Skip to main content
Uncchu

follow us

Bisnis Paruh Waktu Yang Cocok Untuk Mahasiswa, Pelajar dan Ibu Rumah Tangga

Bisnis Paruh Waktu Untuk Mahasiswa dan Ibu Rumah Tangga - Pada artikel sebelumnya uncchu.com menyuguhkan beberapa bisnis mudah yang menghasilkan cuan untuk mahasiswa, pelajar atau anak sekolah serta Ibu rumah tangga. Maka kali ini ada update buat Anda yang juga ingin mencoba bisnis ini. 

Bisnis mahasiswa ini juga selayaknya bisa Anda lakukan di rumah. Modal kecil, tidak memakan waktu dan tentunya dari beberapa bisnis ini bisa Anda lakukan dengan baik jika memang benar-benar telaten. 

Apa saja bisnis untuk mahasiswa tersebut? Simak ulasan berikut ini untuk Anda yang tertarik tentunya. 

Bisnis Jasa Ketik

Sedikit menarik, karena bisnis ini adalah bisnis yang unik dan juga berhubungan dengan bisnis jual artikel, jasa penulisan artikel dan blogger pada artikel uncchu.com sebelumnya. 

Namun untuk bisnis jasa pengetikan ini biasanya akan banyak sekali di perkantoran. Umumnya mereka butuh jasa ketik jika deadline sudah sangat mendesak.

Anda yang tertarik dengan bisnis ini bisa mencoba menawarkan jasa ke dinas atau kantor-kantor terdekat. Untuk memulai bisnis ini Anda hanya membutuhkan skill mengetik dan laptop atau komputer. 

Membuka Tempat Les Atau Tutor Anak 

Bagi Anda yang sangat menyukai dunia anak kecil. Pekerjaan jenis ini sangat cocok buat Anda. Apalagi bagi Anda yang menyukai dunia pendidikan anak.

Anda bisa membuka tempat les untuk anak-anak di sekitar komplek atau melamar di tempat les yang menyediakan bimbingan belajar. Ini bisa jadi kerjaan sampingan buat Anda yang punya waktu luang lumayan longgar. 

Sebagai alternatif Anda bisa melakukannya bersama dengan teman-teman yang memiliki visi dan misi yang sama. Anda bisa memulainya dan membukanya bersama. 

Menjaga Atau Pegawai Toko 

Jika di dekat Anda ada toko yang Anda bisa melamar di sana. Maka tidak ada salahnya untuk mencoba. Namun pilihlah yang jam kerjanya tidak mengganggu jam sekolah atau kuliah. 

Jika di luar negara sana. Tak jarang anak sekolah yang bekerja sebagai penjaga toko. Mereka bekerja di luar jam sekolah dan belajar. Di sini Anda akan belajar kemandirian dan tentunya juga menambah uang jajan bukan? 

Menjadi Penyiar Radio

Jika zaman sekarang sudah jarang orang mendengarkan radio. Namun jangan salah, radio masih ada loh sampai sekarang. Hanya saja mungkin bayak yang bermutasi menjadi podcast dan lain sebagainya. 

Bekerja menjadi penyiar radio juga sangat bagus dalam melatih cara Anda berkomunikasi. Nah, akan menjadi langkah awal sekaligus pekerjaan sampingan yang berguna untuk masa depan Anda pastinya. 

Pemandu Wisata, Guide Atau Tour Leader

Jika daerah domisili Anda adalah daerah tujuan wisata. Maka bisnis ini alayak Anda coba dan lakukan untuk menambah uang jajan Anda. Anda bisa memanfaatkan waktu senggang untuk menjadi pemandu wisata bagi turis yang datang ke daerah tempat Anda berdomisili.

Jika seandainya Anda tidak tinggal di daerah wisata, maka dengan ikut agen perjalanan menjadi pilihan untuk bisnis ini. Namun, Anda harus memastikan pekerjaan ini tidak menyita jam kuliah atau jam belajar Anda. Karena bagaimanapun, pendidikan tetaplah nomor satu bukan?

Hak yang harus Anda lakukan sebelum memilih untuk terjun ke dalam bisnis ini adalah memahami seluk beluk daerah wisata dan potensi wisata di daerah tempat tinggal Anda. Anda juga bisa menambah skill meguasai bahasa asing untuk memperlancar tugas pekerjaan ini.

Anda akan dapat manfaat ganda dari pekerjaan ini. Selain dapat uang, Anda juga sekalian bisa refreshing dan bertemu dengan orang-orang baru. Tentunya ini akan memperkaya pengalaman Anda dalam membentuk kepribadian dan sebagai bahan utama untuk menghadapi masa depan.

Green House Atau Budidaya Tanaman

Ada yang tahu dengan istilah green house? Tentu ada yang ngerti dong ya. Karena sejatinya green house bukanlah inovasi baru. Green house adalah budidaya tanaman dalam bangunan yang menggunakan dan memanfaatkan praktek efek rumah kaca.

Budidaya tanaman adalah salah satu bisnis yang bisa Anda geluti sebagai mahasiswa atau pelajar sekolah. Di musim pandemi ini green house menjadi pilihan tepat untuk budidaya tanaman terutama jenis tanaman untuk tanaman hias.

Sebagai contoh, sebut saja budidaya tanaman hias kaktus atau sukulen dalam green house yang dilakukan oleh Riri Yuniarti ini. Meski terbilang baru mendirikan green house dengan nama Gallery Cactus Succulent untuk tanaman kaktus dan sukulennya. Berawal dari hobi, Riri Yuniarti sudah sukses mendulang pundi-pundi uang dari budidaya tanaman kaktus dan sukulen.

Betapa tidak, untuk satu sukulen dan kaktus di Gallery Cactus Succulent, Ibu tiga anak ini membandrol tanaman hias unik ini mulai dari seratus ribuan hingga jutaan rupiah. Nah, belajar dari pengalaman Riri Yuniarti tersebut, bisa dipastikan budidaya tanaman ini bisa mendatangkan cuan bagi Anda yang benar-benar ingin menikmati bisnis ini.

Selain hobi ini juga berdampak positif kepada kesehatan mental. Anda bisa belajar mencintai lingkungan, tanaman dan bagaimana mengolah sampah hidup menjadi kompos yang berguna untuk green house dan hobi bercocok tanam Anda.

Dengan bercocok tanam Anda bisa mengaplikasikan beberapa manfaat pelajaran IPA ke dunia nyata. Sekaligus menjadi bahan praktek gratis dari hobi yang baru Anda geluti dan tentunya menghasilkan uang bukan?

Bisnis Jajanan Atau Gorengan

Siapa yang tidak mau jajanan dan gorengan? Semua pasti mau dan sangat menyukainya. Jajanan yang bisa Anda pilih adalah jenis jajanan yang banyak peminatnya. Sebut saja jajanan tradisional atau gorengan.

Anda bisa mempromosikannya melalui media sosial atau berpromosi langsung dari mulut ke mulut. Jika sudah mantap, Anda bisa membuka gerai tetap agar bisnis Anda semakin berkembang. Anda tertarik mencoba salah satu dari bisnis untuk pelajar dan mahasiswa ini?

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar