Skip to main content
Uncchu.com

follow us

Belajar Google Analitics, Tool Wajib Untuk Blogging

Belajar google analitics untuk blogging - Sebagai blogger pemula, biasanya jika pos atau membuat artikel saya pikir pekerjaan saya selesai sampai di sana. Tidak perlu lagi memikirkan apa-apa. Ternyata banyak yang harus diperhatikan dan dilakukan. Salah satunya adalah belajar tentang google analitics untuk blog.

Sebagai blogger, memahami apa itu google analitics adalah hal terpenting Anda lakukan setelah menulis blog, update konten SEO dan lain sebagainya.

Google analitics termasuk salah satu tool yang wajib Anda gunakan dan patut Anda pelajari. Terutama blogger yang baru saja belajar dan ingin mengetahui trafik serta sumber kunjungan. Baik organik maupun dari media sosial. Berbayar ataupun tidak berbayar.

Seperti yang saya singgung di atas tadi. Google Analytics adalah tools wajib untuk blogging. Sayangnya, masih banyak blogger pemula yang belum memanfaatkan tools gratis ini, atau bahkan belum mengetahuinya. 

Oleh karena itu tidak ada salahnya saya coba untuk membahas sedikit tentang cara belajar Google Analytics yang baik. Terutama untuk mereka yang baru belajar blogging atau baru mengenal apa itu google analitics.

Sebelum menyinggung pokok bahasan tentang google analitics. Ada baiknya memahami sedikit informasi tentang internet di Indonesia berikut ini.

Beberapa lembaga survei independen merilis data akses internet di Indonesia. Salah satunya WeAreSocial yang menyebutkan lebih dari seratus juta orang Indonesia mengakses internet. 

Lengkapnya ada sekitar 175 juta pengguna internet di Indonesia pada Januari 2020. Data lainnya menyebutkan pengguna internet Indonesia meningkat sebanyak 25 juta (naik +17%) dari 2019 ke 2020.

Tentu ini adalah peluang pasar yang luar biasa besar. Data ini akan berbanding lurus seiring bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia, pasar online pun akan ikut tumbuh. 

Lalu apa hubungannya dengan bahasan tentang google analitics?

Baik, saya jelaskan bahwa pertumbuhan di atas juga memberi dampak pada aktivitas mencari uang di dunia maya. Dari banyaknya aktivitas mencari uang di dunia maya. Maka blogging menjadi aktivitas favorit dan paling banyak diminati setelah youtube. 

Google analitic adalah tool penting dalam dunia blogging. Paham akan kerja dan cara memanfaatkan tool gratis google analitics ini merupakan nilai plus bagi Anda yang berstatus sebagai blogger.

Pada akhirnya, untuk bisa berhasil di dunia internet marketing, blogger, dan aktivitas dunia maya lainnya. Anda harus paham data. Seperti kata orang bijak Online, it’s all about data. Humms masih berniat untuk tidak belajar tentang google analitics?

Pengertian Google Analytics

Sebagai pemula, mungkin pertanyaan yang akan muncul adalah apa itu google analitics? Persis sama dengan apa yang dulu saya rasa dan tanyakan.

Google Analytics sendiri atau biasa disebut GA adalah salah satu layanan gratis dari Google. Layanan inilah yang memberikan data analisa user atau pengguna yang datang ke situs.

Secara garis besar google analitics memberikan perspektif dari sisi pengguna. Karena akan ada banyak tools – tools lain yang juga penting untuk blogging, tetapi laporan data yang diberikan GA cukup berbeda dan bisa dijadikan acuan kunjungan ke situs Anda.

Mengapa google analitics penting? 

Ada beberapa alasan yang bisa Anda pertimbangkan kenapa harus menggunakan tool google analitics, diantaranya adalah sebagai berikut:

Free alias gratis

Ya benar. Penggunaan google analitics sebagai tool penting untuk blogging sepenuhnya gratis. Tidak ada biaya yang dikeluarkan akibat penggunaan tool ini. Setidaknya sampai artikel ini dibuat dan diturunkan di uncchu.com, google analitics masih free digunakan sesuai kebutuhan.

Tracking yang mumpuni

Dalam dunia maya, cara mengetahui performa situs adalah dengan melakukan tracking. Tracking yang dilakukan oleh google analitics teruji cukup ampuh dalam mengetahui kinerja blog.

Metriks yang mudah dipahami

Anda bisa mengetahui kinerja blog bagus atau tidak dari berbagai macam metrik. Salah satunya analisa metrics  melalui google analitics. 

Standard dalam blogging

Kenapa google analitics saya bilang standart? Di dunia internet marketing dan hal yang berbau online lainnya. Google analitics menjadi standard acuan yang bisa diterima saat komunikasi di dunia online. Sebut saja untuk jual beli blog, content placement dan lain sebagainya.

Sederhana dan mudah

Tampilan sederhana dari google analitics baik versi mobile atau maupun versi dekstop menjadi alasan kenapa Anda harus menggonakan google analitics untuk blogging. Tidak kalah cakep, tampilan versi mobile via aplikasi. Google analitics tetap terkesan sederhana dan mudah dimengerti.

Cara pasang google analitics

Jika Anda adalah pemula. Pemasangan google analitics di blog cukup mudah diaplikasikan. Anda hanya perlu mengikuti dua langkah berikut ini dengan baik dan benar.

  1. Daftar akun google analitics.
  2. Pastikan Anda memiliki akun google.
  3. Kunjungi halaman Analytics di https://analytics.google.com/analytics/
  4. Klik tombol “Pendaftaran” untuk menghubungkan email ke akun GA. Pada proses inilah kenapa Anda butuh akun gmail atau google.
  5. Isi data akun yang diminta dalam form dan perlu Anda perhatikan HTTP dan HTTPS. Jika situs Anda menggunakan HTTPS, maka wajib untuk memilih yang HTTPS.
  6. Isi kategori blog dan zona waktunya.
  7. Muncul syarat dan ketentuan yang wajib untuk Anda baca, setelah membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang diberikan. Maka klik “Setuju”.
  8. Dapatkan ID Pelacak, yang harus dimasukkan ke blog.

Cara pasang ID pelacak google analitics

Setelah Anda selesai mendaftar google analitics atau GA di atas. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memasukan ID Pelacak.

Memasukkan ID pelacak google analitics bisa Anda lakukan dengan cara sebagai berikut:

Menyalin script ID Pelacak dan memasukkan ke dalam situs secara manual. Ini biasanya bisa Anda lakulan pada platform blogger atau self hosting wordpress.

Pada wordpress Anda bisa memasukkan kode atau ID pelacak (pemanggil) dengan memggunakan bantuan plugin. Banyak plugin yang tersedia dan tinggal input maka otomatis ID pelacak masuk ke dalam situs Anda.

Fitur google analitics yang perlu diketahui

Sebagai blogger dan melakukan aktifitas blogging di dunia maya. Ada beberapa fitur penting dari banyak fitur google analitics yang wajib Anda ketahui.

Jumlah Pengunjung

Dari pengalaman saya menggunakan google analitics atau GA. Hal yang paling utama Anda dapatkan adalah bisa tahu berapa banyak pengunjung yang datang ke blog Anda setiap saat (bahkan real-time) dari Google Analytics. 

Fitur indikator ini yang sangat penting. Karena bagaimanapun juga, tolak ukur normal berhasil atau tidaknya sebuah blog yang Anda kelola, adalah dari banyak tidaknya pengunjung ke blog Anda tersebut.

Google analitics secara real time menyediakan metrik jumlah pengunjung. Kunjungan ini bisa dikelompokkan berdasarkan jam, harian, mingguan, bulanan dan tahunan.

Pengelompokan data juga bisa Anda tentukan sendiri alias costum. Berdasarkan periode yang ingin ditampilkan untuk dianalisa. 

Sebagai contoh, pengelompokan metrics yang penting diketahui adalah pengunjung baru versus lama. Berapa banyak pengunjung setia yang sudah pernah datang dan datang lagi, lalu pengunjung yang baru pertama kali.

Lokasi pengunjung. Anda bisa mengetahui dari negara mana saja pengunjung blog atau situs Anda datang. Data ini bisa Anda ambil sebagai salah sayu bahan saat Anda melakukan penawaran kerjasama dengan pihak ketiga atau klien situs Anda. Metrics yang didapat dari GA sudah menjadi salah satu standar acuan untuk dipertimbangkam dalam pemgajuan penawaran kerjasama.

Trafik kunjungan nyata atau real time

Anda bisa mengetahui berapa orang yang sedang online dan membaca situs Anda sekarang. Intinya Anda sebagai blogger bisa memgetahui pengunjung real dalam satu sesi atau pada saat Anda membuka google analitics.

Anda juga bisa mengetahui jika ada yang bermasalah pada jumlah kunjungan di blog Anda. Anda bisa memgetahui jika ada kenaikan kunjungan yang mencurigakan atau tidak biasanya. Ini bisa membantu Anda mengambil tindakan terbaik terhadap ketidak normalan pengunjung situs. 

Rutin melihat dan mengecek data metrics yang ditampilkan google analitics. Membiasakan Anda mengetahui kunjungan normal atau trafic normal situs Anda. Berada pada kisaran berapa perjamnya atau perharinya.

Apabila tiba – tiba traffic di real-time berbeda dari umumnya, Saya dan Anda bisa tahu dan segera mengecek apakah ada masalah di blog atau postingan Anda.

Kadarnya, kunjungan nyata atau real-time data memberikan indikator awal sehat atau tidaknya soal kondisi pengunjung blog Anda.

Mengetahui artikel apa yang paling banyak mendatangkan pengunjung

Setelah Anda paham dan mengetahui seacara garis besar tentang kunjungan ke blog Anda. Selanjutnya Anda bisa menganalisa atau memantau artikel mana saja yang menarik pengunjung terbanyak. 

Dari sini, Anda bisa belajar bagaimana membuat konten yamg bagus dan menarik serta bermanfaat. Data ini bisa Anda jadikan sumber informasi untuk mengembangkan isi konten blog Anda. Anda jadi tahu, mana topik atau kata kunci yang disukai pengunjung di blog Anda.

Di setiap artikel yang dikunjungi. Google analitics bisa memberikan informasi seprti lama pengunjung membaca artikel Anda tersebut. Mengetahui bounce rate atau apakah setelah membaca artikel tersebut langsung kabur atau malah makin mengulik jeroan blog Anda atau tidak.

Sumber Traffic

Apakah Anda pernah berpikir darimana saja kunjungan ke blog Anda berdatangan? Nah, di google analitics ini anda akan menemukan jawaban dari pertanyaan Anda tadi.

Di google analitics Anda bisa mengetahui berbagai macam jenis kunjungan ke blog Anda. Mulai dari kunjungan organic, direct, referal atau bahkan dari kunjungan berbayar.

Kunjungan organic adalah kunjungan yang datang dari mesin pencari menuju blog Anda. Direct adalah pengunjung yang langsung ke situs Anda. Kunjungan seperti ini biasanya muncul karena sebuah situs sudah memiliki brand atau sudah terkenal dan memiliki rating tinggi. Atau juga bisa, karena sudah pernah berkunjung dan berkunjung kembali.

Sedangkan Referral adalah pengunjung yang datang dari sosial media atau link di situs-situs lain. Kalau misalnya blogger pasang iklan atau share di sosial media, lalu pengunjung melihat dan klik link-nya, maka kunjungan seperti inilah yang dihitung oleh google analitics di metrics referral.

Jika Anda adalah pemain google ads, maka paid ads adalah salah satu sumber kunjungan ke situs Anda. Kunjungan ini berasal dari iklan yamg menghasilkan klik dan mengarah ke situs Anda.

Tujuan mengetahui sumber traffic ini sangat penting karena blogger bisa menentukan strategi yang paling tepat untuk mendatangkan pengunjung dan meningkatkan performa situs. Anda bisa menentukan cara terbaik dalam menaikkan jumlah kunjungan ke situs Anda. Apakah menggunakan SEO untuk organik, memanfaatkan sosial media atau bahkan memasang iklan di google ads atau platform lainnya.

Perlu diketahui, jika Anda adalah pemain adsense. Maka sumber kunjungan organic sangat disarankan untuk Anda tingkatkan. Organik adalah sumber trafik gratis (dari mesin pencari/dibanding iklan). Hal ini juga menjaga Anda banned dari google adsense.

Analisis terhadap kampanye iklan

Seperti yang saya singgung di atas. Jika Anda adalah pemain adsense. Maka data dari google analitics membantu Anda dalam mencapai target penghasilan yang layak.

Anda bisa mempelajari halaman mana saja yang menghasilkan oenghasilan terbaik dari situs Anda. Topik atau keyword mana saja yang berpotensi menghasilkan klik dengan bayaran terbaik.

Anda bisa menghubungkan akun hoogle analitics Anda dengan google adsense Anda. Setelah menautkan dua akun tersebut. Sebagai blogger, Anda bisa membangun artikel-artikel terbaik yang menghasilkan pendapatan terbaik dari iklan.

Dari pengalaman saya, Ada beberapa artikel yang justru memberikan bayaran terbaik namun jumlah pengujung tidak terlalu banyak. Ada juga artikel dengan pengunjung terbanyak namun bayaran secukupnya. 

Dati sinilah Anda bisa menganalisanya di google analitics. Uniknya GA juga memberikan dua penawaran analisa sekaligus. Baik untuk publihers (pemain adsense) atau advertiser.

GA juga menyediakan analisa traffic yang masuk dari pemasangan iklan, Google Adwords. Advertiser bisa melihat dan menilai efektivitas iklan untuk mendatangkan traffic yang berkualitas. 

Anda juga menghubungkan Google AdWords, kampanye yang dibuat di AdWords bisa dianalisa di Google Analytics. Posisi kata kunci, jumlah klik, serta memilah jumlah klik berdasarkan jam dalam hari untuk bisa tahu jam berapa pengunjung yang bertamu ke web melalui pintu iklan Adwords ini.

Kekurangan Google Analytics

Memiliki fitur yang berguna bagi blogger untuk aktivitas blogging di dunia maya. Bukan berarti google analitics tidak memiliki kekurangan atau keterbatasan.

Sebagai blogger, Anda harus dan saya rasa perlu untuk mengetahuinya. Ini agar Anda bisa menggunakan google analitics seoptimal mungkin.

Perlu diketahui, pada dasarnya google analitics adalah analisa pengunjung dari sudut pandang user atau pengguna. Jadi, google analitics bukan tools yang tepat untuk optimasi dalam soal search engine optimation. 

Meski bisa dijadikan tool pendukung. Namun sekali lagi google analitics bukanlah alat yang tepat dalam analisis SEO situs Anda. Jika Anda adalah oemain adsense, google analitics juga bukan alat yang detail dalam analisis data perihal adsense. Tapi, sekali lagi. Google analitics tetap tools ampuh blogging perihal analisa perilaku oengunjung untuk situs Anda. Jadi, Anda tertarik belajar lebih dalam tentang google analitics?

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar