Skip to main content
Uncchu

follow us

5 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa, Anak Sekolah Dan Pelajar Yang Menghasilkan Cuan

Bisnis Mudah Cocok Untuk Mahasiswa Dalam Menghasilkan Cuan - Sebagai mahasiswa atau pelajar, banyak hal yang bisa Anda lakukan. Sebut saja beberapa bisnis yang bisa Anda handle saat kebutuhan waktu kurang memadai. Terbatasnya waktu bisa saja dipengaruhi oleh jam kuliah yang sibuk atau jam sekolah yang benar-benar bikin lelah. 

Namun, beberapa bulan belakangan ini. Anda memiliki waktu yang cukup untuk melakukan dan memulai sebuah bisnis yang menghasilkan. Walau, harus dilakukan di rumah saja tapi tidak menutup pintu-pintu cuan terbuka dan menghampiri Anda. 

Keterbatasan uang saku tentu membuat Anda memutar otak untuk bisa menghasilkan uang lebih banyak. Selain sebagai salah satu ajang uji ketangkasan Anda dalam berbisnis di usia muda. Beberapa bisnis yang bisa Anda lakukan berikut ini juga berpotensi membuat pundi-pundi keuangan Anda membengkak. 

Selain memiliki potensi yang bagus, bisnis untuk pelajar berikut ini juga tidak terlalu memakan waktu, tempat dan modal yang banyak. Bahkan ada dari beberapa bisnis tersebut yang justru hanya butuh alat komunikasi seperti gawai pintar dan beberapa lembar uang kertas berwarna merah. 

Pandemi yang belum tentu akhirnya juga akan menjadikan beberapa bisnis untuk mahasiswa dan pelajar ini memiliki peluang berkembang juga tinggi.

Nah, penasaran bukan? Bisnis apa saja yang layak Anda tekuni jika Anda adalah mahasiswa atau pelajar yang tidak mau berpangku tangan begitu saja disaat pandemi. Simak ulasan uncchu.com spesial untuk Anda yang berjiwa pebisnis. 

Peluang Usaha Modal Kecil untuk Anak Sekolah, Pelajar dan Mahasiswa

Berikut uncchu.com rangkum usaha dengan modal yang kecil,  saat pandemi yang mungkin sangat cocok dijadikan usaha sampingan untuk para pelajar dan mahasiswa. 

Sebetulnya peluang usaha ini bukan hanya diperuntukkan bagi mahasiswa atau golongan pelajar saja, tapi bisa juga bagi siapa saja yang mau memulainya. 

Bisnis Isi Ulang Pulsa, Voucher Dan Sejenisnya

Selain mudah, simpel dan tidak memakan waktu serta tempat. Model bisnis untuk pelajar seperti ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. 

Anda mungkin mendapati banyak teman, kolega atau saudara yang masih berstatus mahasiswa, pelajar atau anak sekolahan yang menjalankan bisnis dengan model seperti ini. 

Bisnis ini hanya membutuhkan gawai saja dan mungkin nomor rekening. Pendaftaran ke agen pun bervariasi. Ada yang hanya butuh uang 300K bisnis ini sudah bisa Anda jalankan di rumah. 

Namun jika Anda memilih untuk berbisnis ini. Maka sebaiknya lakukan manajemen yang baik. Karena banyak kasus mereka memilih berhenti melanjutkan bisnis voucher dan pulsa disebabkan banyaknya pelanggan yang ngutang dan lupa membayarnya. 

Tips agar bisnis kecil-kecilan ini agar tidak rugi adalah diaiplin. Jangan terima bon pulsa melalui sms atau semacamnya. Terapkan ada uang ada barang untuk bisnis ini. 

Bisnis Dropshipper atau Reseller

Ada yang tahu jenis bisnis apa ini? Ya, bisnis adalah bisnis yang sederhananya adalah menjualkan kembali barang atau produk orang lain. Dengan margin atau keuntungan wajar atau yang telah ditetapkan. 

Bisnis jenis ini menjadi perpanjangan tangan dari produsen atau penjual ke konsumen terakhir. Nah, Anda bisa mencoba jenis bisnis ini jika Anda adalah seorang mahasiswa atau pelajar. 

Anda bisa memilih mau menjual produk apa saja. Bisa saja produk dari toko online atau produk dari toko terdekat di tempat Anda tinggal. Untuk penjual online, banyak sekali marketplace yang menyediakan produk-produk yang bisa dijual secara dropshipper. 

Jika Anda memilih bisnis jenis ini. Kepiawaian dalam promosi menjadi modal utama. Anda sangat disarankan agar mengerti menggunakan internet, cara promosi di Internet agar produm Anda lebih dikenal luas. 

Karena semakin baik cara Anda berpromosi semakin tinggi peluang Anda dalam menjual produk dropshipper ini. Jika sudah mantap, Anda bisa mencoba belajar digital marketing atau internet marketing untuk menunjang bisnis Anda. 

Bisnis Review Produk Atau Endorse Toko Online

Ini sangat mudah dan cukup mudah, yang terasa sedikit susah adalah memiliki akun media sosial dengan pengikut atau follower yang banyak bisnis ini bisa Anda lakukan. 

Namun, jika Anda adalah tipe mahasiswa atau pelajar yang punya passion di bidang media sosial. Tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis review atau jasa endorse ini. 

Cukup buat konten yang menarik dan bermutu untuk meningkatkan jumlah follower Anda. Anda bisa membuat jasa ini di instagram atau twitter atau media sosial lainnya. Hal yang perlu Anda lakukan adalah review produk mereka. Berikan rating bagus dengan senatural mungkin. Maka Anda bisa mendulang uang dari profesi ini. 

Untuk penghasilannya biasanya tergantung seberapa banyak follower di media sosial yang Anda miliki. Semakin banyak follower Anda maka biasanya pihak endorser akan memberikan imbalan lebih untuk setiap jasa review produk. 

Hitung-hitung daripada media sosial Anda hanya digunakan untuk status galau, pamer kekayaan dan menyindir orang lain. Mending media sosial tersebut Anda jadikan lahan bisnis yang menghasilkan cuan untuk menambah uang saku bukan? Jadi, sudah saatnya Anda berhenti galau di media sosial! 

Bisnis Jual Artikel Atau Jasa Penulisan Artikel

Sekarang banyak media atau marketplace khusus yang menjual artikel. Anda bisa mendaftarnya di banyak tempat di internet. Jika hobi atau passion Anda ada di bidang kepenulisan. Tidak ada salahnya untuk menjadikan hobi Anda tersebut sebagai sumber pendapatan bukan? 

Anda bisa menawarkan jasa menulis untuk suatu brand atau usaha. Sebagai contoh bagaimana caranya untuk mendapatkan keuangan dari jasa menulis atau menjual artikel. Anda bisa memulainya dari beberapa media seperti mojok dot co atau kompasiana. 

Silahkan pilih tipe atau niche yang bisa Anda lakukan atau kuasai alias yang sanggup Anda eksekusi dengan baik. Jangan lupa untuk belajar dan berpedoman pada PUEBI dan sebisa mungkin jangan menulis artikel buruk seperti fitnah, hoax atau artikel dengan judul yang mengandung click bait. Kasian mereka yang tertipu dan melepaskan sumpah serapah dengan tulisan yang Anda buat. 

Percayalah, jika satu dari seribu lebih mereka yang tertipu dari artikel yang Anda tulis kemudian menyumpahi Anda pasti akan terkabul doanya. Jadi, sebaiknya hindari ya sebelum karma benar-benar menghampiri. 

Bicara soal penghasilan dari jasa penulisan artikel dan jual artikel ini bisa dibilang sangat lumayan. Ada rate 100K hingga sampai 300K untuk satu tulisan bagus nan bermanfaat yang bisa Anda dapatkan. Anda bisa mencoba platform content placement seperti vira id, raja backlink dan banyak lagi. 

Bisnis Blogger 

Jika di atas ini ada jasa penulisan artikel dan jual artikel. Mungkin Anda bisa berpoligami dengan menjadi seorang blogger. Karena dengan menjadi seorang blogger juga mengasah kemampuan Anda dalam penulisan artikel yang akan Anda jual. 

Lalu bagaimana cara mendapatkan uang dari menjadi seorang blogger? Banyak, banyak cara mendapatkan uang jika Anda sudah menjadi seorang blogger. Anda bisa menawarkan banyak jasa sekaligus jika menjadi seorang blogger. 

Bisa jasa review dalam bentuk artikel, jasa jual blog atau penulisan artikel atau bahkan menjadi seorang influencer untuk membuka jasa endorse juga bisa Anda lakukan berawal dari menjadi seorang blogger. 

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah menyediakan tempat untuk iklan di blog yang Anda kelola. Seperti content placement, iklan dari pihak ketiga, sebut saja misalnya Adsense, MGID dan dari provider lain. 

Lalu berapa uang yang Anda dapatkan? Tergantung seberapa besar blog Anda, mulai dari jumlah pengunjung, rating blog, (seperti DA, PA dan Rank). Namun yang cukup menggiurkan adalah Content Placement seperti yang uncchu.com terapkan. 

Adakah orang atau blogger yang memiliki penghasilan luar biasa dari ngeblog? Oh tentu, sebut saja nama besar seperti sugeng, panduanim, kompiajaib dan mastimon serta banyak lagi. 

Bahkan saya sendiri memiliki beberapa kenalan blogger yang sukses dengan ngeblog, sebut saja bang doel, mas arigetas, mas koko hendra, kang barra, aul howler, ajopiaman, mbak rini, mba fadlimia dan banyak lagi. Anda bisa lihat daftarnya dipostingan yang ada di uncchu.com. 

Lalu bagaimana cara memulai ngeblog? Anda bisa memulainya dari beberapa plaform blog, mulai dari yang gratisan hingga hosting yang berbayar. Jika Anda ingin serius mengelola blog, Anda bisa membeli domain dan hosting sendiri. 

Kesimpulan

Itulah beberapa bisnis mudah yang bisa Anda jalankan jika status Anda masih sebagai pelajar, mahasiswa atau anak sekolah. Bisnis yang dipaparkan di atas adalah bisnis ringan yang bisa Anda mulai tanpa modal.

Bahkan beberapa dari bisnis di atas bisa Anda bangun hanya dengan modal smartphone dan kemauan saja. Namun jangan salah. Beberapa bisnis di atas mampu mengantarkan Anda ke mahasiswa atau oelajar yang sukses menghasilkan uang dari usaha sendiri. Mau dan tertarik mencoba? 

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar