Skip to main content
Uncchu.com

follow us

4 Inisiatif yang Wajib Anda Terapkan Sebagai Leader

4 Inisiatif yang Wajib Anda Terapkan Sebagai Leader - Menjadi leader dari sebuah lini termasuk dalam sebuah intansi atau disebuah perusahaan cukup membuat lelah. Ketika karyawan tidak ada inisiatif untuk melakukan sesuatu. Ada baiknya Anda mencoba untuk memulai berinisiatif demi kebaikan bersama. Tentunya demi keberlangsungan divisi atau tempat kerja yang Anda bertanggungjawab di sana.

Berbicara inisiatif, sebenarnya banyak hal yang harus Anda mulai jika seandainya tim atau bawahan Anda kurang ada inisiatif untuk memulai sesuatu yang lebih baik. Mungkin banyak faktor yang membuat teman satu tim Anda mandeg dan tidak mampu mengeluarkan ide.

Apa itu inisiatif?

Sebelum memulai apa saja inisiatif yang seharusnya dilakukan dan tidak ada salahnya untuk dimulai oleh seseorang leader. Mari Kita cek dulu apa itu inisiatif? Untuk informasi ringan saja.

Dilansir dari laman daring Kamus Besar Bahasa Indonesia, Inisiatif berarti prakarsa. Inisiatif sendiri termasuk nomina alias kata benda. Jadi jika diterjemahkan inisiatif adalah upaya, tindakan mula-mula yang dimunculkan oleh seseorang. Nah sampai penjelasan ini paham? Baik, kalau begitu mari Kita lanjutkan. 

Haruskah inisiatif dimiliki oleh leader?

Jika pertanyaan ini hadir saat Anda sedang menjadi leader atau member, maka jawabannya adalah harus alias wajib. Seorang leader atau pemimpin wajib memiliki sifat inisiatif agar keberlangsungan roda perusahaan tetap berjalan dengan baik.

Karena tanpa adanya sifat inisiatif, Anda sebagai pemimpin tidak akan bisa bergerak maju. Inisiatif adalah awal dari sebuah pergerakan, entah itu berujung baik atau buruk, setidaknya pergerakan sudah terjadi.

Jika Anda tidak memulai atau melakukan inisiatif, bisa dipastikan semua roda akan berhenti di itu-itu saja. Jika ini terjadi kredibilitas Anda sebagai leader akan dipertanyakan.

Inisiatif apa saja yang wajib diterapkan?

Lalu inisiatif apa saja yang bisa anda lakukan sebagai leader? simak ulasan di bawah ini spesial untuk Anda yang sedang mencari inisiatif terbaik untuk karyawan.

1. Berikan rewards

Sebagai leader, Anda sebaiknya berinisiatif memberikan rewards kepada tim Anda. Karena dengan mulai atau berinisiatif untuk memberikan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi akan otomatis memberi belaian lembut yang memacu karyawan lainnya untuk bekerja lebih baik.

Jangan sungkan untuk memprakarsai dengan memberikan hadiah menarik pada karyawan terbaik, bahkan kepada petugas kebersihan sekalipun.

2. Ciptakan lingkungan kreatif

Sebagai leader, menciptakan lingkungan yang kreatif adalah salah satu langkah anda dalam menumbuhkan ekosistem perusahaan yang baik. Anda wajib membangun lingkungan yang nyaman bagi para karyawan Anda.

Konsep ini pun diadopsi oleh perusahaan besar seperti google, gameloft dan lain sebagainya. Mereka mengonsep tempat kerja menjadi lingkungan yang sangat kreatif. Karena ide kreatif lahir dari lingkungan yang sangat kreatif juga.

3. Rekatkan hubungan dengan karyawan

Inisiatif lain yang bisa Anda coba sebagai leader adalah jalin hubungan hangat dengan karyawan. Terciptanya hubungan yang hangat dan dekat, akan memberikan aura positif di lingkungan kerja.

Kehangatan yang tercipta akan memutus hirarki rumit penuh beban antara karyawan dan atasan. Jika Anda berinisiatif untuk memecah kekakuan ini. Bisa dipastikan hubungan hangat antara Anda dan karyawan akan tercipta harmonis.

Kehangatan akan melahirkan ide, dan kreatifitas tanpa batas lainnya untuk kebaikan perusahaan yang sedang Anda gawangi.

Anda bisa mencoba kegiatan yang menyenangkan bersama seperti outing, makan malam bersama-sama, atau sekedar berbincang hangat di waktu istirahat atau waktu kerja. Semakin dekat seseorang, maka semakin mudah untuk mengeluarkan isi hatinya yang sesungguhnya.

4. Bersikap jujur dengan karyawan

Jujur adalah inti dari 3 inisiatif yang layak Anda coba di atas. Sikap saling terbuka dengan karyawan akan memberikan ruang bebas untuk memberitahukan kemampuan perusahaan dalam memenuhi hak karyawan.

Baik atau buruknya situasi perusahaan wajib Anda beberkan ke karyawan. Karena dengan jujur dan terbuka akan kondisi perusahaan bisa saja memberikan ide pada staf Anda dalam melakukan hal terbaik bagi perusahaan.

Bisa saja ide mereka membantu keberlangsungan perusahaan yang Anda pimpin. Disinilah fungsi rewards tadi. Anda bisa berbagi kebahagiaan ketika perusahaan Anda mendapatkan hal baik, dengan cara mentraktir makanan atau sekedar membelikan makan siang untuk mereka.

Kesimpulan

Sebagai leader, Anda harus berinisiatif membangun hubungan baik dengan karyawan demi kelangsungan perusahaan Anda di masa yang akan datang. Menempatkan mereka pada posisi nyaman dan hangat bisa saja memberi angin positif pada lingkungan kerja.

Inisiatif yang empat di atas jika diterapkan dengan baik dan tepat. Anda akan mendapatkan jiwa pemimpin yang benar di dada Anda sendiri. Inisiatif atau selalu memprakarsai hal yang baik akan memberikan imbas pada keputusan yang terbaik juga.

Anda leader? dan sedang mencari inisiatif yang tepat untuk mempertahankan kelangsungan serta sedang membangun perusahaan? 4 Inisiatif yang Wajib Anda Terapkan Sebagai Leader ini bisa Anda coba di perusahaan yang sedang Anda pimpin.

Sumber Referensi :
KBBI inisiatif diakses dari https://kbbi.web.id/inisiatif,
KBBI prakarsa diakses dari https://kbbi.web.id/prakarsa
Barker, J. (1991). The power of vision (VHS). United States: Starthrower Distribution.
Kouzes, J., & Posner, B. (2007). The leadership challenge: How to keep getting extraordinary things done in organizations (4th ed.). San Francisco, CA: Jossey-Bass.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar