Skip to main content
Uncchu

follow us

7 Cara Menjaga Anak Anda Agar Tetap Aman dari Predator Anak di Dunia Nyata

7 Cara menjaga anak anda agar tetap aman dari predator anak di dunia nyata - Siapa saja pasti setuju kalau Anak adalah hal yang paling penting dalam hidup. Sebagai orangtua sudah sepantasnya anda melakukan apa saja yang terbaik demi kebaikan anak anda.

Menjaganya dari marabahaya adalah salah satu contoh anda telah melakukan hal yang terbaik untuk anak. Menjaganya dari kejahatan di dunia nyata maupun dari kejahatan yang banyak berseliweran di dunia maya.

Baca juga : Kenali Kepribadian Anak dan Pola Ajar Ampuh Mengajari Mereka.

Sebagai contoh predator anak yang selalu mengincar anak di dunia maya. Oleh karena itu wajib hukumnya bagi anda sebagai orangtua si anak untuk melakukan pengawasan ekstra. Kepada mereka yang sudah mulai mengenal dunia maya dan mulai masuk pada masa pubertas.


Tidak apa anda sebagai orangtua dibilang kolot dan terbelakang karena terlalu mengontrol perilaku dan kegiatan anak di dunia maya. Jangan gubris dan tetaplah fokus pada tujuan awal anda yaitu menjaga sang anak dari mara bahaya.

Nah bagaimanakah cara tepat menjaga anak dari marabahaya? Menjaga anak dari kejahatan dunia maya. Ikuti ulasan uncchu.com berikut ini untuk anda yang sedang mencari cara mengontrol kegiatan dan perilaku anak di dunia maya terutama di sosial media.

Baca juga : 10 Manfaat Belajar Silsilah dan Sejarah Keluarga, No 7 Luar Biasa.

Seperti yang Anda ketahui bahwa dunia maya telah menjadi sarang utama predator anak dalam mencari dan mengincar korbannya. Sudah tidak terhitung lagi kasus yang terjadi dan berawal dari dunia maya ini.

Mirisnya tetap saja pelaku lama dan baru bermunculan di dunia maya. Undang - undang yang berlalu kadang justru tidak menghentikan kejahatan ini. Malah makin bertambah karena mudahnya mereka mengakses seluruh informasi di dunia maya.

Jangankan menghentikan, jerapun tidak. Semoga dengan adanya artikel ini anda sebagai orangtua dari anak yang anda sayangi bisa melakukan tindakan preventif dan pencegahan. Baik itu kejahatan di dunia nyata maupun kejahatan yang dilakukan di dunia maya.

Baca juga : Daftar Kebiasaan Baik di Rumah yang Dibunuh Teknologi dan Smartphone, No 3 Pasti Anda Rindukan.

Nah apa saja cara ampuh yang bisa anda terapkan sebagai orangtua untuk menjaga anak agar selalu aman. Baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Berikut adalah tips yang sudah terbukti mampu mencegah kejahatan terhadap anak jika diterapkan dengan  baik dan benar.

Cara menjaga anak di dunia nyata

Cara mejaga anak yang pertama tentunya dari dunia nyata. Pastikan anda melakukan hal berikut ini ini untuk menimalisir kejahatan dari predator anak terhadap buah hati kesayangan anda. Langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Antar sendiri anak Anda

Antar selalu anak anda kemana pun mereka pergi. Terdengar sedikit penuh lelucon. Tapi ini adalah hal pertama yang harus anda lakukan dalam upaya mencegah predator anak mengincar anak anda.

Baca juga : Waspada, Ini Adalah Kontong-Kantong Komunitas Pelangi di Kota Solok.

Jangan sungkan untuk mengantar anak anda sendiri kemana pun mereka pergi. Baik itu ke sekolah maupun ke tempat les atau tempat temannya. Ini dilakukan agar anda sebagai orangtua dapat mengenali dan memantau rute yang Anak anda tempuh setiap hari.

Jika anda telah hafal dan mengenali rute yang anak anda tempuh setiap hari. Ini mempermudahkan anda melacak sang anak jika terjadi apa-apa kepada mereka.

Ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda untuk memilih rute lain yang cukup aman dilalui oleh anak-anak. Anda bisa menyarankan anak anda untuk tidak melewati suatu rute pada jam tertentu. Jika rute tersebut memang tidak aman bagi anak-anak.

Baca Juga : Positif Negatif Penanggulangan Covid-19 dan Kesalahan Fatal yang Sering Terjadi.

2. Kenali lingkungan dan teman anak anda

Jika tadi anda telah bersedia mengantar anak anda, Kini saatnya anda sebagai orangtua untuk mengenali lingkungan tempat anak anda belajar termasuk orang-orang yang ada di dalamnya.

Terdengar lebay, mengenali orang-orang di sekitar tempat anak belajar, seperti teman, guru dan orang-orang yang terlibat. Selain memberikan efek positif bahwa anda adalah orangtua si anak yang ramah dan supel. Ini juga bermanfaat dan memberikan waktu kepada anda untuk memahami beberapa karakter teman, guru dan orang sekitar anak anda.

Bukan bermaksud berpikiran negatif, Tapi lebih kepada bagian usaha anda sebagai orangtua dalam menerapkan dan mendeteksi ancaman awal bagi anak anda. Dengan begini anda bisa mempertimbangkan banyak hal seperti mengingatkan ( untuk berhati-hati) anak anda akan satu orang di tempat belajarnya.

Baca juga : Lakukan Hal Ini Agar Anda Ditinggalkan Suami.

3. Ajarkan Pendidikan sex yang baik

Mengajarkan Pendidikan seks yang baik pada anak usia dini atau sekurangnya kepada anak masa pubertas adalah langkah selanjutnya dalam upaya anda membuat anak tetap aman.

Ajarkan Pendidikan seks kepada anak dengan Bahasa yang baik dan benar serta sesantun mungkin. Ceritakan kepada si Anak mana bagian yang tidak boleh di sentuh serta di raba-raba oleh orang lain selain dirinya sendiri.

Sebutkan bagian intim sang anak seperti kemaluan dan dada adalah bagian yang tidak boleh diraba oleh siapapun kepada anak perempuan. Sebutkan juga hal yang serupa seperti kemaluan dan bokong pada anak laki-laki.

Baca juga : Demi Kesehatan, Berikut Logo Plastik yang Wajib Anda Ketahui.

4. Ajarkan kepada sang anak cara membela diri

Ajarkan pada anak cara membela diri dan menghindar. Jika ada orang yang meraba bagian intim sang anak. Jelaskan pada anak untuk segera pergi menjauh dari orang dengan kelakuan seperti itu.

Ajarkan kepada anak agar mendekati orang dewasa lain, Jika dia sudah merasa terancam. Ajarkan juga kepada anak agar (menangis) dan berteriak kencang jika orang tersebut masih meraba dan memaksa. (Ini opsi terakhir)

Mungkin sedikit rumit untuk menerapkan hal no 4 ini. Namun edukasi yang tepat dan benar akan memudahkan anda meng-eksekusi-nya pada anak anda. Gunakan Bahasa yang mudah dimengerti seperti nyanyian saat mereka mengenakan baju.

Baca juga : 4 Cara Ampuh Atasi Tantrum Pada Anak Secara Islami.

5. Ajarkan pada anak fungsi pos pengamanan

Mengajarkan pada anak apa itu fungsi pos pengamanan dengan bahasa yang mudah mereka pahami. Misalnya Ibu bisa menjelaskan pada anak agar menunggu di dekat pos satpam atau gerbang sekolah, Jika sang anak sendirian menunggu jemputan yang agak terlambat.

Ajarkan kepada mereka untuk meminta bantuan satpam menjaga mereka dengan bahasa yang baik dan sopan. Nah di sini juga fungsi nomor dua di atas berperan. Anda bisa saja berkenalan dengan satpam sekolah dan sedikit berbasa-basi. Jangan lupa untuk mengenalkan anak anda kepada mereka.

6. Ajarkan anak untuk mengingat biodata pribadinya

Cara nomor enam adalah hal yang paling penting untuk anda terapkan pada anak anda. Anda bisa mengajarkan anak anda untuk mengingat data pribadi mereka. Sebut saja nama, Nama Panjang, Nama orangtua, Panggilan orangtua.

Baca juga : Kenapa Bisa Rasa Kecewa Itu Hadir Dari Mereka Yang Taat Beragama?

Hal yang juga tak kalah penting untuk anda ingatkan adalah alamat rumah anda, dan nomor telepon anda. Semua data tersebut sangat berguna saat keadaan darurat terjadi pada anak anda. Jika perlu sisipkan kartu tanda pengenal di tas atau selipkan beberapa di sudut baju anak anda.

7. Kenali tanda spesifik di tubuh anak anda

Mengenali tanda spesifik di tubuh anak anda adalah hal yang wajib anda lakukan sebagai orangtua. Kenali tanda lahir, bekas luka, atau bentuk fisik lain seperti gigi dan hidung pada anak anda. Cara ini sangat membantu jika keadaan darurat menimpa anda dan anak anda.

Kesimpulan

Nah itu tadi 7 Cara menjaga anak anda agar tetap aman dari predator anak di dunia nyata. Semoga apa yang di paparkan di atas bisa anda terapkan dengan baik pada anak anda.

Baca Juga : 3 Pondasi Wajib Bagi ABG, Agar Tidak Terjebak Dalam Kejahatan Dunia Maya.

Jika anda tidak bisa menerapkan keseluruhan Cara menjaga anak agar tetap aman dari predator anak di atas, Satu saja dari nomor 6 dan 7 bisa anda terapkan, sudah cukup membantu bagi anak anda.

Namun alangkah baiknya anda menerapkan 7 Cara menjaga anak anda agar tetap aman dari predator anak di dunia nyata dengan sempurna. Semoga dengan usaha ini anak anda terbebas dari incaran predator anak. Terimakaih telah berkunjung, membaca dan menerapkan 7 Cara menjaga anak anda agar tetap aman dari predator anak di dunia nyata ini.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar