Skip to main content
Uncchu

follow us

Rekomendasi Tempat Wisata di Solok yang Wajib Anda Kunjungi

Rekomendasi Tempat Wisata di Solok yang Wajib Anda Kunjungi - Anda lagi butuh liburan? Dan sekarang Anda kebetulan sedang berada di area Solok dan sekitarnya? Area Solok yang Saya maksud adalah dua Solok yaitu Kota Solok dan Kabupaten Solok.

Kanapa hanya dua itu? Secara bahasa yang biasanya di sebut Solok hanya itu saja. Maksud Saya adalah, biasaanya orang yang menyebutkan kata Solok hanya mengenal dua daerah tersebut. Kenapa? Karena Solok selatan memiliki area khusus yang lebih spesifik dalam penyebutan.

Nah untuk kali ini Saya hanya mengulas Rekomendasi Tempat Wisata di Solok yang Wajib Anda Kunjungi. Mungkin dalam beberapa waktu ke depan akan selalu ada update terbaru tempat wisata untuk Anda.

Tentunya dalam update akan selalu ada tempat wisata yang sedang hits untuk mengisi liburan Anda di Solok.

Sayangkan jika Anda sedang berada di Solok justru melewatkan Rekomendasi Tempat Wisata di Solok yang Wajib Anda Kunjungi.

Oke sebelumnya bagi Anda yang belum tahu apa daerah Solok atau malah sering nyasar ke kata Solo di pencarian google.

Ini sedikit gambaran Solok bagi Anda yang baru mendengar kata Solok.


Solok adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Sumatera Barat, yang lokasinya sangat strategis.

Dimana diketahui, Kabupaten ini berada di persimpangan jalan antara Provinsi Lampung, Sumatera Selatan, dan Jambi.

Dulu Solok hanya terbagi akan dua saja. Yaitu Kabupaten Solok dan Solok Kota. Namun setelahnya ada perkembangan dan pemekaran wilayah.

Maka sekarang Anda akan mengenal 3 Solok. Yaitu Solok Kota, Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan. Solok Kota adalah Solok dengan luas wilayah terkecil dari 3 Solok di atas.

Jika dilihat dar perkembangan dan penjelasan di atas. Tidak heran jika sejumlah tempat wisata di Solok ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah.

Nah lalu dimana saja Rekomendasi Tempat Wisata di Solok yang Wajib Anda Kunjungi? Berikut uncchu.com akan ulas untuk Anda yang hobi melakukan perjalanan dan haus tempat baru untuk dikunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Solok yang Wajib Anda Kunjungi


7. Danau Kembar Alahan Panjang


Danau Kembar atau lebih di kenal oleh masyarakat setempat dengan sebutan Danau di Ateh dan Danau di Bawah ini adalah Rekomendasi Tempat Wisata di Solok yang Wajib Anda Kunjungi.


Danau Kembar ini memiliki view yang sangat unik dan sangat memanjakan mata. Panorama alam yang di suguhkan di tempat wisata ini sangat alami dan menarik.


Sehingga sangat Sayang untuk Anda lewatkan jika Anda sedang berada di Solok. Keunikan Danau Kembar ini adalah penyebutan yang unik dari masyrakatnya.

Danau di ateh jika di lihat posisinya dar atas sebenarnya terletak di bawah, edangkan Danau di Bawah sebenarnya berada di posisi atas.

Sebutan ini terjadi karena kountur dan keadaan wilayah yang ada di sekitarnya. Masyarakat setempat melihat kedua Danau dari pemukiman persis seperti yang mereka sebutkan.

Jika Anda penasaran dengan keunikan dan keindahan yang disuguhkan oleh Danau Kembar ini? Anda bisa mengunjunginya di Desa Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

6. Danau Singkarak


Danau Singkarak adalah Danau dengan luas nomor dua di bawah Danau Toba yang ada di Sumatera Utara.

Danau Singkarak menjafi Rekomendasi Tempat Wisata di Solok yang Wajib Anda Kunjungi ketika berada di Solok.

Sekedar info bagi Anda seorang traveller atau backpacker. Danau Singkarak secara administratif, Danau yang memiliki luas kurang lebih 107,8 kilometer persegi.

Uniknya Danau Singkarak masuk ke dalam wilayah hukum dua Kabupaten sekaligus, yakni Kabupaten Solok, dan Kabupaten Tanah Datar di Provinsi Sumatera Barat.

Lanskap Danau Singkarak yang cukup memanjakan mata. Karena di apit oleh perbukitan hijau.

Di Danau Singkarak para wisatawan juga bisa melakukan beberapa kegiatan seru lainnya seperti mengelilingi Danau dengan perahu, camping, memancing, dan lain sebagainya.

Dan hal terpenting adalah Anda bisa berburu makanan khas Danau Singkarak di sini. Langsung dari masyarakat yang tinggal di tepian Danau.

Ada Bada Bilih dari ikan endemik Danau Singkarak yang bisa Anda beli dari pedagang di sekitaran. Atau hanya sekedar mencicipi pensi khas setempat.

5. Air Terjun Sarasah Batimpo


Walaupun lokasinya berada di kawasan hutan, namun Air Terjun Sarasah Batimpo termasuk salah satu air terjun yang mudah dijangkau.

Air terjun Sarasah Batimpo jaraknya hanya kurang lebih 7 kilometer dari pusat Kota Solok. Atau tepatnya berada di kelurahan Laiang, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok.

Tak heran jika Air terjun Sarasah Batimpo masuk dalam Rekomendasi Tempat Wisata di Solok yang Wajib Anda Kunjungi.

4. Puncak Gobah


Jika Anda adalah penikmat hijau dan ketinggian. Maka puncak gobah adalah Rekomendasi Tempat Wisata di Solok yang Wajib Anda Kunjungi.

Di puncak Gobah ini Anda bisa menikmati hijaunya alam sekitar dan indahnya Danau Singkarak dari ketinggian.

Di sini banyak sekali spot foto yang menantang dan terkesan epic jika Anda jeli melihatnya sudutnya.

Biasanya, tempat wisata ini dibuka 24 jam setiap harinya. Lokasinya berada di Nagari Singkarak, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

3. Danau Talang di Gunung Talang


Kabupaten Solok memang ternama dengan banyaknya Danau. Tak heran maskot lima Danau pun mereka sandang di slogan pariwisatanya.

Danau Talang adalah sebuah Danau vulkanik, yang terbentuk dari salah satu kawah Gunung Talang, yaitu salah satu gunung berapi setinggi kurang lebih 2.597 mdpl (meter diatas permukaan air laut di Kabupaten Solok.


Danau talang menawarkan pemAndangan memukau bagi Anda yang sangat suka tempat wisata yang menawarkan keindahan alam.

Tak heran uncchu.com memasukkan Danau Talang dalam Rekomendasi Tempat Wisata di Solok yang Wajib Anda Kunjungi.

2. Kebun Teh Alahan Panjang


Sepertinya tak ada yang tak kenal dengan Kebun Teh Alahan Panjang Rekomendasi Tempat Wisata di Solok yang Wajib Anda Kunjungi selanjutnya.

Kebun teh yang berada diatas ketinggian antara 1.400 - 1.600 mdpl (meter diatas permukaan air laut) ini tidak hanya populer dikalangan para wisatawan lokal saja, tapi juga sering dikunjungi oleh para wisatawan dari luar daerah.

Di sini Anda dapat menikmati hijaunya hamparan teh yang memanjakan mata. Banyak spot foto yang ciamik di sini.

Selain spot foto, Anda juga dapat menikmati kuliner setempat. Ada kolak kundua. Jagung bakar khas daerah dingin ini.

Dan beberapa makanan khas daerah ini lainnya. Seperti sate dan goreng ubi. Sayangnya Anda tidak akan menemukan teh asli dari pabrikan setempat untuk dinikmati.

Konon katanya teh ini memiliki kualitas baik sehingga tak di konsumsi untuk lokal. Anda hanya bisa menikmati teh olahan masyarakat setempat secara tradisional jika tetap ingin menikmati tehnya.

1. Air Terjun Kapalo Banda


Nama asli dari air terjun ini sangat panjang. Ini sesuai dengan penyebutan masyarakat lokal.

Aie Tajun Kapalo BAnda, Koto Hilalang ini berlokasi di Kabupaten Solok.

Tepatnya berada di Nagari Koto Hilalang, Kecamatan Kubung. Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Karena masih sangat asri lokasi air terjun ini cukup tersembunyi di dalam hutan, dan belum cukup mempunyai satupun fasilitas pendukung.

Walaupun begitu, keindahan air terjun yang memiliki nama cukup panjang ini tidak perlu diragukan lagi.

Hal ini sangat wajar, karena kondisi air terjun ini masih sangat alami dan jarang dikunjungi.

Bonus Info Rekomendasi Tempat Wisata di Solok yang Wajib Anda Kunjungi.


8. Pemandian Air Panas Bukik Gadang


Pemandian air panas bukik gadang ini berlokasi di Kaki Gunung Talang, Sungai Janiah ini sangat wajib Anda kunjungi.

Apalagi setelah lelah mengunjungi Rekomendasi Tempat Wisata di Solok yang uncchu.com ulas di atas.

Pemandian Air Panas Bukik Gadang atau dikenal juga dengan aie Angek pincuran tujuah ini sangat rekomen banget untuk Anda melepas lelah.

Air panas yang termasuk sangat panas ini bisa merilekskan pikiran Anda yang lelah. Ada beberapa pilihan panas yang bisa Anda coba.

Yang paling panas adalah bagian atas. Dan di buka 24 jam dengan pengawasan dan syarat yang telah ditetapkan oleh masyarakat setempat. Jadi jangan sekali-kali melanggar aturan yang telah dibuat.

Satu lagi yang harus Anda perhatikan di sini adalah airnya. Anda disarankan untuk meraba-raba dulu tingkat kepanasan airnya.

Jangan asal langsung nyemplung ke dalam kolam yang di sediakan. Karena air di Pemandian Air Panas Bukik Gadang ini sangat panas.

Di sini juga di sediakan beberapa spot cantik dan kuliner khas tempat Pemandian air panas. Jika Anda mau,  Anda bisa merebus telur langsung dan akan matang saat Anda selesai mandi.

Kesimpulan Rekomendasi Tempat Wisata di Solok yang Wajib Anda Kunjungi


Dari tujuh plus 1 bonus Rekomendasi Tempat Wisata di Solok yang Wajib Anda Kunjungi di atas. Anda bisa mengunjungi semuanya atau salah satunya.

Dan hal yang terpenting adalah bagaimana Anda tetap bersikap arif di tempat wisata. Ada baiknya Anda tidak mengotori atau membuang sampah sembarang di area wisata.

Bagaimanapun Rekomendasi Tempat Wisata di Solok yang Wajib Anda Kunjungi di atas adalah    beberapa pilihan dari banyaknya tempat wisata yang ada di Solok.

Tulisan atau artikel yang berjudul Rekomendasi Tempat Wisata di Solok yang Wajib Anda Kunjungi akan segera dan selalu di update jika ada tempat baru yang wajib untuk Anda kunjungi.

Akhir Kata

Terimakasih kasih telah membaca artikel Rekomendasi Tempat Wisata di Solok yang Wajib Anda Kunjungi. Jangan lupa share untuk mendukung uncchu.com.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar