Skip to main content
Uncchu

follow us

Sebagai Blogger, Ini Cara Ampuh Mendapatkan Uang dari Blog yang Wajib Diketahui

Sebagai Blogger, Ini Cara Ampuh Mendapatkan Uang dari Blog yang Wajib Diketahui - Okey fight, One Day One Post, Yup sebenarnya ini adalah postingan yang Saya draft dan simpan untuk diri sendiri. Tapi karena Saya seorang blogger maka dengan senang hati Saya coba untuk menulisnya di uncchu.com. Mana tahu ada teman blogger yang juga nyari dan berkeinginan sama dengan Saya. Yaitu mencari penghasilan (tambahan) dari nge-blog.

Sama seperti para blogger lainnya, Saya sebagai blogger menjadikan blog untuk melampiaskan uneg-uneg. Mulai dari kegiatan sehari-hari dan beberapa tips yang Saya gunakan untuk dijadikan booster dalam bisnis. Itu mengapa jargon uncchu.com adalah Blog uncchu.com Berisi Informasi Kesehatan, Parenting, Sains dan  Tips Dunia Kerja.

Oke back to Our Base Topic. bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan untuk para sahabat blogger yang hobi nulis di blog. Sebenarnya ini adalah topik dengan keyword yang luar biasa berat menurut Saya. Tapi gak ada salahnya Saya coba menulisnya. Meski nantinya akan hanya ada kunjungan organik dari longtail keyword alias kata kunci panjang. Entah apa itu nantinya yang akan di crawl dan di baca oleh Google Search engine. Yang penting coba aja dulu. Benar?


Cara mendapatkan uang di zaman digital sebenarnya sangat mudah dan banyak cara (Kata yang udah pro tentunya). Anda atau tepatnya Kita hanya dituntut kreatif dan super kreatif dalam meramu sesuatu dalam bentuk digital. Entah itu aplikasi, Jasa dan lain sebagainya.

Namun kali ini uncchu.com hanya akan mengulas beberapa saja dan tentunya yang berhubungan dengan blogger atau yang hobi Nge-Blog. Biar tidak boring dan ada cekerannya ketika hobi Nge-Blog di eksekusi. Sebenarnya secara natural menulis di blog sudah memberikan andil positif bagi kesehatan mental, tentunya yang berhubungan dengan otak dan keterampilan meramu dan mengolah kata.

Nah biar lebih optimal dan ada boosternya saat menulis. Gak ada salahnya Anda mencoba beberapa cara menghasilkan uang dari hobi nge blog yang akan uncchu.com ulas nantinya. Terinspirasi dari banyak sumber dan hasil diskusi dengan teman blogger yang sering jalan-jalan ke uncchu.com dan kemudian ambil andil berdiskusi di kolom komentar. Maka Saya cobalah meramu beberapa cara menghasilkan uang dari Nge-Blog berikut ini.

Apa saja cara menghasilkan uang dari Nge-Blog yang patut Anda coba? bagaimana caranya menghasilkan uang dari Nge-Blog? Dan apa saja yang harus Anda lakukan agar mendapatkan uang dari Nge-Blog?

Nah pertanyaan di atas adalah pertanyaan umum dan sangat umum dipertanyakan oleh pra blogger. Sama seperti beberapa waktu yang lalu. Untuk menjawab pertanyaan tersebut apa saja yang harus Anda lakukan?

Apa yang harus dilakukan agar blog menghasilkan uang?

1. Buat Blog

Beriku adalah langkah yang bisa Anda tempuh dalam membuat blog yang Saya jabarkan di bawaah ini.

1. Pilih Platform Blog

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih tempata atau platform blog, Boleh blogger.com, wordpres atau beberpa platform blog lain yang bisa Anda coba secara gratis. Hal ini telah Saya bahas sebelumnya di artikel dengan judul 4 Platform Blogging Terbaik yang Layak Anda Coba Sebagai Penulis.

Pilihlah platform Nge-Blog yang sesuai dengan passion dan pertimbangkan beberapa kemudahannya. Seperti cara akses dan beberapa tool yang bisa mendukungnya. Saya atau tepatnya uncchu.com (masih) menggunakan platform blogger.com untuk Nge-Blog dengan pertimbangan bahwa Nge-Blog baru sebatas hobi.

2. Mulailah Membuat, Bangun dan Konsisten Nge-Blog

Setelah Anda menentukan platform yang cocok dengan pasion dan tujuan Anda nge blog. Saatnya Anda membuat blog, Buat akun blog gratis terlebih dahulu, kemudian bangun blog dengan memilih template yang cocok. Ada banyak template gratisan yang bisa Anda coba di dashboard blog tersebut.

Setelah Anda membua dan membangun blog. Langkah selanjutnya adalah konsisten Nge-Blog. Silahkan Anda buat planning untuk menyusun berapa kali update postingan dalam 1 bulan, dalam sepekan atau dalam satu hari.

Dalam upaya membangun dan konsistensi nge blog ini Anda juga dihadapkan dengan membangun brand blog yang Anda buat sendiri. Saaya menyarankan One day One Post bagi Anda yang ingin membangun blog dan konsisten Nge-Blog. Tujuannya adalalah untuk membangun brand blog Anda sendiri.

3. Berkreasi Dengan Blog

Berkreasi dengan blog maksud Saya adalah tumpakan kreasi terbaik Anda dalam membuat blog. Seperti membuat desain yang menarik pembaca dan pengunjung blog Anda. Sesuaikan desain dengan tujuan serta niche blog yang akan Anda buat.

Pilihlah tema atau template blog yang sesuai dengan isi atau konten blog Anda. Anda bisa membuat desain blog dengan memanfaatkan tutorial yang berseliweran di internet. Namun jika Anda adalah pemula yang belum tertarik dengan tantangan mendesain blog. Membeli template dari pembuat template blog terpercaya sangat direkomendasikan.

Baca juga : Ingin Nge-Blog lebih simpel, Beli saja di uncchu.com

Tambahan tips buat Anda yang ingin membuat blog, Jangan ragu untuk membeli template atau thema blog berbayar/premium. Karena tema blog premium dan berbayar lebih rama dengan mesin pencarian google dan terbebas dari script berbahaya yang ada di template illegal.

4. Buat Konten yang Powerfull

Setelah Anda berhasil mengeksekusi cara nomor tiga tadi. Langkah selanjutnya adalah Buat konten yang powerfull. Konten Powerfull yang Saya maksud di sini adalah konten yang kaya akan manfaat dan berguna pagi pembacanya. Anda seperti kebanyakan peselancar di internet tentu mencari konten yang kaya akan manfaat pada sebuah blog.

Jika blog Anda memberikan manfaat yang luar biasa dan mampu membantu pengunjung menemukan jawaban  yang tepat dengan apa yang di cari di google search engine. Bisa dipastikan pengunjung itu akan kembali ke blog Anda mencapai kemungkinan 90 dari 100 kemungkinan. Menarik bukan? Nah jika Anda sedikit kesulitan dalam membuat konten silahkan order artikel di uncchu.com.

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat konten dalam blog adalah jangan pernah mencuri atau menjiplak konten orang lain secara membabi buta. Jangan sungkan untuk menyertakan sumber jika konten itu terinspirasi dari tulisan blog teman blogger lainnya. Seperti yang Saya lakukan pada postingan Cerita Pagi Ini, Terinspirasi postingan dan Blog Walking.

5. Ubah Domain Gratisan Menjadi TLD

Nah jika langkah di atas berhasil Anda eksekusi dan kembangkan dan Anda mulai menikmati proses Nge-Blog. Saya sangat menyarankan Anda untuk segera meg-upgrade domain Anda menjadi Top Level Domain alias domain berbayar. Jika sebelumnya Anda menggunakan domain yang berada di bawah subdomain platform Nge-Blog seperti blogspot dan wordpress.

Jika Anda kesulitan untuk membeli Top Level Domain untuk blog Anda, Saya menyediakan jasa ini untuk Anda. Jika berminat silahkan hubungi Saya Via WhatsApp dan email yang Saya cantumkan di Contact pada blog uncchu.com. Saya akan membantu Anda memasaangnya pada platform yang Anda gunakan.

7. Tingkatkan Pembaca dan Bangun Hubungan Harmonis dengan Pembaca

Jika Konten Powerfull adalah Raja. Hubungan harmonis dengan pengunjung atau pembaca blog Anda adalah kunci untuk menjadi raja. Atau tepatnya kunci kamar sang Raja. Jika Anda sudah punya akses ke kamar raja dengan memiliki kuncinya. Bisa jadi Anda akan menemani Raja di setiap aktifitasnya. hehehe (Gak, Saya gak mengajarkan Anda jadi penyusup ke kamar Raja)

Anda bisa meningkatkan jumlah pembaca dengan men-share tulisan Anda di media sosial dan blog walking ke blog teman-teman di dunia perbloggingan. Berikan Komentar positif dan konstruktif Anda pada tulisan  yang mereka buat.

Komentar yang bagus dan memberikan ide, Saya secara pribadi menganggap itu sebuah penghargaan dari teman blogger akan apa yang kita buat. Nah jika sudah begitu, Rasanya ada yang kurang jika Saya tidak melakukan kunjungan balik ke blog yang telah memberikan komentar positif di postingan Saya.

Jangan sungkan untuk mengeksplor blog Mereka yang berkunjung ke blog Anda. Karena dengan memberikan sedikit lebih tentu akan membuat suasana jadi lebih harmonis antar sesama blogger bukan?

Sedikit tips bagi Anda yang ingin Share postingan blg ke sosial media. Behati-hatilah dan selalu pantau link rujukan menuju blog Anda. Karena ada (sedikit) blogger yang suka iseng dengan blog Anda jika telah di share ke publik sosmed.

Sedangkan untuk komentar, Ada baiknya Anda mematuhi rule dan policy yang telah ditetapkan pemilik blog. Jangan coba-coba untuk spam di kolom komentar untuk menghindari nama buruk ke blog Anda. Jadi intinya memberikan yang baik pasti akan menerima kebaikan juga. Jangan sekali-kali coba memberikan yang buruk antar sesama blogger. Anda setuju? Jika setuju silahkan upvote di kolom komentar ya dan jangan lupa juga komentarnya.

Cara menghasilkan Uang dari Blog

Nah setelah hal di atas bisa Anda lakukan dengan baik, Kini tiba saatnya Saya mengulas beberapa cara menghasilkan  uang dari hobi nge blog. Sedikit mudah dan juga sulit sih. Tapi tak ada salahnya Saya share di sini. mana tahu teman blogger bisa mengeksekusinya dengan baik dan benar. Iya kan?

Berikut adalah cara menghasilkan uang dari blog, di antaranya :

1. Uang Pendapatan dari Iklan

Salah satu cara menghasilkan uang dari blog adalah dengan iklan. Pendapatan atau fee dari iklan inilah salah satu cara yang dapat menghasilkan uang dari blog. Banyak platform iklan yang bisa Anda coba untuk blog Anda seperti Adsense dan platform iklan lainnya.

Namun hal yang harus Anda perhatikan adalah jaga nama baik blog Anda sebelum mendaftakan diri sebagai publisher iklan. Tingkatkan pengunjung blog dan pacu posting konten yang berkualitas.

Semakin tinggi traffic blog yang Anda miliki, semakin mahal pula bayaran ruang iklan di blog Anda.

2. Uang Pendapatan dari Acara atau Event

Hal ini biasanya dilakukan oleh blogger yang sudah memiliki nama cemerlang di jagad perbloggeran. Krena syarat dari pembuatan even dan acara ini biasanya adalah skill dan brand yang mumpuni.

Namun jika Anda tertarik mencobanya silahkan mulai dengan event kecil terlebih dahulu. Misalnya kopdar dan lain hal sebagainya. Tarif bisa Anda patok dengan harga murah terlebih dulu. Ada keterkaitan dan Mutual Simbiotis di sini. Dengan event Anda bisa bangun brand dan sebaliknya.

3. Uang Pendapatan dari Afiliasi

Afiliasi yang dimaksud dalam dunia blogging adalah menjadikan konten yang Anda tulis untuk mengarahkan pembaca membeli, menggunakan, atau melihat produk yang dijual di situs lain. Jika Anda beruntung dan seseorang mengikuti tautan atau link yang Anda tulis dan melakukan pembelian terhadap tulisan Anda.

Biasanya, akan ada komisi sesuai kesepakatan antara kedua belah pihak. Jika Anda memiliki pembaca yang setia, kemungkinan pembaca blog Anda akan mengikuti rekomendasi yang telah Anda buat sangat besar.

4. Uang Pendapatan dari Recurring Income

Terdengar sedikit aneh namun hal ini juga merupakan uang pendapatan bagi seorang blogger. Recurring income adalah dengan cara menerapkan keanggotaan program atau loyalty program.

Itu artinya untuk member tertentu, mereka bisa mengakses konten premium yang tidak di dapatkan oleh anggota regular atau yang tidak berbayar. Nah dapat disimpulkan ini biasanya dilakukan oleh blogger dengan brand yang sudah sangat bagus.

5. Uang Pendapatan dari Jasa

Seperti yang Saya singgung di atas, Ini bisa Anda lakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan Conten Placement dan lain halnya. Hal ini digunakan untuk menawarkan jasa atau layanan. Misal jasa konsultasi, pelatihan, penulisan, desain, hingga layanan-layanan lain yang sifatnya freelance.

Lebih mudahnya Anda tidak akan mendapatkan potongan jika client langsung menghubungi Anda. Berbeda halnya jika Anda menjadi freelancer menggunakan pihak ketiga. Yups Ada banyak pihak ketiga yang bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan cara no 5 ini. ( Gak seua pihak ketiga itu buruk ternyata)

6. Uang Pendapatan dari Produk atau Barang

Dalam Kasus ini Anda bisa memanfaatkan skill Anda dalam Nge-Blog untuk mereview sebuah produk dan menawarkannya di blog yang Anda miliki. Uang pendapatan dari produk ini biasanya lumayan untuk beberapa brand. tergantung kesepakatan Anda dengan pemilik brand atau pihak yang menawarkannya.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa cara mendapatkan uang dari blog. Sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa Anda terapkan untuk menambang uang dari hobi Anda Nge-Blog. Namun sebelum semua itu Anda lakukan ada baiknya bangun brand yang positif bagi blog Anda.

Buat konten yang berkualitas dan powerfull Agar semua pendapatan bisa datang menghampiri Anda. Manfaatkan pihak ketiga dalam beberapa hal seperti jasa CP dan review produk. Nah intinya adalah bagaimana Anda membangun dan menjadikan blog sebagai sumber pendapatan. Nah Sebagai Blogger Anda Tertarik mencoba Cara Ampuh mendapatkan Uang dari Blog yang wajib ketahui di atas?

Bonus

Nah pada bonus kali ini, Anda bisa menguji ketelitian Anda dalam membaca sebuah postingan. Jika Anda teliti silahkan tulis di komentar kesalahan yang Sengaja Saya buat di ulasan di atas.

Jika Anda bisa menjawab tanpa men-srcroll balik ke atas maka tingkat ketelitian Anda sangat luar biasa. Saya bisa tebak umumnya ketelitian ini hanya ada pada seorang perempuan. Namun jika Anda pria, Saya bisa menebak IQ Anda cukup mumpuni dan menyukai mata pelajaran sains.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar