Skip to main content
Uncchu.com

follow us

Tentang Gaji dan Penghasilan yang Harus Anda Ketahui

Tujuan Anda bekerja adalah gaji bukan? Nah, tahukah Anda bahwa rata-rata gaji di Indonesia menduduki peringkat kedua di Asia Tenggara. peringkat gaji ini kejar-kejaran dengan negara tetangga Malaysia.

Daftar Isi

Data di atas diambil dari survei sebuah perusahaan perekrut tenaga kerja profesional. Namun sayang, jika dilihat dari besaran upah minimum. Negara Indonesia berada di urutan ke enam, di bawah Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Filipina dan Malaysia.

Beranjak dari data di atas, ada baiknya Anda memahami kisaran gaji dan penghasilan di Indonesia. Karena, banyak data di lapangan menyebutkan bahwa upah yang diaplikasikan lebih rendah dari upah minimum yang telah ditetapkan pemerintah, baik pusat maupun daerah.

Sistem Gaji di Indonesia

Sistem Gaji di Indonesia sendiri memiliki tiga metode, yakni penggajian skala tunggal, skala ganda, dan skala campuran.

Dari tiga sistem gaji di Indonesia di atas ada juga pola tambahan tak resmi. Pola gaji dan sistem gaji di Indonesia diukur berdasarkan banyak faktor, seperti golongan, jabatan, masa kerja, pendidikan, dan skill atau keahlian.

Perlu diketahui, peraturan soal sistem pemberian gaji di Indonesia sangat dinamis. Saking dinamisnya, hal ini justru banyak digunakan oleh beberapa perusahaan untuk lolos dari pemberian gaji yang layak pada pekerjanya.

Pemerintah sendiri telah melakukan upaya terbaik dari sistem penggajian di Indonesia ini. Salah satunya dengan upaya penggodokan sebuah undang-undang baru tentang sistem gaji di Indonesia yang diatur dan memungkinkan pengusaha untuk menggaji pekerjanya dengan hitungan jam kerja. Bukan bulan dan harian seperti sistem gaji konvensional sebelumnya.

Sistem penggajian seperti ini diharapkan dapat meminimalisasi kesalahan penggajian dan kenakalan pengusaha dalam pemberian gaji terhadap pekerjanya. Hal ini juga diharapkan dapat mensejahterakan karyawan.

Pengetahuan Tentang Gaji dan Karir

Jika bicara tentang sistem gaji, tentu akan berbicara tentang gaji dan karir. Hal ini sebenarnya adalah bagian paling sensitif. Banyak pihak yang akan pro dan kontra mengenai gaji ini.

Sehingga tema tentang gaji ini akan sangat sulit untuk ditemukan solusinya. Bahkan, saat Anda membicarakannya dengan orang terdekat sekalipun.

Gaji adalah yang akan berkaitan langsung dengan peraturan pemerintah soal gaji, komponen gaji yang perlu diketahui dan gaji berdasarkan jenis karyawan. Hal penting lainnya adalah aktor yang memengaruhi besaran gaji, hak-hak karyawan selain gaji, peluang karier dengan gaji tinggi di Indonesia serta perbandingan gaji dan biaya hidup di suatu daerah.

Komponen di atas adalah hal penting yang menjadi bahan timbang dalam penentuan besaran jumlah gaji karyawan dalam sebuah perusahaan.

Jadi Bagaimanakah Seharusnya?

Jika mengacu pada UU Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003, Pasal 92, dan PP Pengupahan No 78 Tahun 2015, Pasal 23, peninjauan upah secara berkala merupakan kebijakan masing-masing perusahaan yang diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama, dengan mempertimbangkan kebutuhan hidup layak, produktivitas, dan kemampuan perusahaan.

Namun, Pasal 92 UU Ketenagakerjaan melarang perusahaan mengupah pekerjanya di bawah upah minimun. Oleh karena itu, bagi perusahaan yang menerapkan upah minimum untuk karyawan yang masa kerjanya kurang dari 1 tahun, wajib mengikuti kenaikan upah minimum berkala yang ditetapkan pemerintah daerah setiap tahun.

Hal penting yang perlu dicatat dan digaris bawahi adalah UU mengamanatkan setiap perusahaan untuk menyusun struktur dan skala upah sebagai pedoman kebijakan pengupahan, termasuk kenaikan upah berkala.

Ini dijelaskan dalam pasal 92 seperti di bawah ini

  1. Pengusaha menyusun struktur dan skala upah dengan memperhatikan golongan, jabatan, masa kerja, pendidikan, dan kompetensi.
  2. Pengusaha melakukan peninjauan upah secara berkala dengan memperhatikan kemampuan perusahaan dan produktivitas.
  3. Ketentuan mengenai struktur dan skala upah sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) diatur dengan Keputusan Menteri.

Struktur dan skala upah adalah tingkat upah dari nominal terkecil sampai terbesar untuk setiap golongan jabatan dari yang terendah sampai yang tertinggi.

Tujuannya adalah menciptakan sistem pengupahan yang berkeadilan, dengan mengurangi kesenjangan upah terendah dan tertinggi.

Struktur dan skala upah menggambarkan jenjang kenaikan upah standar berdasar golongan, jabatan, masa kerja, pendidikan, dan kompetensi masing-masing karyawan.

Sesuai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No 1 Tahun 2017 tentang Struktur dan Skala Upah, Pasal 4, penyusunan struktur dan skala upah dilakukan oleh pengusaha berdasarkan kemampuan perusahaan dan harus memperhatikan upah minimum yang berlaku.

Peraturan Pemerintah Tentang Gaji di Indonesia

Mengenai Peraturan Pemerintah atau PP tentang gaji tertuang dalam Pasal 1 UU No. 13 Tahun 2003. Dalam peraturan pemerintah tersebut dicatat dengan jelas terkait upah minimum, upah kerja lembur, denda dan potongan upah, pesangon, pajak, dan masih banyak lagi.

Paling sering menarik perhatian pekerja adalah aturan terkait upah minimum dan kerja lembur. Upah minimum adalah standar minimum yang digunakan oleh para pemberi kerja dalam menentukan besaran gaji kepada tenaga kerja.

Sayangnya, Besaran upah minimum daerah di Indonesia berbeda-beda, tergantung domisili kabupaten atau kota dari perusahaan itu sendiri. Standarisasi gaji inilah yang Anda kenal dengan sebutan Upah Minimum Provinsi (UMP).

Sekarang besaran UMP tertinggi pada tahun 2020 diduduki oleh provinsi DKI Jakarta, yaitu Rp4,2 jutaan, berbanding terbalik dengan UMP kota lainnya di Indonesia yang rata-rata berkisar Rp2 jutaan saja.

Sedangkan bagi Anda yang penasaran dengan Peraturan Pemerintah tentang lembur. Peraturannya juga berdiri sendiri. Dituangkan dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 102 Tahun 2004.

Dalam peraturan tersebut menyatakan bahwa, waktu kerja terhitung lembur apabila melebihi tujuh jam sehari dan empat puluh jam seminggu untuk enam hari kerja. Atau, melebihi delapan jam sehari dan empat puluh jam seminggu untuk lima hari kerja. (Hal ini sering diabaikan perusahaan terutama mini market dan swalayan yang berada di daerah).

Apa Saja Komponen Gaji?

Dalam slip gaji yang Anda terima ketika menerima gaji. Ada hal-hal penting yang harus Anda perhatikan. Seperti keterangan lengkap soal rincian gaji pokok, tunjangan, potongan, lembur, serta bonus jika ada.

Komponen penting inilah yang harus Anda perhatikan. Apakah gaji yang Anda terima sudah sesuai dengan apa yang Anda kerjakan dan yang terpenting adalah telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah yang ditetapkan serta telah sesuai dengan perjanjian di awal kerja.

Slip gaji ini tidak hanya berguna untuk pihak karyawan saja tapi juga untuk perusahaan. Dengan slip gaji, kedua pihak pekerja dan pemberi kerja dapat memastikan hak dan kewajiban masing-masing pihak telah terpenuhi.

Gaji Berdasarkan Jenis Karyawan

Jenis atau klasifikasi karyawan umum terbagi menjadi dua kategori, yaitu karyawan tetap dan karyawan kontrak. Tidak hanya status kerja, perbedaan karyawan tetap dan karyawan kontrak tentu juga memengaruhi tunjangan dan gaji karyawan tersebut.

Walau demikian, Biasanya untuk urusan besaran gaji tidak jauh berbeda antara karyawan kontrak dan tetap. Sebab, perusahaan tetap harus menyesuaikan dan patuh dengan Peraturan Pemerintah mengenai batasan upah minimum provinsi (UMP).

Perbedaannya hanyalah pada besaran gaji saja. Pada umumnya karyawan tetap memiliki gaji lebih besar dari UMP suatu daerah daripada karyawan lepas atau kontrak.

Hal yang Berpengaruh Pada Besar Kecilnya Gaji

Selain mengacu pada peraturan pemerintah dan jenis klasifikasi karyawan, hal yang menjadi penentu besaran gaji seseorang adalah jabatan atau posisi. Meski tidak sebesar pengaruh yang telah disebutkan di atas.

Faktor-faktor seperti pengalaman kerja, pendidikan formal, hingga kompetensi atau kemampuan dari karyawan itu sendiri cukup menjadi pertimbangan dalam penentuan besarnya gaji karyawan. Hal yang harus diingat adalah tidak semua perusahaan mengacu pada faktor yang sama,

Hak-hak Karyawan Selain Gaji

Apa saja hak karyawan selain gaji? Tunggu artikel selanjutnya dari uncchu.com tentang hak karyawan selain gaji yang wajib diberikan perusahaan.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui perihal gaji dan penghasilan. Apa saja aturan yang mengatur dan sistem penggajian yang berlaku di Indonesia. Banyak faktor yang berpengaruh pada besaran gaji yang ada di Indonesia dan patut untuk Anda ketahui..

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar