Skip to main content
Uncchu

follow us

Tips Ampuh Agar Nyaman di Hari Pertama Kerja Untuk Seorang Introvert

Tips Ampuh Agar Nyaman di Hari Pertama Kerja Untuk Seorang Introvert - Menjadi Introvert memanglah sangat tidak enak bahkan bagi orang yang memiliki sifat introvert tersebut. Seperti yang diketahui Introvert memiliki ciri khas yang sangat unik. Introvert memiliki sedikit keterbatasan dalam menjalin hubungan sosial dengan orang baru.

Nah sebelum membahas tentang Tips Ampuh untuk Anda di hari pertama bagi Anda seorang Introvert. Ada baiknya Anda kenali dulu apa itu Introvert? Asal usul kata Introvert dan beberapa ciri khas dari seorang introvert.

Untuk mengetahui tentang Asal usul kata introvert, Apa itu Introvert dan ciri unik dan khas dari seorang introvert. Silahkan Anda simak penjelasan mendalam tentang Introvert di bawah ini.

Apa itu Kepribadian Introvert?

Berdasarkan informasi dari dunia kesehatan, Kepribadian intovert atau dengan kata lain introversion adalah satu dari tiga macam tipe penggolongan kepribadian. Selain Kepribadian Introvert ada 2 Kepribadian seperti Kepribadian Ambivert dan kepribadian Ekstrovert.

Secara bahasa Introversion atau introvert adalah mereka yang cenderung fokus pada pikiran, perasaan dan mood yang bersumber dari dalam diri sendiri jika dibandingkan dengan mencari stimulasi atau rangsangan dari luar.

Asal-usul kepribadian introvert

Carl Jung adalah orang pertama yang memperkenalkan kata Introvert ini, Orang dengan kepribadian introvert secara umum terlihat lebih senang menyendiri. Tidak seperti kepribadian lainnya yaitu ekstrovert yang senang dan mendapatkan energi dari interaksi sosial, seorang introvert justru merasa harus mengeluarkan banyak energi saat harus bersosialisasi.

Kepribadian Introvert yang sering atau memilih untuk menyendiri ini kadang sering disalah artikan. sebagai pendiam, pemalu, dan penyendiri, sebenarnya seorang introversi bukan jenis orang yang selalu menutup diri dari dunia luar. Lalu apa saja ciri-ciri dari seorang introvert ini? Yuk simak bonus info di bawah ini.

Ciri-ciri Kepribadian Introvert

Ciri-ciri Umum orang dengan kepribadian introvert

  • Merupakan pengamat yang baik dan cenderung mempelajari situasi sekitarnya melalui pengamatan terlebih dahulu.
  • Lebih mudah bersosialisasi jika bersama dengan orang yang sudah mereka kenal baik.
  • Jika Anda termasuk dalam kategori kepribadian ini, maka besar kemungkinannya Anda akan sering
  • Introvert adalah kepribadian yang cenderung menyimpan perasaan sendiri.
  • Terlihat pendiam atau menarik diri ketika berada di tengah-tengah sekumpulan orang yang tidak mereka kenal baik.
  • Sangat sadar diri dan memikirkan segala sesuatu sebelum bertindak.
  • menyadari atau lebih suka berdiam diri ketika berada di tengah banyak orang, terlebih lagi jika orang-orang di sekeliling Anda adalah orang yang belum dikenal.
  • Beberapa ciri lain yang kemungkinan masuk dalam kategori introvert adalah:
  • Cenderung menghindari kontak mata dengan orang lain
  • Lebih sering melakukan self talking atau berbicara pada diri sendiri

Biasanya orang dengan kepribadian introvert ini butuh waktu untuk sendiri untuk mencerna kejadian-kejadian baru yang dialaminya. Hindari juga memaksa orang introvert untuk bersosialisasi, terutama jika berada di lingkungan baru. Biarkan orang dengan kepribadian introvert ini mengamati dulu sejenak sebelum ikut bergabung dengan orang-orang baru dilingkungan barunya.

Kelemahan orang dengan kepribadian Introvert

Kelemahan seorang dengan kepribadian Introvert adalah sebagai berikut

1. Lebih mudah stres di lingkungan yang ramai
2. Orang introvert lebih berisiko terkena depresi
3. Orang introvert mungkin lebih sering sakit
4. Lebih cukup tidur dan istirahat

Setelah memahami sekilas tentang apa itu introvert, Asal-usul introvert dan kelemahan dari orang dengan kepribadian introvert. Sudah waktunya Anda kembali ke topik awal yaitu tentang Tips Ampuh Agar Nyaman di Hari Pertama Kerja Untuk Seorang Introvert.

Tips Ampuh Agar Nyaman di Hari Pertama Kerja Untuk Seorang Introvert

Hari pertama kerja bagi Anda dengan kepribadian Introvert adalah suatu moment yang akan menjadi sangat sulit untuk dijalani. Oleh karena itu Anda harus lebih bisa menyesuaikan dengan menyimak beberapa Tips Ampuh Agar Nyaman di Hari Pertama Kerja Untuk Seorang Introvert yang akan uncchu.com jabarkan nanti.

Lakukan Latihan Awal Perkenalan Diri

Hari pertama kerja di tempat baru atau di perusahaan baru. Mungkin Anda akan diminta memperkenalkan diri di depan rekan kerja. Bahkan tidak sedikit perkenalan ini dilakukan saat apel besar atau dalam rapat besar sesama rekan kerja.

Kondisi ini tentu saja akan membuat seorang dengan kepribadian introvert tidak nyaman. Mengingat salah satu kelemahan Anda sebagai introvert adalah mudah stres di lingkungan baru dan ramai. Kondisi ini akan membuat Anda tergugu dantergagap tak tahu arah. Tentu saja awal seperti ini tidak baik bagi karir Anda di tempat kerja baru. Apalagi kegagapan ini terjadi di hari pertama kerja.

Atasi hal ini dengan lakukan latihan awal perkenalan diri di cermin atau di rumah. Anda bisa mencari contoh perkenalan diri di youtube atau membaca artikelnya di uncchu.com. Anda bisa melatihnya berulang-ulang untuk memantapkan diri dalam mengatasi hal di atas.

Datanglah Lebih Awal dari Jam Kerja

Tips Ampuh Agar Nyaman di Hari Pertama Kerja Untuk Seorang Introvert selanjutnya adalah Anda bisa datang lebih awal dari jam kerja Anda. Datang dari awal akan memberi waktu bagi Anda seorang karyawan baru dengan kepribadian unik introvert.

Datang lebih awal akan memberi waktu Anda untuk mengenal lebih lanjut dan mengetahui sudut-sudut yang nantinya dapat Anda lakukan untuk menyendiri. Datang lebih awal akan membuat Anda hanya bertemu dengan sedikit orang, Paling tidak Anda akan hanya menemui petugas kebersihan, Anda dapat berbincang dan itupun akan berlangsung dengan sangat singkat.

Akan sebaliknya jika Anda datang tepat pada jam kerja, ada kemungkinan kondisi kantor sudah lebih ramai. Bayangkan, ketika masuk melewati pintu, maka semua mata akan tertuju pada Anda. Kemudian, Anda mungkin akan didatangi beberapa orang untuk bertanya. Hal itu pasti membuat seorang introvert merasa tidak nyaman.

Lakukan One by One

Nah di sini maksudnya adalah lakukan pertemanan dengan rekan kerja adalah hal yang penting. Namun dikarenakan Anda adalah kepribadian Introvert maka lakukanlah pertemanan dengan rekan kerja secara one by one.

Anda bisa melakukan perkenalan secara one by one dengan rekan kerja yang akan Anda ajak bekerja sama. Anda harus membangun hubungan baik dengan kolega demi kelancaran pekerjaan. Namun, Anda tidak perlu mengiyakan semua ajakan makan siang dalam grup besar atau nongkrong di kafe sepulang kerja.

Anda bisa menginisasi pertemuan kecil dengan satu atau dua orang. Misalnya, Anda dapat mengajak seorang teman untuk minum kopi sehingga bisa bertanya lebih banyak tentang lingkungan kerja dan kebiasaan-kebiasaan di kantor. Atau, Anda dapat bertanya tentang tempat makan favorit teman kerja di sebelah meja dan pergi berdua bersamanya saat jam istirahat.

Temukan Tempat Buat Menyendiri

Apapun kantor atau tempat kerjamu yang baru pasti akan ada tempat atau sudut sepi yang biasa Anda manfaatkan untuk menyendiri. Tempat ini sangat penting dan diperlukan bagi Anda yang Introvert. Karena tempat ini bisa Anda gunakan untuk recharge dan bernapas kembali saat stress dengan kerjaan dan keramaain mulai melanda.

Nah disinilah keuntungan datang lebih awal di hari pertama kerja bagi introvert. Anda bisa punya banya waktu untuk menjelajahi seluruh sudut tempat kerja Anda. Anda bisa memilih beberapa sudaut yang nanti bisa Anda gunakan untuk recharge.

Jika Anda tidak menemukan sudut tenang ini. Anda tidak harus berjuang sendiri untuk mendapatkannya. Anda dapat meminta bantuan rekan kerja untuk menunjukkan area yang tenang. Katakan saja kalau Anda terkadang butuh tempat sepi agar bisa fokus menyelesaikan pekerjaan. Berhasilnya tips one by one tadi akan terlihat di fase ini.

Jujur Saja dengan Gaya Kerja Anda

Anda bisa saja untuk jujur dan terbuka dengan gaya kerja Anda sebagai seorang introvert. Seorang introert biasanya memiliki gaya kerja yang unik dan butuh tempat yang unik juga dalam melakukan pekerjaan.

Jadi jangan terlalu tertutup untuk tetap mengungkapkan gaya kerja Anda sebagai seorang introvert. Mengungkapkan gaya kerja juga akan memeberi ruang pada rekan kerja untuk mengungkapkan kepribadian intovert Anda kepda khlayak yang ada ditempat kerja Anda yang baru..

Misalnya pada saat perkenalan dan bimbingan tugas-tugas pertama, Anda bisa mengatakan bahwa membutuhkan suasana yang sepi agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan optimal. Selain itu, beri tahu atasan kalau Anda biasanya cenderung diam saat rapat, tapi lebih banyak mengamati. Jadi, manajer bisa memberikan porsi pekerjaan dan peran yang lebih tepat. Sementara kolega juga dapat memaklumi cara kerja Anda.

Cari tahu Aturan Kantor baru Anda

Dengan mencari tahu aturan di kantor baru Anda maka Anda akan mudah untuk mencari aturan yang bisa saja mendukung tips-tips ampuh di atas. Sebagai seorang introvert biasanya Anda akan sangat mudah memahami sebuah aturan dan mencari celah yang bisa Anda gunakan untuk mendukung kinerja Anda di tempat kerja baru.

Setelah memahami berbagai aturan dan kebijakan, Anda bisa mengatur strategi kerja di kemudian hari sehingga bisa lebih banyak waktu untuk sendiri. Jadi, Anda bisa langsung memilih hari untuk bekerja di luar kantor pada pekan pertama. Anda juga dapat membiasakan diri untuk datang lebih awal agar bisa fokus bekerja sebelum teman-teman kantor berdatangan.

Kesimpulan

Kesimpulan Tips Ampuh Agar Nyaman di Hari Pertama Kerja Untuk Seorang Introvert. Sebagai seorang introvert Anda tidak harus memaksakan diri untuk mengungkapkan secara utuh siapa Anda ke rekan kerja di kantor baru. Anda dengan kepribadian Introvert dapat mengungkapkannya dengan cara kerja Anda dalam menyelesaikan pekerjaan yang telah ditugaskan kepada Anda

Anda harus jeli dalam membaca peluang yang bisa menguntungkan diri Anda sebagai karyawan baru. Tentunya dengan cara-cara jenius seperti yang dijelaskan di atas. Tips Ampuh Agar Nyaman di Hari Pertama Kerja Untuk Seorang Introvert akan sangat berguna jika Anda menerapkannya dengan baik dan berkelanjutan.

Namun lepas dari Tips Ampuh Agar Nyaman di Hari Pertama Kerja Untuk Seorang Introvert. Kerja keras, Kejujuran dan keuletan tetaplah sebagai faktor penentu kesuksesan Anda di tempat kerja baru apalagi di hari pertama Anda kerja.

Penutup

Penutup Tips Ampuh Agar Nyaman di Hari Pertama Kerja Untuk Seorang Introvert. Nah itulah beberapa Tips Ampuh Agar Nyaman di Hari Pertama Kerja Untuk Seorang Introvert. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba bagi Anda yang berkepribadian Introvert. Terimakasih telah berkunjung dan berkomentar. Ph ya jika Anda adalah salah seorang praktisi dan introvert dan memiliki tambahan Tips Ampuh Agar Nyaman di Hari Pertama Kerja Untuk Seorang Introvert. Silahkan layangkan di kolom komentar atau kirimkan melalui kontak yang uncchu.com sediakan di pojok atas blog uncchu.com.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar