Skip to main content
Uncchu.com

follow us

Buah Kelapa Muda dan 9 Manfaat Luar Biasa Untuk Ibu Hamil

Manfaat buah kelapa muda - Siapa yang tidak kenal dengan buah kelapa. Apalagi kelapa muda yang dipercaya dapat menghilangkan dahaga ketika panas. Ditambah dengan sirup dan es serut semakin menggoda penikmatnya bukan?

Memiliki nama latin Cocos nucifera. Buah kelapa yang masih muda berwarna hijau atau oranye. Bagian dalamnya berisi air serta daging yang masih berbentuk jeli. 

Kandungan nutrisi pada buah kelapa muda

Secara umum, air buah ini mengandung 16 kalori dan 4,1 gram gula. Sedangkan daging yang terkandung di dalamnya mengandung 77 kalori, 1,4 gram protein, 3.6 gram lemak, 10 gram gula, 257 gram kalium, dan 6 miligram vitamin C.

Lalu apa hubungannya dengan ibu hamil?

Semenjak dua garis biru terlihat jelas pada alat tes kehamilan, ibu sudah mempersiapkan nutrisi yang baik bagi si calon bayi. Makanan apa yang layak dikonsumsi untuk tumbuh kembang janin. 

Seputar mitospun bersiliweran wara-wiri. 

Ibu mungkin pernah mendengar seputar mitos tentang air kelapa muda. Ada yang beranggapan ibu hamil muda tidak boleh minum air kelapa karena bisa menyebabkan kontraksi rahim. Sementara itu, ada pula yang meyakini jika rutin minum air kelapa muda kulit bayi menjadi putih.

Beberapa pendapat ahli mengatakan Air kelapa memang dipercaya sebagai salah satu minuman yang ‘super’, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan menjadi salah satu sumber menghidrasi tubuh. 

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Apa sebenarnya manfaat air kelapa untuk ibu hamil? Simak 10 manfaat air kelapa untuk ibu hamil berikut ini.

Mencegah dehidrasi

Ketika ibu mengalami kelelahan semasa kehamilan, air kepala bisa mengganti elektrolit tubuh untuk mencegah dehidrasi. Masalah dehidrasi selama kehamilan jangan disepelekan ya Bu. Mengonsumsi air kelapa dapat menjaga sistem pencernaan dan menambah cairan tubuh. Jangan lupa konsumsi air putih yang utama ya Bu.

Menambah energi

Untuk meningkatkan energi ibu hamil sebaiknya konsumsi air kelapa muda karena mengandung kalium, kalsium, dan klorida yang merupakan mineral terbaik. Selain itu, air kelapa mengandung kadar elektrolit alami yang tinggi. Berbagai nutrisi baik seperti serat, mangan, vitamin C, dan riboflavin pun turut terkandung di dalamnya.

Mencegah gangguan pencernaan

Sembelit merupakan gejala yang cukup umum dialami oleh ibu hamil. Selain serat tinggi, air kelapa muda dapat berfungsi sebagai antibiotik alami yang bisa melawan bakteri di organ pencernaan. Itu karena air kelapa muda dapat mengubah asam larut menjadi monolarium yang merupakan antivirus untuk melawan bakteri pencernaan. 

Mencegah infeksi saluran kemih

Perubahan hormon serta perkembangan rahim yang menekan kandung kemih bisa menyebabkan masalah infeksi. Hal itu karena ada urine yang tidak dikeluarkan dengan tuntas sehingga menjadi tempat perkembangbiakkan bakteri. Air kelapa muda yang merupakan dierutik alami, dapat membantu membersihkan saluran dan kandung kemih. 

Melancarkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang tidak lancar juga bisa menyebabkan kurangnya suplai oksigen untuk janin. Seperti pegal dan nyeri yang sering dialami ibu hamil biasanya terjadi karena sistem sirkulasi darah tidak berjalan optimal. Kandungan kalium dan magnesium dalam air kelapa muda, dapat membantu memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan pegal serta nyeri selama kehamilan pun teratasi.

Menjernihkan air ketuban

Selama kehamilan, bayi akan menelan air ketuban dan mengeluarkannya sebagai urine, lalu menelannya kembali untuk menjaga agar volume air ketuban tetap stabil. Tetapi, apabila menelan air ketuban yang keruh, bayi bisa mengalami sindrom aspirasi mekonium yang menyebabkan infeksi, masalah pernafasan, bahkan kematian. Hal ini bisa dicegah dengan konsumsi air kelapa. Dengan kandungan elektrolit dan antioksidan di dalamnya, air kelapa muda menyerap lendir dan kotoran dari air ketuban sehingga membuatnya tetap jernih. 

Menjaga berat badan

Kesegaran air kelapa muda menggantikan minuman lain yang berkadar gula tinggi. Selain itu, air kelapa juga rendah kalori dan tidak mengandung lemak sehingga dapat membantu menghilangkan kolesterol jahat dan mencegah penimbunan lemak dalam tubuh.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Air kelapa mengandung asam laurat yang berfungsi sebagai antivirus, antijamur, dan antibakteri untuk membantu tubuh melawan berbagai macam penyakit. Tak hanya dalam air kelapa, asam laurat juga terkandung dalam minyak kelapa.

Mencegah penyakit kardiovaskular

Menurut penelitian, orang yang memiliki tekanan darah tinggi biasanya memiliki kadar kalium rendah dalam tubuhnya. Oleh karena itu, air kelapa muda yang secara alami mengandung kalium dapat membantu mengatur tekanan darah. Penelitian terbaru juga menyebutkan bahwa air kelapa muda dapat membantu peningkatan HDL, atau kolesterol baik yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. 

Kapan waktu yang tepat untuk minum air kelapa muda?

Pendapat ahli menegaskan bahwa konsumsi air kelapa boleh dilakukan mulai dari periode kehamilan trimester pertama hingga trimester ketiga. Anggapan selama ini air kelapa hanya boleh diminum setelah trimester ketiga itu salah.

Waktu terbaik untuk minum air kelapa selama kehamilan adalah di pagi hari karena nutrisi dan elektrolit yang dikandungnya mudah diserap saat perut kosong. Sebaiknya minum air kelapa segelas per hari.

Pilihlah buah kelapa yang masih segar dan tidak perlu ditambah gula karena akan mengubah rasa dan manfaatnya. Kesegaran alami dari buah kelapa muda tanpa ditambah dengan yang lainnya tentu lebih menyehatkan bukan?

Efek samping minum air kelapa muda

Meski memiliki segudang manfaat dan banyak nutrisi, tapi adakah efek samping yang bisa dirasakan jika ibu hamil berlebihan minum air kelapa?

Jika ibu mengonsumsi buah kelapa melebihi dosis yang telah ditentukan per harinya, tentu akan mengakibatkan sejumlah gangguan yang dialami oleh ibu hamil. 

Apa saja gangguan tersebut? Berikut masalah yang muncul akibat konsumsi air kelapa berlebih.

Tekanan darah rendah dan darah tinggi

Konsultasikan ke dokter jika ibu mengalami tekanan darah rendah dan darah tinggi. Berapa gelas sehari yang mesti dikonsumsi bagi ibu hamil yang mempunyai tekanan darah rendah dan darah tinggi.

Sering buang air kecil

Kelebihan meminum air kelapa dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Dosis natrium atau kalium yang berlebih dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada ibu hamil.

Kontrol tekanan darah

Jika ibu berencana melakukan operasi caesar, sebagian ahli bedah mungkin juga akan menyarankan ibu untuk berhenti minum air kelapa dua minggu sebelum operasi. Ini karena konsumsi berlebihan air kelapa pada periode waktu tersebut dapat mengganggu kontrol tekanan darah sebelum dan sesudah operasi

Kesimpulan

Demikiankah ragam manfaat air kelapa muda yang diperoleh oleh ibu hamil. Segudang manfaat itu bisa ibu rasakan jika minum secara teratur sesuai aturan yang dianjurkan. Meski bermanfaat, jangan lupa mengimbanginya dengan asupan air putih yang cukup dibutuhkan selama kehamilan ya Bu! 

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar