--> Skip to main content
Uncchu

follow us

Corona Menjadi Pandemi, Terapkan 4 Trik Jitu Jaga Kebersihan di Tempat Kerja

Corona Menjadi Pandemi, Terapkan Trik Jitu Jaga Kebersihan di Tempat Kerja - Sejak pemerintahan Indonesia di bawah komando bapak Jokowi mengumumkan kasus pertama WNI terjangkit virus Corona atau lebih dikenal dengan Covid-19. Virus dengan nama cantik Novel Corona Virus (2019-nCoV) langsung merebak menjadi Pandemi di Indonesia.

Terlepas berubahnya status Covid-19 atau di eja dengan Covid Hypen One Nine ini menjadi Pandemi di Indonesia. Maka Pemerintahan dan seluruh pemerintahan daerah langsung memberikan intruksi pencegahan. Meski sedikit berantakan dan terkesan tumpang tindih, Baik dari segi data dan cara penanganan Covid-19. Ada baiknya Anda coba Terapkan Trik Jitu Jaga Kebersihan di Tempat Kerja berikut ini.

Apa Saja Terapkan Trik Jitu Jaga Kebersihan di Tempat Kerja?

Berikut uncchu.com ulas secara singkat untuk Anda yang harus tetap waspada akan penularan Covid-19 ini. Salah satunya dengan Menerapkan Trik Jitu Jaga Kebersihan di Tempat Kerja. Cara ini sudah sesuai dengan apa yang di anjurkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan tentunya di adopsi oleh Menteri Kesehatan Indonesia dan Pemerintahan Indonesia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan status infeksi virus corona (Covid-19) sebagai pandemi pada Rabu (11/3) waktu Jenewa. Pandemi berarti sebuah penyakit menjangkit ke lebih banyak orang di hampir seluruh dunia dalam waktu bersamaan.

Nah Kantor adalah salah satu tempat bersembunyinya virus dan bakteri. Mulai dari celah di keyboard, tombol lift, hingga gagang pintu dan beberapa tempat lain yang tentunya merupakan benda yang sering disentuh banyak orang.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) bersama Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA) mengeluarkan sejumlah rekomendasi untuk menjaga kebersihan diri dan tempat kerja selama pandemi corona.

1. Hindari Penyebaran Covid-19 Dengan Cuci Tangan

Mencuci tangan adalah cara paling mudah dan paling efektif dalam pencegahan penularan Covid-19. Rajin mencuci tangan akan menjadi salah satu cara yang dianjurkan dalam menghambat penyebaran Covid-19.
Anda sangat dianjurkan untuk rajin mencuci tangan sebelum dan setelah makan, setelah memegang gagang pintu, setelah memegang banyak tumpukan kertas, dan setelah dari toilet.

Pastikan mencuci tangan selama kurang lebih 20 detik dengan sabun yang mengandung antiseptik dan air mengalir. Setelah mencuci tangan jangan lupa untuk mengeringkan tangan dengan kain dan tisu steril. (tisu lebih dianjurkan)

2. Hindari Penyebaran Covid-19 dengan Hand Sanitizer

Cara yang kedua ini hanya dianjurkan saat Anda tidak bisa mencuci tangan dengan sabun antiseptik pada air mengalir.

Menggunakan hand sanitizer hanya sebagai alternatif hanya jika sabun tidak ada. Misalnya, saat di tengah rapat, dalam perjalanan atau, keadaan kerja yang tak bisa ditinggalkan.

3. Hindari Penyebaran Covid-19 dengan Membersihkan Telepon Genggam

Telepon Genggan akan menjadi sarang utama penyebaran Covid-19 jika tidak Anda bersihkan secara berkala. Ini dikarenakan Telepon Genggam atau Gawai merupakan benda yang paling sering di sentuh di tempat kerja.

Anda sangat disarankan mengelap telepon pintar dengan tisu basah atau sabun dapat menghilangkan bakteri dan virus. Gosoklah bagian telepon genggam untuk membunuh kuman.

4. Hindari Penyebaran Covid-19 dengan Membersihkan Tempat Kerja

Bersihkan tempat kerja Sebelum memulai kerja. Rutin membersihkan tempat kerja dengan menggunakan desinfektan atau pembersih yang sudah disetujui.

Bersihkan meja, mouse komputer, telepon kantor, dan benda atau permukaan lain. Berikan perhatian ekstra pada benda yang paling sering disentuh.

Cara mendisinfeksi yang benar adalah alat permukaan harus tetap basah dalam jangka waktu 3-5 menit untuk memastikan kuman sudah mati. Hati-hati dalam melakukan ini karena berisiko dalam membahayakan nyama dan keselamatan dalam bekerja.

Bonus Trik Jitu Jaga Kebersihan di Tempat Kerja

5. Hindari Penyebaran Covid-19 dengan Ganti Rutinitas Jabat Tangan

Meski terdengar sedikit aneh karena kebiasaan berjabat tangan bagi Orang Indonesia adalah satu hal yang mengekpresikan kedekatan dan kehangatan sesama rekan kerja.

Tapi walau bagaimanapun hal ini (Berjabat Tangan) terindikasi salah satu cara paling banyak yang menjadi penyebab penyebaran Covid-19.

Ada baiknya Anda ganti rutinitas jabat tangan dengan kolega di tempat kerja dengan cara yang lebih aman. Virus corona bisa berpindah dengan berjabat tangan.

Untuk sementara waktu jangan ragu menolak jabat tangan meski dianggap tidak sopan. Ada banyak cara untuk menyapa dan menyampaikan hormat seperti menyatukan kedua telapak tangan sendiri dan membungkuk.

Kesimpulan

Apapun cara yang dilakukan jika Anda tidak konsisiten melakukannya. Maka resiko Anda tertular Covid-19 akan semakin tinggi. Jadi pada kolom kesimpulan ini Saya menyarankan Anda untuk benar-benar menerapkan Trik jitu jaga kesehatan di tempat kerja untuk pencegahan Anda tertular Covid-19 dan menimalisir penyebarannya.

Jangan sungkan dan tersinggung jika dianggap tidak sopan. Untuk sekarang ini setiap orang akan memahami penolakan dan cara yang Anda lakukan untuk menghindari penyebaran dan tertular Covid-19. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar