Skip to main content
Uncchu

follow us

Pengalaman Pemula Pindah Dari Blogger Ke WordPress, Rumitkah?

Pengalaman migrasi dari Blogger ke WordPress bagi sebagian orang mungkin sudah sangat biasa saja. Namun, tidak bagi saya yang awam dan pemula sekali dalam menggunakan WordPress. Meski, saya menerima pesanan pembuatan blog. Tapi, itu baru terbatas di platform blogger saja. 

Beberapa waktu belakangan ini, saya disibukkan dengan proses migrasi salah satu blog saya. Migrasi yang saya lakukan adalah dari platform Blogger ke WordPress. Saya kurang paham, apakah itu self hosting atau cloud atau apalah namanya. 

Blog yang saya migrasikan adalah blog baru saya yaitu guntal.com. Saya sebelumnya hanya memiliki satu blog utama yaitu blog ini. Akhir maret saya coba untuk membuat blog baru dan tertarik untuk menggunakan serta pindah ke platform WordPress. 

Ketertarikan saya disebabkan oleh perbincangan teman-teman master yang ada di grup whatsapp yang saya ikuti. Saya melihat banyak kemudahan WordPress yang di-ghibah-kan di sana. 

Dibantu seorang teman, saya akhirnya memberanikan diri untuk memesan paket hosting disalah satu penyedia hosting lokal dengan memasukkan kode kupon guntal. Bermodal nekat, saya coba untuk melakukan pemindahan. 

Seberapa rumitkah proses migrasi itu? 

Sebenarnya, bagi mereka sudah familiar dengan hosting dan cloud atau apalah namanya itu. Pasti akan sangat mudah melakukan pemindahan blog dari Blogger ke WordPress. 

Mulai dari proses pemindahan domain atau addon domain, konten maupun segala hal yang berkaitan dengan settingan. Mulai dari settingan dasar hingga settingan tingkat lanjut. 

Beberapa kali mencoba untuk berkonsultasi dengan teman yang ada di grup. Namun, tetap saja ambyar tibanya di saya. Mungkin dikarenakan saya yang terlalu awam dengan istilah-istilah yang mereka gunakan di WordPress. 

Seakan terjadi miskomunikasi antara master dan klan publik. Akhirnya, saya memutuskan untuk meraba-rabanya sendiri. Apakah berhasil? Anda bisa cek langsung di alamat blog yang saya migrasikan yaitu guntal.com.

Apa saja kendala yang dihadapi saat proses pemindahan? 

Bicara soal kendala, hampir semua langkah dan panduan yang saya ikuti justru menjadi kendala utama. Beberapa diantaranya adalah hal-hal yang ada di bawah ini. 

Bahasa

Kendalah utama dalam proses pemindahan adalah bahasa. Sebagai penutur utama bahasa Indonesia, saya sangat kesulitan dalam memahami bahasa yang ada di cpanel. 

Solusinya, saya coba untuk mengubah pengaturan bahasa ke bahasa Indonesia. Namun, masalah selanjutnya justru saya tidak familiar dan makin bingung dengan padanan kata yang ada dalam bahasa Indonesia. Akhirnya, saya kembalikan lagi ke bahasa default alias bahasa Inggris. 

Tutorial yang rumit

Maksud saya di sini adalah tutorial yang terkesan rumit bagi saya pemula. Tutorial umumnya bersifat ringkas dan beberapa tampilan yang berbeda dengan yang ada di dashboard cpanel saya. 

Ini terjadi karena banyak artikel tutorial yang ditulis dengan teknik SEO hingga beberapa diantaranya sangat tidak ramah dengan manusia. Akhirnya, artikel tersebut justru tidak bisa saya pahami dengan baik. 

Solusinya? Jika memungkinkan, ada baiknya untuk melihat tutorial yang langsung disediakan oleh penyedia hosting. Gambar atau tampilannya akan lebih mirip dengan dashboard yang ada di depan Anda. 

Jangan lupa untuk mencoba tutorial yang ada di youtube. Filter pencarian ke tanggal terbaru, minimal satu tahun belakangan. 

Master yang sangat sibuk

Bertanya kepada mereka yang sudah expert dibidangnya tentu menjadi pilihan selanjutnya jika memiliki kendala dalam masalah hosting dan pengaturannya. Namun, tidak semua master memiliki waktu yang banyak untuk melayani pertanyaan yang Anda ajukan. 

Inilah alasan kenapa Anda harus belajar sendiri dan melakukannya sendiri. Bukan berarti Anda tidak butuh master atau guru untuk bertanya. Sebaiknya, coba dulu dan cari solusinya sendiri. 

Jika sudah sangat mentok. Barulah, ajukan pertanyaan kepada master WordPress ini. Hal ini dapat menjaga hubungan tetap baik antara Anda dan guru Anda. Sejatinya, saling memahami dibutuhkan saat Anda harus mengajukan pertanyaan. 

Keunggulan WordPress versi saya

Keunggulan WordPress dari Blogger sangat banyak. Paling kentara yang saya rasakan adalah kemudahan dalam pengaturannya. Baik menu, widget atau masalah lain yang biasanya di Blogger sangat rumit. 

Di WordPress, pada umumnya setiap masalah bisa dicarikan solusinya via instal plugin saja. Sebut saja, masalah daftar isi atau table of content. Anda hanya tinggal instal plugin lalu aktifkan. 

Kemudahan lainnya adalah theme. Banyak theme gratis yang disediakan resmi oleh wordpress sendiri. Selalu ada pilihan theme pro disetiap tema yang disediakan gratis. Anda tinggal pilih, pasang dan atur sesukanya. 

Aplikasi wordpress yang kaya fitur juga termasuk keunggulan dan nilai lebih dari WordPress. Anda bisa memilih mode editor klasik atau tipe blok yang lebih moderen. 

Tidak seperti aplikasi blogger di smartphone yang minim fitur. Aplikasi wordpress justru sangat ramah penggunaan. Bahkan untuk orang sekelas saya yang benar-benar awam. 

Anda bisa posting kapan saja dan darimana saja melalui aplikasi wordpress di smartphone. Tanpa memikirkan tidak sempurnanya postingan yang Anda buat meski menulisnya hanya dari gawai saja. 

Kesimpulan 

Apakah Anda tertarik untuk hijrah dari Blogger ke WordPress? Jika iya, banyak keuntungan yang bakal Anda dapatkan. Diantaranya adalah apa yang telah saya paparkan di atas. 

Namun, harus Anda perhatikan juga. Anda akan sedikit merogoh kocek lebih banyak daripada menggunakan hosting dari google alias blogger. 

Selanjutnya, apapun yang Anda pilih hanyalah tentang harga sebuah kenyamanan. Jika, Anda nyaman di blogger buat apa repot-repot pindah ke WordPress? Dan begitu juga sebaliknya. 

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar