Skip to main content
Uncchu

follow us

10 Cara Usir Jenuh di Tempat Kerja yang Wajib Kamu Coba

10 Cara Usir Jenuh di Tempat Kerja yang Wajib Kamu Coba - Setiap orang pasti memiliki saat dimana rasa jenuh di tempat kerja berada di titik klimaks.

Berbagai upaya dan daya telah dikerahkan untuk mengurangi rasa jenuh itunhadir di pikiran. Namun titik klimaks jenuh ini telah meraja di kepala.

Imbasnya semua akan serba salah, sedikit saja ada yang tidak tepat yang diperbuat oleh rekan kerja. Anda langsung naik pitam dan marah-marah.

Nah jika gejala di atas mulai mendekati Anda. Ada baiknya Anda mulai memikirkan solusinya. Supaya ke depannya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tak bisa dipungkiri, menjalankan pekerjaan yang sama setiap hari seringkali membuat pikiran jenuh. Apalagi jika tugas-tugasnya udah menumpuk, terikat deadline, hingga menyebabkan tak ada waktu bersantai. Duh, rasanya pasti stres bukan?

Nah saat Anda sudah mulai memiliki rasa yang salah seperti yang disebutkan tadi. Percayalah bahwa tidak hanya Anda yang mengalami hal seperti itu. Ya, jenuh dalam bekerja adalah sesuatu yang wajar.

Namun hal yang pasti adalah jangan pernah mengeluh. Jika sebelumnya uncchu.com telah membahas 9 Cara Mengatasi Rasa Terbebani Oleh Pekerjaan Yang Wajib Kamu Ketahui.

Kini saatnya untuk membahas 10 Cara Usir Jenuh di Tempat Kerja yang Wajib Kamu Coba. Karena kedua cara yang dibeberkan dalam 2 artikel tersebut saling melengkapi. Anda disarankan untuk membaca kedua artikel tersebut dengan baik.

Jika digali lebih dalam sebenarnya rasa jenuh itu bisa diatasi dengan mudah, kok! Nah apa saja 10 Cara Usir Jenuh di Tempat Kerja yang Wajib Kamu Coba? Berikut ulasannya spesial untuk Anda.

1. Cari Tahu Penyebab Kejenuhan Anda

Hal pertama yang bisa anda coba untuk usir jenuh di tempat kerja adalah Cari tahu penyebab kejenuhan Anda.

Karena munculnya kejenuhan saat bekerja pasti ada penyebabnya. Coba Anda identifikasi penyebab dari rasa jenuh tersebut secara spesifik. Anda pasti bisa menemukannya di sekeliling Anda.

Apakah rasa jenuh itu dikarenakan pekerjaan yang terlalu banyak? Tugas menumpuk? Deadline terlalu singkat? Rekan kerja yang tidak baik? Gaji yang tidak sesuai? Suasana di kantor yang buruk? Atau hal lain?

Dengan mengetahui penyebab dari kejenuhan itu, Anda bisa menemukan solusinya dengan mudah. Misalnya saja, Anda merasa pekerjaan terlalu berat, coba deh berkonsultasi dengan manager Anda. Ya, siapa tahu dia bisa membantu mengatasi permasalahan Anda.

2. Lakukan Rileksasi Sejenak

Terlalu fokus pada pekerjaan karena deadline yang mendesak membuat anda lupa untuk rehat dan melakukan rileksasi sejenak.

Padahal untuk kesehatan baik mood dan kesehatan tubuh. Anda diwajibkan untuk melakukan rileksasi. Nah oleh karena tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu sejenak.

Tarik nafas dan rileksasi sebentar membantu anda untuk tetap fokus melanjutkan pekerjaan berikutnya.

Anda bisa melakukan strecthing atau peregangan dengan memijat trlapak kaki dan trlapak tangan Anda. Di dua tempat itu diyakini bersemanyam banyak titik yang bisa anda pijit dan memberikan kenyamanan pada organ lain.

Atau ketika Anda mulai lelah, luangkan waktu untuk rehat sejenak. Tak perlu lama, minimal 30 menit saja. Pergilah ke luar, duduk di taman dan hirup udara segar.

Hal yang terpenting adalah Jangan lupa minum air putih dan makanlah sesuatu. Dengan begitu semangat Anda bisa tumbuh kembali.

3. Ubah Suasana Kerja dan Ruang Kerja Anda

Mungkin untuk beberapa jenis pekerjaan ini adalah hal yang sulit untuk Anda lakukan. Namun tidak ada yang tidak mungkin untuk dilakukan.

Jika Anda tidak bisa merubah tempat atau ruang kerja. Anda cukup merubah suasananya.  Misalnya Anda merubah beberapa letak benda yang biasa bertengger di meja kerja Anda.

Anda bisa merapikan kotak file yang ada di meja kerja Anda. Atau menyingkirkan barang-barang yang mungkin tidak dibutuhkan lagi.

Dengan begitu akan ada kesan lapang di meja atau ruang kerja Anda. Semakin lapang maka anda semakin leluasa berekpresi dan bereksperimen di meja kerja anda sendiri.

Nah dengan sendirinya rasa jenuh itu akan pergi dari pikiran Anda. Anda akan bersemangat lagi menyelesaikan pekerjaan Anda dengan hasil terbaik.

Apabila tempat kerja Anda sudah jadi lebih menarik, dijamin deh mood Anda dalam bekerja pasti bakal meningkat nah di sini produktifitas anda kembali ter booster ke level terbaik. .

4. Lakukan Sesuatu yang Menyenangkan Saat Bekerja

Yups cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja selanjutnya yang wajib anda coba adalah dengan mencoba melakukan aktivitas yang menyenangkan di tempat kerja.

Sebut saja, Anda adalah tipe yang suka ditemani musik saat melakukan pekerjaan. Tidak ada salahnya anda mencoba mendengarkan musik tersebut di saat bekerja.

Atau Anda adalah tipe pekerja yang suka ngemil. Maka menyediakan makanan menjadi solusi yang tepat untuk mengusir rasa jenuh Anda. Tapi ingat pilihlah makanan yang sehat dan rendah kalori dan gula.

Memilih buah-buahan sebagai cemilan saat bekerja adalah hal yang disarankan. Buah-buahan terbukti bisa menjadi mood booster dan tentu saja bisa mengusir rasa jenuh Anda bukan?

5. Jangan Ambil Lembur, Manfaatkan Akhir Pekan Untuk Santai

Jika tidak mendesak dan tidak terlalu deadline. Ada baiknya Anda tidak mengambil lembur di akhir pekan.

Manfaatkan akhir pekan untuk bersantai. Bercengkrama dan berkumpul dengan orang yang di sayang dapat mengurangi tingkat stres akibat pekerjaan. Jangan biarkan Alasan lembur yang biasa terjadi di perusahaan mengikat Anda sementara waktu.

Bertemu dengan keluarga adalah salah satu cara terbaik dari 10 cara mengatasi jenuh di tempat kerja. Cara ini adalah cara yang paling efektif daripada cara yang lain. Tidak percaya? Coba saja.

6. Pupuk Pikiran Positif Anda

Cara menghilangkan kejenuhan di tempat kerja yang wajib anda coba adalah memupuk pikiran positif Anda.

Dengan tetap berpikiran positif membuat anda terus termotivasi dalam bekerja. Cobalah untuk menghadapi pekerjaan dengan santai dan jangan menjadikan pekerjaan beban bagi Anda.

Karena bagaimanapun juga, Anda harus bersyukur dengan posisi Anda saat ini. Sebab diluar sana masih banyak orang yang nganggur nyari kerja tapi gak dapet-dapet. Anda sudah dapat dan bersyukurlah.

Coba pahami itu. Pahami bahwa Anda adalah orang yang beruntung. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa terlalu terbebani dengan sendirinya rasa jenuh itu hilang dari pikiran Anda

7. Terbuka dan Berceritalah dengan Kolega

Terbuka dan bercerita dengan kolega menjadi pilihan selanjutnya untuk mengusir rasa jenuh di tempat kerja yang patut Nada coba.

Ketika pikiran terasa penat dan jenuh dalam bekerja, coba deh sesekali ngobrol dengan kolega Anda di kantor. Anda bisa sharing dengan mereka tentang bagaimana cara mengatasi kejenuhan atau tentang masalah lainnya.

Kumpul dan bercanda bersama rekan-rekan kerja itu penting lho! Selain melatih jiwa bersosialisasi Anda, juga bikin pikiran rileks. Ini lebih baik daripada Anda hanya fokus di depan layar komputer saja.

8. Nikmati Pekerjaan Anda, Jangan Jadikan Beban

Menikmati pekerjaan Anda dan jangan menganggapnya beban adalah hal yang wajib Anda coba untuk mengusir rasa jenuh di tempat kerja.

Jika Anda menjalani pekerjaan hanya karena kewajiban tanpa didasari keikhlasan di hati, maka efeknya Anda jadi merasa berat melakukan pekerjaan tersebut.

Seolah-olah pekerjaan itu adalah beban yang harus Anda tanggung. Tentunya perasaan tersebut tidak baik bagi Anda. Baik itu bagi jiwa maupun raga Anda.

Jika Anda menganggap pekerjaan sebagai beban, bisa-bisa Anda mudah mengalami kejenuhan dan stres. Sebaliknya, bila Anda menjalani pekerjaan dengan santai maka rasa penat juga bisa diminimalisasi.

Segala masalah yang muncul di perkejaan Anda, seperti tugas yang menumpuk, sebaiknya Anda nikmati saja. Anggaplah sebuah bagian untuk mencapai kesuksesan. Sebab sukses itu enggak bisa didapatkan tanpa pengorbanan.

Jika Anda merasa tidak kuat dengan beban pekerjaan Anda. Ada baiknya Anda mempelajari 9 Cara Mengatasi Rasa Terbebani Oleh Pekerjaan Yang Wajib Kamu Ketahui.

9. Ingat Tujuan dan Rencana Masa Depan

Mengingat rencana dan tujuan masa depan Anda dalam memulai sebuah karir mungkin dapat menyadarkan Anda bahwa rasa jenuh ini hanyalah kerikil kecil diperjalanan kehidupan Anda.

Anda harus mengingat kembali Untuk apa Anda bekerja? Apakah untuk membeli rumah? Mengajak orang tua umroh? Nabung buat menikah? Atau lainnya?

Jika semua tujuan dan rencana masa depan itu  kembali Anda ingat. Maka dengan sendirinya anda akan mendapatkan energi positif untuk mengalahkan rasa jenuh yang ada. Anda akan termotivasi kembali bukan?

10. Beristirahatlah, Tidur dan Waktu Istirahat Itu Sangat Penting

Cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja selanjutnya dengan menjaga jam tidur malam. Usahakan Anda jangan terlalu sering begadang sekalipun untuk urusan kerja.

Sebab kebiasaan itu sangat tidak baik bagi kesehatan Anda. Jika Anda susah tidur maka berdoalah sesuai kepercayaan Anda masing-masing. Membaca Kitab menjelang tidur akan membantu Anda tidur dwngan baik.

Semakin baik tidur dan durasi tidur anda. Maka akan semakin baik kualitas tidur Anda. Tidur yang berkualitas maka akan membuat hidup Anda berkualitas.

Semakin berkualitas Anda maka semakin hebat Anda dalam menetralisir rasa jenuh di tempat kerja.

Bonus Tips 10 Cara Usir Jenuh di Tempat Kerja yang Wajib Kamu Coba

11. Jika Perlu, Anda bisa Cari Pekerjaan Lain Sesuai Passion


Jika memang Anda sudah tidak kuat lagi menanggung beban di pekerjaan Anda, maka tak ada salahnya mempertimbangkan untuk resign dan mencari tempat keja baru yang sesuai dengan passion Anda.

Bekerja di tempat dimana passion Anda juga berada dalam satu jalur. Akan membuat anda betah dan selalu bahagia melaluinya. Bonus dari 10 Cara Usir Jenuh di Tempat Kerja yang Wajib Kamu Coba ini adalah pilihan terakhir yang harus kamu pertimbangkan.

Hal ini bisa Anda pertimbangkan dengan sangat matang bila pekerjaan sekarang terlalu berat bagi Anda. Mungkin karena gajinya enggak layak, lingkungannya tidak sehat, atau pekerjaan itu enggak sesuai passion Anda.

Anda bisa mengikuti kata hati Anda. Mintalah pendapat dari keluarga juga. Jika memang niat Anda sudah bulat maka lakukan saja! Jangan ragu. Yakinlah bahwa Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Penutup 10 Cara Usir Jenuh di Tempat Kerja yang Wajib Kamu Coba

Apapun jenis pekerjaan yang Anda lakoni sekarang. Rasa jenuh pasti akan datang menghampiri. Tak peduli umur dan sepositif apa pikiran Anda.

Jika rasa jenuh datang maka ada baiknya Anda menerapkan 10 Cara Usir Jenuh di Tempat Kerja yang Wajib Kamu Coba. Mudah-mudahan dengan membaca, memahami dan mengaplikasikan cara-cara ini. Anda bisa mengumpulkan kembali semangat dan motivasi Anda yang buyar karena rasa jenuh.

Kembali lagi, ingat semua goal yang anda telah rencanakan. Jangan terburu-buru  dalam mengambil keputusan. Saudara, keluarga dan orang tersayang adalah orang yang untuk anda bercerita tentang rasa jenuh Anda alami. Jadi jangan pernah lupakan mereka.

Terimakasih telah menerapkan 10 Cara Usir Jenuh di Tempat Kerja yang Wajib Kamu Coba. Semoga hasilnya adalah yang terbaik bagi Anda. Jangan lupa share dan terimakasih telah berkunjung ke uncchu.com. Jangan lupa Saya akan selalu menunggu kunjungan Anda berikutnya.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar