Skip to main content
Uncchu

follow us

9 Cara Mengatasi Rasa Terbebani Oleh Pekerjaan Yang Wajib Kamu Ketahui

9 Cara Mengatasi Rasa Terbebani Oleh Pekerjaan Yang Wajib Kamu Ketahui - Pekerjaan yang menumpuk, Deadline yang mendesak bisa menjadi masalah dan beban tersendiri bagi yang bersangkutan.

Kadang pekerjaan bagi seorang karyawan bisa saja menjadi beban. Berbagai alasan dan masalah yang timbul jadi beban.

Kadang efek dari pekerjaan yang telah menjadi beban adalah sangat tidak baik. Sebut saja timbulnya sikap menunda-nunda, mengeluh, stres dan tidak semangat sama sekali setiap memulai pekerjaan.

Ujungnya tanggung jawab dan pekerjaan yang sedang diemban malah menumpuk. Tidak selesai dengan baik. Atau paling parahnya tidak selesai-selesai sesuai deadline yang telah disepakati. Ngeri bukan?

Jika dibiarkan terus-menerus akan membawa dampak pada karir dan keuangan serta masa depan.

Nah jika Anda dalam kondisi merasa pekerjaan adalah sebuah beban. Ada baiknya Anda segera melakukan perubahan. Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi Perasaan seperti itu?


Berikut 10 Cara ampuh yang bisa Anda terapkan. Agar pekerjaan yang sedang Anda kerjaan tidak menjadi beban dan menyiksa.

1. Ingat kembali poin goal karir Anda


Cobalah untuk kembali mengingat point goal karir Anda disaat semua pekerjaan terasa sangat menyiksa dan menjadi beban.

Dengan mengingat poin goal karir Anda, maka pekerjaan yang telah menjadi beban akan terasa ringan. Berapapun beratnya beban pekerjaan Anda saat ini.

Anggaplah pekerjaan-pekerjaan yang sedang Anda hadapi sekarang sebagai tangga untuk meraih sasaran tersebut atau meningkatkan daya saing Anda.

Tentu saja Semakin baik Anda dalam mengelola dan menyelesaikan pekerjaan tersebut, sasaran Anda akan semakin cepat tergapai. Yakinlah itu.

2. Bersyukur bahwa Anda mendapatkan pekerjaan


Bersyukur adalah cara terbaik agar Anda tidak merasa terbebani oleh pekerjaan. Menerima apa yang telah Anda dapatkan akan membuat Anda mengerti bahwa apa yang Anda anggap beban hari ini adalah nikmat yang tentu tidak semua orang dapatkan.

Nah, karena Anda sekarang sudah menjadi karyawan, bersykurlah Anda mendapatkan pekerjaan karena masih banyak orang yang masih mencari pekerjaan. Banyak yang telah menghabiskan waktu dan biaya yang tak sedikit untuk mendapatkan pekerjaan.

Dengan bersyukur, pikiran Anda akan memberikan getaran positif sehingga Anda dapat menghadapai dan mengerjakan pekerjaan dengan nyaman dan tanpa beban lagi.

3. Jangan Lupa Berdoa Sebelum Bekerja


Setelah Anda membiasakan diri dengan bersyukur. Menyukuri apa yang Anda peroleh, Maka jangan lupa untuk berdoa. Karena rasa syukur tanpa doa tidak akan memberikan efek apa-apa.

Dengan banyaknya Anda berdoa sebelum, saat dan sesuadah bekerja akan membantu Anda dalam menyelesaikan tugas dan perkerjaan yang terasa sudah menjadi beban.

Dengan selalu berdoa setiap memulai pekerjaan Anda akan membiasakan menyiram mood dan semangat Anda dengan sesuatu yang positif. Sesuatu yang positif yang bersumber dari diri Anda sendiri.


4. Ubah paradigma


Jika selama ini Anda beranggapan bahwa Anda adalah buruh atau pekerja keras. Maka ubahlah paradigma tersebut pada diri Anda. Bahwa ada adlah seorang karyawan atau seorang yang bekarya.

Mengubah paradigma sangat membantu Anda untuk bisa menyelesaikan pekerjaan secara cepat dan bertanggung jawab. Dengan mengubah paradigma Anda bisa meyakinkan diri Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dan berkarya demi kebaikan Anda dan perusahaan.

Semakin banyak Anda menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda, semakin besar karya Anda. Semakin banyak karya Anda yang bisa dinikmati perusahaan maka Anda akan semakin baik secar skill di depan mereka.

Bila sudah demikian, bukan tidak mungkin karya gemilang Anda tersebut membawa Anda ke puncak karier Anda dalam sebuah perusahaan yang mengangkat Anda. Mereka akan merasa sangat membutuhkan Anda karena karya Anda.

5. Selesaikan pekerjaan sebelum deadline


Pertanyaannya adalah bagaimana Anda bisa menyelesaikan sebuah pekerjaan yang menjadi beban bag Anda? Semakin cepat Anda menyelesaikan pekerjaan tersebut jauh sebelum deadlinenya.

Maka secara pasti Anda akan segera dan makin cepat terlepas dari beban yang menggangu pikiran Anda. Semakin cepat Anda menyelesaikannya semakin cepat Anda punya waktu untuk memikirkan hal lain selain yang membebani Anda.

Jika dalam deadline sebuah pekerjaan selesai dalam 3 hari maka cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan itu dalam satu hari saja. Maka Anda akan punya peluang 2 hari untuk membuat pikiran Anda tenang dari beban pekerjaan.

Dengan menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin, Anda akan terhindar dari sikap menunda-nunda. Selain itu, Anda akan memiliki waktu yang longgar untuk mengerjakan pekerjaan yang lain.

6. Lakukan yang terbaik


Semudah atau seberat apa pun pekerjaan Anda, lakukan yang terbaik. Sebagai contoh, Anda diminta laporan penjualan bulan lalu oleh atasan Anda.

Buatlah laporan tersebut dengan menyertakan grafik penjualan harian, perbandingan dengan data penjualan bulan lalu, atau tren penjualan dalam 3 bulan terakhir.

Dengan melakukan yang terbaik, Anda akan mendapatkan respon yang baik juga. Mengapa? Karena Hukum Ketertarikan (law of attraction) bekerja pada Anda.

7. Kerjakan pekerjaan paling sulit terlebih dahulu


Setiap hari kerja Anda tentu mendapat beberapa pekerjaan, baik yang mudah atau yang sulit. Agar tidak menjadi stres, kerjakan terlebih dahulu pekerjaan yang paling sulit.

Mengapa? Karena dengan mengerjakan pekerjaan jenis itu, suasana hati (mood) Anda akan baik. Dampaknya, Anda akan terus bersemangat menyelesaikan pekerjaan harian Anda.

Pekerjaan sulit saja bisa diselesaikan, apalagi yang mudah? Pertanyaan tersebut mungkin ada di benak Anda sebagai motivasi internal.

9. Bayangkan keluarga Anda


Anda bisa memajang foto keluarga Anda di meja kerja Anda. Jika Anda mulai merasa terbebani oleh pekerjaan adaa baiknya Anda tatap sedikit foto tersebut.

Anda pandangi sejenak, merekalah salah satu penyebab bahwa Anda harus sehat dan terus bekerja. Jagalah mereka dengan sikap selalu bertanggung jawab dengan pekerjaan.

Jika Anda tidak merasa terbebani oleh pekerjaan. Maka secara positif Anda juga tidak akan merasa membebani mereka dengan sikap Anda.

Memandang foto mereka yang Anda sayangi dapat menjadi mood booster bagi jiwa Anda yang lelah karena merasa terbebani oleh pekerjaan.

Bonus 9 Cara Mengatasi Rasa Terbebani Oleh Pekerjaan Yang Wajib Kamu Ketahui

10. Bekerja dengan ikhlas

Bekerjalah dengan ikhlas sehingga yang Anda lakukan menjadi ibadah bagi Anda. Keikhlasan ini akan membuat Anda terus bersemangat karena getaran positif memenuhi pikiran Anda.

Semakin Ikhlas Anda melakukan sesuatu maka semakin baik hasil pekerjaan Anda. Karena secara langsung maupun tak langsung maka ini memberikan efek bagus bagi Anda yang merasa lelah dan terbebani.

Penutup 9 Cara Mengatasi Rasa Terbebani Oleh Pekerjaan Yang Wajib Kamu Ketahui


Nah demikianlah 9 Cara Mengatasi Rasa Terbebani Oleh Pekerjaan Yang Wajib Kamu Ketahui. Sejatinya semua pekerjaan akan menjadi beban bila tidak dikelola dengan pikiran positif. Pikiran ini akan muncul bila Anda menerapkan satu atau beberapa tips yang telah saya bahas di atas.

Semakin Anda memiliki pikiran positif maka semakin baik Anda dalam menyelesaikan pekerjaan Anda. Semakin Anda Ikhlas dalam pekerjaan maka semakin ada energi baik menjalar di diri Anda.

Semoga 9 Cara Mengatasi Rasa Terbebani Oleh Pekerjaan Yang Wajib Kamu Ketahui ini bermanfaat bagi Anda yang merasa terbebani oleh pekerjaan yang saat ini Anda lakoni. Ingat, jika Anda terus terbebani maka akan ada masa depan yang baik yang akan Anda rusak dengan pikiran negatif tersebut.

Selamat mencoba 9 Cara Mengatasi Rasa Terbebani Oleh Pekerjaan di atas. Jangan lupa untuk selalu share dan omentar di bawah postingan ini ya. Ada beberapa artikel lain yang bisa menambah wawasan Anda dalam dunia kerja, Apa saja? Berikut saya buat listnya di bawah untuk Anda.

1. Hak Karyawan yang Harus Kamu Ketahui
2. Alasan lembur yang biasa terjadi di Sebuah Perusahaan

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar