Skip to main content
Uncchu

follow us

Kenali Kepribadian Anak dan Wajib Ketahui Metode Ampuh Pengajarannya

Kenali Kepribadian Anak dan Wajib Ketahui Metode Ampuh Pengajarannya - Sebagai orang tua Anda akan selalu dituntut untuk mengenali kepribadian anak dari usia dini. Mengenali kepribadian anak dari usia dini dapat memberikan manfaat pada pemilihan metode ajar yang tepat pada mereka.

Jangan Sampai Anda justru memilih dan menerapkan metode ajar yang salah pada anak Anda. Pemilihan metode ajar yang salah akan berpengaruh pada mental dan perkembangan anak Anda. Parahnya akan ada anak yang merasa di anak tirikan dari penerapan metode yang salah tadi.



Nah biar metode ajar yang Anda terapkan pada anak tidak salah dan tepat sasaran. Ada baiknya Anda mengenali tipe kepribadian umum pada anak-anak dan cara ajar yang tepat untuk diterapkan. Menerapkan cara ajar dan metode ajar yang tepat akan sangat bermanfaat pada anak Anda.

Apa saja tipe kepribadian anak yang wajib Anda ketahui sebagai orangtua? Berikut ulasannya beserta pemilihan metode ajar yang tepat pada mereka.

1. Tipe Anak dengan Kepribadian The Determined Child

Perlu Anda ketahui anak dengan tipe kepribadian ini biasanya sangat menarik perhatian. Baik bagi Anda orangtua si anak atau orang lian yang melihat tingkah si anak.

Tipe ini biasanya dikenal dan memiliki sifat yang cukup gigih, aktif, dan sangat keras kepala. Hal unik dari anak tipe The Determined Child dilahirkan dengan dorongan untuk menyelesaikan sesuatu yang biasanya dengan cara mereka sendiri.

Biasanya berkembang dengan pengalaman baru dan dengan menerima banyak dukungan dari orangtuanya. Ciri khas dari anak dengan tipe kepribadian The Determined Child ini biasanya adalah sebagai berikut:
  1. Ingin mencoba posisi kepemimpinan di sekolah, rumah, atau tempat kerja.
  2. Motivasi muncul dari diri sendiri daripada dimotivasi oleh orang lain.
  3. Bisa keras, kuat, atau terus terang.
  4. Mereka memiliki kemauan yang kuat.
  5. Mereka akan mengejar beberapa tujuan besar sekaligus.
  6. Aktif dan suka bertualang — mereka siap untuk pergi, melakukan, dan menjelajahi!
Hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan adalah jangan sering mengatakan -tidak- pada anak dengan tipe ini. Karena pada dasarnya anak dengan tipe ini seperti yang dijelaskan di atas memiliki kemauan yang sangat keras dan pantang menyerah.

Jika Anda sebagai orangtua terlalu sering mengatakan “tidak” pada anak karena dianggap terlalu banyak menuntut, maka bisa dipastikan anak tipe The Determined Child akan mengamuk sejadi-jadinya.

Jangan biarkan sang anak merasakan dirinya banyak menuntut dan selalu tidak mendapatkan apa yang dia inginkan.

Bagaimana cara ajar yang tepat?

Anak dengan tipe The Determined Child sebaiknya dibiarkan berkembang dengan berkegiatan fisik dan kompetitif dengan teman-temannya. Sehingga Dia dapat melepaskan semua tekad dan energinya.


Kegiatan yang dimaksud adalah olahraga seperi sepak bola, tenis, kasti, perlombaan renang, drum, break dance, senam, parkour, trampoline, panjat tebing, papan seluncur, dan sepatu roda. Dan pastikan semua dilakukan di bawah pengawasan orang yang tepat dan profesional.

2. Tipe Anak dengan Kepribadian The Fun Loving Child

Seperti namanya anak dengan kepribadian The Fun Loving Child memiliki tipe kepribadian yang sering disebut sebagai kupu-kupu sosial.

Apa itu tipe kepribadian kupu-kupu sosial? Yaitu Anak yang ramah, menunjukkan ekspresi wajah bersemangat, cerewet, ceria, mudah bergaul dan bersosialisasi.

Secara umum anak dengan tipe ini memiliki ciri khas seperti :
  1. Kreatif / imajinatif.
  2. Bersemangat untuk menyenangkan orang lain.
  3. Mungkin punya banyak teman atau sering berganti teman.
  4. Mereka penasaran dan suka mengeksplorasi.
  5. Mereka suka membuat suara, tertawa, dan bermain.
Hal yang harus Anda perhatikan untuk anak tipe ini adalah Jika anak tipe he Fun Loving Child ini dikontrol terlalu banyak, memiliki banyak waktu sendirian, dan memiliki masalah yang terlalu serius, maka anak tipe the Fun Loving Child ini akan memberontak.

Ingat bahwa kebutuhan anak di tipe the Fun Loving Child adalah tipe anak yang suka bersenang-senang dan memiliki hubungan persahabatan yang baik dengan orangtuanya.

Bagaimana cara ajar yang tepat?

Usahakan anak Anda selalu berada di dalam kelompok baik besar maupun kecil dengan banyak teman di sekitarnya, sehingga memungkinkan anak untuk mengekspresikan dirinya.

Seperti, berbicara di depan umum, akting, drama, teater musikal, kemampuan berbahasa, menari, modelling, bernyanyi, bercerita, dan seni bela diri.

3. Tipe Anak dengan Kepribadian The Sensitive Child

Anak dengan  tipe The Sensitive Child biasanya disebut sebagai pembawa damai. Cenderung  tenang, halus, bijaksana, damai dan selaras dengan emosinya.

Anak mengambil segala sesuatu dengan lebih lambat dan biasanya memiliki suara yang lembut. Terkadang tipe ini dianggap pemalu dan terlalu sensitif.

Ciri khas pada anak tipe The Sensitive Child biasanya
  1. Anak-anak tipe dua adalah pencemas; mereka senang mengetahui apa yang diharapkan dalam setiap situasi sehingga mereka dapat bersiap untuk itu.
  2. Pertarungan di rumah sangat membuat mereka jengkel.
  3. Mereka memiliki sikap tenang.
  4. Mereka suka merencanakan dan kadang-kadang bisa memakan waktu lama.
Hal yang harus Anda perhatikan sebagai orangtua adalah Jika dia mulai merengek dan bertingkah, mungkin anak sedang frustasi karena ia tidak merasa didengar.

Atau sedang merasa sesuatu dalam hidupnya terasa terlalu kuat. Sehingga Mama perlu memberikan perhatian lebih sehingga anak dapat belajar bagaimana mengelola perasaannya dengan tepat.

Bagaimana cara ajar yang tepat?

Pastikan anak Anda selalu berada di dalam suasana tenang dan damai. Anak dengan tipe The Sensitive Child akan lebih baik jika berada di dalam kelompok kecil atau bahkan situasi dimana ia sendirian akan membuatnya merasa nyaman.

Kegiatan yang cocok seperti seni melukis, menggambar, mamahat, music biola, piano,gitar, berenang, yoga, balet, mengikuti klub buku, menulis kreatif, dan menjahit akan sangat cocok untuk anak dengan tipe The Sensitive Child.

4. Tipe Anak dengan Kepribadian The Serious Child

Hal yang sangat menonjol dari anak dengan kepribadian The Serious Child biasanya lebih dewasa daripada teman sebayanya.

Mereka cenderung lebih logis, kritis, mandiri, fokus, dan lebih serius. Anak ini biasanya ingin dihormati tetapi dia juga menghormati orang lain. Anak dengan tipe ini cenderung perfeksionis.

Ciri umum anak dengan kepribadian The Seriuos Child diantaranya
  1. Mereka tidak seriang dan selucu anak-anak lainnya.
  2. Mereka bisa menjadi sangat kaku dan tidak fleksibel dalam hal melakukan sesuatu.
  3. Perfeksionis.
  4. Gagasan mereka tentang cara untuk membuat sesuatu yang lebih baik sering muncul sebagai kritik.
  5. Mereka suka mengatur barang mobil mainan, krayon, dan lain sebagainya dalam baris tertentu.
Hal yang harus anda perhatikan sebagai orang tua dengan anak tipe The Seriuos Child adalah Jika anak merasa tidak dihargai atas perilaku perfeksionisnya atau malu tentang sesuatu dalam hidupnya, maka mungkin anak cenderung menunjukkan perilaku negatif.

Bagaimana cara ajar yang tepat?

Anak disarankan untuk mengikuti kegiatan yang dapat membuatnya fokus dan memerlukan interaksi yang sedikit dengan orang lain. Kegiatan yang cocok untuk anak seperti seni bela diri (karate, Jiu Jitsu, silat), memasak, computer (coding), sains, matematika, dan hal yang terkait dengan robot.

Kesimpulan

Kepribadian anak seperti The Determined Child, The Fun Loving Child, The Sensitive Child dan The Serious Child adalah 4 Kepribadian Anak dan Wajib Ketahui Metode Ampuh Pengajarannya. Apapun metode yang Anda terapkan pada anak Anda usahakan jangan memebuat anak tertekan.

Nah, apakah Anda sudah mengenali dengan baik tipe kepribadian anak dan mencoba metode ampuh pengajaran yang tepat untuk anak Anda? Jika belum yuk dikenali lagi dan diterapkan metode ajar yang tepat agar tumbuh kembang anak jadi maksimal.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar