Skip to main content
Uncchu.com

follow us

Arti Grafologi dan Analisa Kepribadian Melalui Tanda Tangan

Arti Grafologi dan Analisa Kepribadian Melalui Tanda Tangan - Ada yang sudah tahu tentang grafologi? Atau dalam bahasa inggrisnya dikenal dengan istilah graphology. Nah kali ini uncchu.com akan membahas sedikit tentang grafologi. Apa itu pengertian grafologi? Apa saja yang bisa diungkap dalam analisa grafologi? Yuk simak ulasan berikut ini untuk Anda.
Apa itu Grafologi?

Grafologi atau graphology adalah bagian ilmu tentang tulisan dan analisa tentang tulisan. Secara garis besar ada dua jenis grafologi, yakni grafologi yang bernaung di bawah psikologi dan grafologi yang ada dalam bidang linguistik.
Grafologi Dalam Ilmu Psikologi

Grafologi dalam ilmu psikologi adalah Grafologi yang memiliki arti tentang analisis pola tulisan tangan yang dapat mengidentifikasi kondisi psikologis maupun karakter dari seseorang. Hal yang perlu diingat adalah Secara umum, grafologi dikategorikan sebagai ilmu semu.
Grafologi Dalam Ilmu Linguistik

Berbeda dengan grafologi dibidang psikologi yang mengurusi kejiwaan, grafologi di linguistik adalah penyetaraan dengan fonologi dalam kajian bunyi bahasa manusia. Satuan dalam grafologi disebut grafem, grafem setara dengan fonem. Selain itu, ada pula grafetik yang setara dengan fonetik sehingga satuannya pun disusun setara, yakni graf yang setara dengan fon (fona).




Dalam bidang grafologi linguistik juga dibicarakan beberapa sistem tulisan seperti yang dijelaskan di bawah ini :
Kriptografi yaitu sistem menuliskan pesan-pesan rahasia;
paedografi yaitu sistem menulis yang didesain khusus untuk membantu anak-anak belajar membaca;
Ortografi yaitu sistem ejaan yang disepakati untuk sebuah bahasa;
Stenografi yaitu sistem menulis secara singkat dan cepat;
Teknografi yaitu sistem menuliskan hal-hal khusus untuk kepentingan ilmu pengetahuan seperti aksara fonetik untuk para linguis, simbol-simbol khusus untuk bidang kimia, simbol-simbol khusus kartografi untuk membuat peta, atau bahkan simbol-simbol khusus untuk pemrograman komputer.

Berdasarkan perkembangannya Grafologi telah menjadi topik kontroversial selama lebih dari seratus tahun belakangan ini. Meskipun secara data dan analisa grafologi dianggap memiliki dampak dalam evaluasi kepribadian oleh para pendukungnya, Namun secara empiris berbanding terbalik dan tidak dapat dibuktikan keabsahannya.




Nah sudah paham sedikit tentang apa itu Grafologi? Pengertiannya dan sejarah singkat tentang grafologi bukan? Mari lanjutkan pembahasan tentang grafologi. Kali ini tulisan tentang grafologi hanya berfokus pada analisa tanda tangan.




Ayo sediakan kertas dan buat tanda tangan Anda untuk menganalisanya. Seperti apa kepribadian anda secara umum berdasarkan analisa Grafologi terutama pada bentuk tanda tangan. Berikut penjelasannya untuk Anda.
Arti Analisa Grafologi Tanda Tangan Berdasarkan Ukurannya.

Kalau untuk ukuran atau besarnya sebuah tanda tangan maka analisa umum yang berlaku adalah seperti yang di bawah ini:




Semakin besar sebuah Tanda Tangan seseorang bisa diartikan semakin ekstrovert orangnya, menyenangkan (outgoing) dan supel dalam pergaulan.




Semakin kecil sebuah Tanda Tangan seseorang bisa diartikan semakin introvert orangnya. Kelebihannya orang dengan tanda tangan seperti ini, Pada umumnya juga hemat, tapi minim emosi/ekspresi alias tidak cukup ramah.
Arti Analisa Grafologi Tanda Tangan Berdasarkan Penggunaan Huruf Besar atau Kapital.

Penggunaan huruf kapital di awal nama Tanda Tangan bisa berarti orangnya tersebut mimiliki rasa percaya diri yang tinggi, sisi negatifnya orang dengan tanda tangan seperti ini angkuh atau arogan.




Penggunaan huruf kecil di awal nama Tanda Tangan memiliki arti bahwa orangnya lebih rendah hati dan membumi. Namun dalam beberapa kasus orang dengan tanda tangan ini kurang percaya diri.
Arti Analisa Grafologi Tanda Tangan Berdasarkan Garis pada Tanda Tangan

Ada garis di tengah di dalam Tanda Tangan berarti bahwa orang dengan tanda tangan seperti ini adalah Orang yang sensitif dan kurang puas dengan dirinya. Suka kontradiksi sendiri dan mungkin ingkar janji.




Tidak ada garis di bawah dalam Tanda Tangan berarti bahwa Orangnya rendah hati dan tidak rewel




Tanda tangan dengan 1 garis di bawah Tanda Tangan biasanya Suka membicarakan dirinya sendiri, tapi tidak terlalu berlebihan




Tanda tangan dengan 2 garis di bawah Tanda Tangan biasanya harus exist di semua hal dan semua orang, keberadaan dan jasa-jasa dirinya harus diakui orang lain.




Tanda tangan yang dimulai dengan garis vertikal umumnya orang dengan tanda tangan seperti ini adalah orang yang kurang imajinasi/kurang kreatif.




Tanda Tangan dengan Garis vertikal di tengah Tanda Tangan, Umumnya adalah orang yang sulit mewujudkan ide-ide.
Arti Analisa Grafologi Tanda Tangan Berdasarkan Lengkungan pada Tanda Tangan

Tanda Tangan dengan atau pakai lengkungan sambung berarti orangnya independen, keras kepala, pandai menyimpan/menahan diri, dan bertekad baja.




Tanda Tangan dengan lengkungan ke belakang biasanya adalah orang yang suka menganalisa tindakan-tindakan, memikirkan banyak/hampir semua hal (overthink) dan suka menyenangkan orang lain.
Arti Analisa Grafologi Tanda Tangan Berdasarkan Titik Akhir pada Tanda Tangan

Tanda tangan dengan titik di akhir Tanda Tangan adalah orang yang sangat disiplin.




Tanda tangan dengan titik di awal atau tengah Tanda Tangan umumnya adalah orang yang pandai mencari tahu info dulu sebelum bekerja.
Arti Analisa Grafologi Tanda Tangan Berdasarkan Kekomplekannya pada Tanda Tangan

Tanda Tangan yang terlalu kompleks dan banyak perniknya adalah orang yang Cenderung menciptakan masalah yang tidak perlu/penting.




Tanda Tangan yang unsur dan polanya mirip/konsisten biasanya adalah orang yang bagus atau teliti dalam bekerja yang kegiatannya monoton (misalnya customer service, programmer dll).
Arti Analisa Grafologi Tanda Tangan Berdasarkan Huruf Belakang pada Tanda Tangan

Tanda tangan dengan huruf belakang lebih/makin kecil artinya adalah orang yang suka bosanan di akhir pekerjaan.




Tanda tangan dengan huruf belakang lebih/makin besar artinya adalah kebalikan dari yang di atas. Malah lebih semangat di akhir pekerjaan. Mungkin saja tidak bisa menyimpan rahasia.
Kesimpulan

Berdasarkan Psikologi dan Grafologi, Kepribadian manusia itu kompleks, Jadi bisa dipastikan tidak semua analisa di atas memiliki tingkat kearutan hingga 100 persen. Gunakan analisa grafologi ini sebagai kesan atau indikator awal saja (mungkin sarana perbaikan diri juga). Jangan pernah gunakan analisa grafologi tanda tangan sebagai alasan untuk meng-klaim apalagi men-judge seseorang dengan kepribadiannya. Terimakasih telah membaca artikel dengan judul Arti Grafologi dan Analisa Kepribadian Melalui Tanda Tangan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar