Skip to main content
Uncchu

follow us

Kentang dan 6 Manfaatnya Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui

Kentang dan 6 Manfaatnya Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui - Sebagai orang Indonesia mungkin Anda sangat kenal dengan tumbuhan yang bernama Kentang ini.

Usut punya usut Kentang pernah menjadi makanan pokok di berbagai daerah di Indonesia. Menggantikan beras yang pada waktu itu sulit didapatkan.

Kentang dengan nama latin Solanum tuberosum L merupakan tanaman suku Solanaceae yang memiliki ciri khas berbuah umbi pada bagaian bawah.

Umbi bagian batang Kentang biasanya di konsumsi untuk bahan olahan populer seperti stik Kentang dan jenis makanan lainya.

Seperti yang diketahui Kentang menjadi salah satu sumber karbohidrat yang cukup murah dan digemari oleh masyarakat Indonesia.

Pemilik nama latin Solanum tuberosum ini tergolong mudah untuk diolah dan dikreasikan jadi berbagai menu pembuka utama, maupun penutup.

Selain lezat dan tergolong mudah untuk didapatkan. Kentang memiliki 6 Manfaat Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui.

Nah apa saja Manfaat Kentang Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui? Berikut ulasannya dari uncchu.com untuk Anda.

Berbagai manfaat Kentang yang bisa Anda dapatkan


6. Kentang Bantu Kendalikan Gula Darah


Beberapa mitos yang menyebar di masyarakat adalah bahwa Kentang sangat tidak baik bagi penderita diabetes.

Namun sesungguhnya adalah sebaliknya. Kentang dapat membantu mengendalikan gula darah.

Secara normal dan tidka berlebihan sumber karbohidrat satu ini sangat baik dan cukup aman bagi penderita diabetes.

Seperti diketahui Kentang mengandung banyak pati yang dikenal dengan sebutan pati resisten. Pati resisten ini tidak bisa diserap seutuhnya oleh tubuh.

Ketika pati resisten masuk ke dalam usus besar, pati ini akan menjadi sumber nutrisi untuk bakteri baik yang ada dalam usus.

Dalam beberapa penelitian menyatakan bahwa pati resisten dapat membantu kerja hormon pengendali gula darah insulin, menjadi lebih optimal.

Selain itu pada sebuah penelitian dalam Medicine (Baltimore) 2015 yang dilakukan pada orang yang mengalami diabetes tipe dua.

Dalam penelitian ini juga menunjukan bahwa setelah mengonsumsi makanan dengan pati resisten, gula darah terbukti lebih stabil.

Uniknya Anda bisa meningkatkan kandungan pati resisten Kentang dengan menyimpan Kentang rebus di dalam lemari es semalaman lalu dimakan selagi dingin.

5. Kentang Mengandung Antioksidan


Hal yang terpenting dari Kentang adalah antioksidan yang dikandung dalam umbinya. Kentang sangat kaya akan senyawa flavonoid, karetonoid, dan asam fenolik.


Senyawa-senyawa itu berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh yang akan mencegah radikal bebas muncul yang biasanya merusak sel tubuh.

Seperti diketahi bersama kumpulan radikal menjadi penyebab utama dan menjadi faktor utama meningkatnya resiko penyakit kronis.

Seperti penyakit jantung, diabetes dan kanker. Bahkan dalam penelitian Nutrition and Cancer tahun 2011 menunjukan bahwa antioksidan dalam Kentang dapat menekan pertumbuhan sel kanker hati dan usus besar.

Nah tidak ada salahnya jika Anda mengkomsumsi Kentang sebagai alternatif murah mencegah penyakit berbahaya seperti yang di sebutkan di atas.

4. Kentang Bebas Gluten


Gluten adalah jenis protein yang ditemukan dalam biji-bijian, seperti biji gandum. Bagi orang yang mengalami masalah dalam mengolah gluten seperti penyakit celiac, Kentang bisa dijadikan pilihan tepat. Karena Kandungan zat dalam Kentang juga bebas gluten.

Namun ada yang harus Anda perhatikan adalah tidak semua resep atau olahan makanan dari Kentang bebas gluten. Beberapa hidangan Kentang seperti dalam saus, atau roti Kentang mengandung gluten.

Jika Anda adalah orang yang memiliki penyakit celiac atau sensitivitas gluten, pastikan untuk membaca dengan teliti menu yang di hidangkan di restoran. Apakah benar-benar bebas gluten.

3. Kentang Baik untuk Pencernaan


Kandungan pati resisten yang ada pada makanan Kentang atau umbi Kentang. Ternyata sangat baik untuk pencernaan.

Jadi saat masuk ke dalam usus, pati resisten ini akan dimakan oleh bakteri baik. Kemudian, bakteri baik tersebut akan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek.

Nah, asam lemak rantai pendek inilah yang punya segudang manfaat bagi kesehatan. Hal ini mengurangi risiko peradangan di usus besar.

Hal ini juga memperkuat pertahanan usus besar, dan mengurangi risiko kanker kolorektal (kanker usus besar).

Selain itu asam lemak rantai dari pati resisten ini juga sangat penting untuk membantu orang yang sedang mengalami infeksi usus, seperti penyakit Crohn, atau divertikulitis.

2. Kentang dapat Menjaga kesehatan sistem saraf dan fungsi otak


Di dalam umbi Kentang ada vitamin B6. Vitamin B6 dalam Kentang sangat penting untuk menjaga kesehatan neuron atau saraf.

Vitamin B6 membantu menciptakan bahan kimia otak yakni, termasuk serotonin, dopamin, dan noreprinefrin.

Ini berarti, makan Kentang dapat membantu mengatasi depresi atau stres. Selain itu, kalium dalam Kentang yang bisa mendorong pelebaran pembuluh darah juga membantu memastikan otak cukup mendapatkan darah.

1. Menjaga kesehatan jantung


Jika Anda adalah orang dengan resiko memiliki penyakit jantung. Maka Kentang sangat di anjurkan untuk Anda konsumsi.

Karotenoid dalam Kentang membantu menjaga fungsi jantung dengan baik. Vitamin C dan B6 juga membantu mengurangi radikal bebas pada sel jantung dan sel-sel tubuh lainnya.

Vitamin B6 juga memiliki peranan penting dalam proses di dalam tubuh bernama proses metilasi. Proses ini salah satu fungsinya mengubah homosistein, molekul yang berbahaya menjadi metionin, struktur komponen baru dalam protein.

Terlalu banyak homosistein dapat merusak dinding pembuluh darah dan kadarnya yang semakin tinggi memiliki kaitan terjadinya peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Bonus Info Kentang dan 6 Manfaatnya Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui


7. Kentang bantu Menjaga Tekanan Darah


Seperti yang didapat dari laman Live Science, Kentang merupakan sumber kalium yang baik, bahkan jumlahnya lebih banyak ketimbang buah pisang. Maka Manfaat Kentang yang penting lainnya adalah membantu menstabilkan tekanan darah.

Kalium adalah mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara merangsang pembuluh darah untuk melebarkan ukurannya. Selain itu, Kentang juga mengandung kalsium dan magnesium, yang juga berperan dalam mengendalikan tekanan darah normal.

Institute for Food Research telah menemukan bahwa Kentang mengandung bahan kimia yang disebut kukoamines, yang berhubungan juga untuk menurunkan tekanan darah.

Kesimpulan


Nah itulah Kentang dan 6 Manfaatnya Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui. Semoga apa yang Anda usahakan untuk menjaga kesehatan akan membuahkan hasil.

Termasuk dalam memahami artikel tentang Kentang dari Kentang dan 6 Manfaatnya Bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui. Jangan lupa untuk berbagi ya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar