harus sesuai dengan nama pemilik yang tertera di BPKB.
  3. Uang untuk membayar pajak.
  4. Cek informasi pajak kendaraan Anda di website informasi pajak kendaraan terbaik.

Silakan datang ke kantor samsat pajak. Jangan lupa untuk datang tepat waktu. Berhubung masa pandemi Anda wajib menggunakan masker dan cuci tangan sebelum masuk dan melakukan pengambilan formulir. 

Saya sarankan Anda untuk melakukan pengecekan berapa jumlah pajak yang harus Anda bayarkan. Ini dilakukan agar Anda bisa membandingkan dan menanyakan kepada petugas di samsat jika ada ketimpangan. Anda bisa melakukan pengecekan secara online di website pajak kendaraan terbaik pemerintahkota.com

Berikut cara cek yang mudah dan simpel di website informasi pajak motor pemerintahkota.com

1. Masuk situs pemerintahkota.com

2. Setelah terbuka di halaman pertama Anda disuguhkan menu-menu yang bisa Anda pilih seperti cek pajak kendaraan online, bayar pajak online, perpanjang STNK, cek plat nomor kendaraan dan banyak lagi.

Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. Jika Anda termasuk yang kurang familiar. Anda juga bisa memasang langsung aplikasi yang disediakan di situs. 

Kesimpulan

Jadilah warga negara Indonesia yang baik. Membayar pajak kendaraan tepat waktu merupakan kontribusi nyata Anda untuk kemajuan negara. Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera bayar pajak Anda di pemerintahkota.com.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar