Skip to main content
Uncchu

follow us

Sering Lembur? Berikut Tips Ampuh Jaga Kesehatan Buat Anda yang Sering Lembur

Sering Lembur? Berikut Tips Ampuh Jaga Kesehatan Buat Anda yang Sering Lembur - Anda adalah karyawan dari sebuah perusahaan dan tentunya dibeberapa kesempatan Anda diharuskan untuk lembur. Nah dari keharusan ini ada beberapa yang harus Anda perhatikan di saat harus kerja lembur, terutama masalah kesehatan Anda sendiri. Jujur saja perusahaan tempat Anda mengabdi tidak akan pernah memperhatikan masalah ini kecuali diri anda sendiri.

Jadi apa saja yang harus Anda lakukan disaat Anda harus sering lembur? Nah Berikut adalah Tips Ampuh Buat Anda yang Sering Lembur untuk menjaga kesehatan Anda.

Tapi sebelum kita membahas beberapa tips ampuh untuk menjaga kesehatan bagi Anda yang sering lembur. Mari simak sedikit penjelasan hukum tentang lembur. Ini hanyalah bonus info bagi Anda yang membaca tips Ampuh jaga kesehatan buat Anda yang sering lembur versi uncchu.com.
Perlu diketahui oleh perusahaan apa saja dan bergerak dibidang apa saja bahwa upah lembur adalah hak setiap karyawan setelah kewajibannya ditunaikan.

Apa itu Lembur?

Nah yang dimaksud dengan Upah lembur ialah upah yang diberikan kepada karyawan atau pekerja yang bekerja melampaui waktu kerja di perusahaan. Biasanya upah lembur diberikan ketika telah mencapai 1 jam kerja lembur setelah 8 atau 7 jam waktu kerja yang sewajarnya dalam sebuah perusahaan.


Namun dalam beberapa kasus banyak perusahaan memiliki aturan tersendiri perhitungan upah lembur bagi setiap karyawan. Banyak pula para pekerja masih belum mengetahui secara detail mengenai perhitungan upah lembur. Hingga di sinilah terjadi ketidakwajaran dari pemilik usaha terhadap karyawan. Ini biasanya terjadi pada mini market dan ritel yang tidak memiliki lisensi perusahaan nasional. Namun sejatinya upah lembur wajib dikeluarkan oleh perusahaan termasuk perusahaan sekelas Mini market atau swalayan lokal.

Beberapa dari para pekerja hanya menerima upah lembur dari ketetapan perusahaan atau malah ada pula yang tidak mendapat uang lembur. Untuk para karyawan, Anda wajib mengetahui sistem perhitungan upah lembur sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Seperti apa yang ditetapkan undang-undang? Nah inilah bonus info untuk Anda, Agar melek dan bisa ikut memberikan pengetahuan kepada mereka pengusaha yang pura-pura tidak tahu mengenai ini. Jangan sungkan untuk melapor jika ada tempat atau perusahaan tempat Anda bekerja berulah nakal perihal upah lembur.


Mengapa Perhitungan Upah Lembur Sangat Penting?

Sejatinya perhitungan upah lembur sangatlah penting untuk diketahui baik itu oleh karyawan, apalagi pimpinan atau HRD dari sebuah perusahaan. Menga demikian? Simak ulasan berikut ini biar lebih jelasnya.

Bayangkan saja jika Anda adalah karyawan yang telah bekerja mulai dari pagi hingga malam hari. Misalnya 11 atau lebih jam kerja, jika hal ini terjadi seharusnya dan sewajibnya pemilik usaha dan perusahaan memberikan dan menghitung upah lembur. Untuk tiga jam kerja yang terebih dari 8 jam kerja umumnya.

Namun banyak di lapangan terutama dibagian penjualan dan pramuniaga seperti minimarket atau swalayan lokal atau daerah. Anda hanya mendapatkan upah berupa gaji pokok per bulan tanpa tambahan upah lembur. Hal ini sungguh sangat merugikan dan sangat mendzolimi karyawan.

Jadi sebagai karyawan, apalagi pemilik usaha sudah seharusnya Anda mengetahui struktur dan sistem perhitungan upah lembur yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara kita Indonesia. Lalu bagaimanakah sistem atau struktur perhitungan upah lembur ini?

Upah lembur menurut undang-undang

Upah lembur menurut undang-undang di Indonesia diatur dan pengacu pada Undang-Undang no. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pasal 78 ayat (2),(4), pasal 85 dan lebih lengkapnya diatur dalam Kepmenakertrans no. 102 / MEN / VI / 2004 yang membahas tentang Waktu dan Upah Kerja Lembur.

Jadi dalam perundang-undangan tentang upah lembur dan jam kerja memiliki dasar hukum yang jelas. Kesimpulannya dari undang-undang tersebut jelas mewajibkan perusahaan dan pemilik badan usaha untuk membayarkan upah lembur.

Secara garis besar uncchu.com akan membahas melalui beberapa poin yang akan dijabarkan di bawah ini, Ap saja dan bagaimana perhitungan upah lembur tersebut bila mengacu pada undang-undang yang telah disebutkan di atas.

Waktu Lembur Maksimal 3 Jam Per Hari

Menurut Undang-Undang no. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pasal 78 ayat (2),(4), pasal 85 dan lebih lengkapnya diatur dalam Kepmenakertrans no. 102 / MEN / VI / 2004 yang membahas tentang Waktu dan Upah Kerja Lembur. Sangat jelas mengatakan bahwa Waktu kerja lembur hanya dapat dilakukan maksimal 3 jam/hari dan 14 jam/1 minggu di luar jam ishoma, libur hari minggu atau hari libur resmi.

Jadi, ketika waktu lembur melebihi batas maksimal maka pihak pemilik perusahaan bisa terkena sanksi besar. Sanksi juga telah diatur jelas dalam undang-undang yang disebutkan tadi. Karyawan atau orang-orang yang merasa dirugikan oleh perusahaan dapat mengajukan tuntutan atas perilaku pemilik badan usaha nakal yangtidak membayarkan upah lembur.

Rumus Perhitungan Upah Lembur Pada Hari Kerja

Sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Kepmenakertrans No. 102 / MEN / VI / 2004 tentang waktu dan upah kerja lembur, rumus perhitungan upah lembur pada hari kerja adalah sebagai berikut:

Dengan rumus: 1,5  x 1/173 x Upah 1 bulan.

Dalam perhitungan ini berlaku jika pada jam pertama lembur dengan ketentuan apabila Upah 1 bulan adalah 100% Upah dan upah yang berlaku di perusahaan merupakan bagian dari upah pokok dan tunjangan tetap.

Sedangkan Untuk jam lembur ke 2/3 dengan keterangan 75% Upah, apabila upah yang berlaku di perusahaan terdiri dari upah pokok, tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap. Ketentuannya Upah 1 bulan itu tidak boleh lebih rendah dari upah minimum.

Nah setelah menyimak sedikit bonus info tentang rumus dan tatacara serta perhitungan upah lembur menurut undang-undang no. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pasal 78 ayat (2),(4), pasal 85 dan lebih lengkapnya diatur dalam Kepmenakertrans no. 102 / MEN / VI / 2004. Mari kembali ke topik utama tentang tips Ampuh jaga kesehatan buat Anda yang Sering lembur.

Apa saja Tips Ampuh Jaga Kesehatan Buat Anda yang Sering Lembur?

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dengan sangat hati-hati jika Anda adalah orang yang termasuk dalam karyawan yang sering lembur. Diantaranya adalah beberapa hal di bawah ini:

1. Kontrol dan Batasi Jumlah Asupan Kafein

Kopi sebagai salah satu teman lembur setia memanglah sangat membantu Anda dalam lembur. Tak hayal kopi akan selalu menemani Anda hingga pekerjaan lembur terselesaikan.

Kafein sekali-kali tidaklah berpengaruh pada kesehatan, Namun jika Anda telah menjadikan kopi sebagai teman lembur ini yang luar biasa dan memberikan efek tidak baik bagi Anda.

Kopi atau kafein yang berlebih sebaiknya di batasi, Jika Anda termasuk penikmat kopi dengan ttambahan krimer ada baiknyaAnda kurangi. Karena krimer juga menjadi pemasok kalori yang sangat besar. Jika terlalu banyak tak hayal ini juga berdampak pada bobot tubuh Anda.

Menurut para Ahli di bidang kesehatan seseorang yang banyak minum kopi bisa menyebabkan jantung berdebar lebih cepat, tekanan darah menjadi naik lalu beresiko ke jantung dan pembuluh darah dikarenakan tekanan darah itu menjadi tinggi.

Nah karena dampak inilah sebaiknya Anda yang sering lembur harus merubah kebiasaan tersebut demi menjaga kesehatan Anda sendiri.

2.  Kontrol dan Jaga Asupan Nutrisi

Kontrol dan jaga asupan nutrisi adalah Tips ampuh berikutnya untuk menjaga kesehatan buat Anda yang sering kerja lembur. Berikut adalah beberapa nutrisi yang sebaiknya Anda sediakan dan tetap Kontrol demi kesehatan Anda di saat harus kerja lembur.

Karbohidrat
Sebagai orang timur karbohidrat adalah asupan penting dan utama bagi Anda. Karbohidrat pun perlu Anda konsumsi untuk bisa menyeimbangkan nurtrisi dalam tubuh dan tidak mudah sakit.

Karbohidrat tersebut bisa didapatkan pada makanan umbi, kentang, buah-buahan, nasi merah, yoghurt, dan susu. Dengan mengonsumi dan mengontrol karbohidrat ini bisa memberikan energi yang stabil sepanjang hari.

Glukosa
Glukosa adalah sumber energy untuk otak. Otak bekerja dengan baik bila ada 25 gram glukosa mengalir dalam darah. Jumlah tersebut sama dengan jumlah glukosa yang ditemukan dalam satu buah pisang masak.

Glukosa juga didapatkan dalam karbohidrat, kacang-kacangan, gandum, dan juga buah-buahan lainnya. Dengan menjaga asupan makanan seperti ini maka kadar gula dalam darah kita akan stabil. Hal yang terpenting adalah hindari penggunaan glukosa buatan yang ada pada makanan atau minuman instan karena hal itu tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Kolin
Nutrisi berikutnya yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan disaat harus lembur adalah kolin. Nutrisi ini bisa Anda dapatkan pada telur, selai kacang, dan gandum. Kolin ini setelah melalui pencernaan akan berubah menjadi asetilkolin yang dibutuhkan untuk ingatan, fungsi mental, dan berpikir.

Vitamin B dan Magnesium
Selanjutnya Nutrisi yang juga penting untuk tubuh Anda adalah magnesium dan vitamin B. Nutrisi tersebut memiliki manfaat lain yaitu untuk membantu konversi makanan menjadi energi.

Biasanya magnesium bisa didapat dari kacang, brokoli dan oatmel. Sedangkan vitamin B bisa didapat dari ikan, buah, dan sayur.

Air mineral
Kekurangan air mineral bisa menimbulkan dehidrasi dapat sehingga timbulah gangguan konsentrasi, serta hilang ingatan jangka pendek. Untuk mengindari hal tersebut, Anda perlu mengonsumsi air mineral 8 gelas setiap harinya.

Tak hanya asupan nutrisi yang tepat saja yang diperlukan oleh tubuh, Anda pun harus pintar mengatur waktu yang tepat untuk makan. Ketika Anda Lembur atau begadang maka harus memilih konsumsi makanan yang berat atau ringan pada malam hari.

3. Jangan Lupa untuk Olahraga

Pasalnya, dengan kesibukan sehari – hari terutama bagi Anda yang sering lembur membuat Anda lupa bahwa dengan berolahraga tubuh kita akan tetap terjaga kesehatannya. Namun Realitanya olahraga merupakan hal yang jarang dilakukan oleh sebagian orang.

Seperti yang diketahui bersama, olahraga dapat mencegah berbagai penyakit terutama adalah jantung, kanker, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Sebenarnya Anda bisa saja membuat jadwal olahraga rutin menyesuaikan dengan jadwal pekerjaan yang padat.

Olahraga yang dilakoni pun adalah olahraga dengan durasinya rendah, intensitasnya tinggi, dan berselang waktu cukup lama. Karena olahraga jenis tersebut tidak perlu memakan tempat, waktu lama, serta energi yang tidak terkuras dengan hebat. Anda bisa meluangkan waktu untuk berolahraga tersebut sebelum bekerja, yaitu 5 – 7 menit.

Olahraga ringan tersebut seperti yoga yang sederhana, berjalan kaki keliling komplek atau kekantor, memilih menggunakan tangga daripada lift, dan lain sebagainya.

4. Rutin cuci tangan

Meski terengar simpel dan sangat mudah tapi mencuci tangan sangat susah untuk dilakukan. Banyak saja hal yang nantinya akan mencegah Anda untuk rutin memcuci tangan. Alasan malas pergi ke kamar mandi lantaran keburu perut keroncongan, tidak ada sabun, dan lain sebagainya akan merasuki pikiran Anda yang sedang lembur..

Fungsi utama dari rajin mencuci tangan ini dapat mencegah diri dari berbagai macam penyakit. Sebaiknya mencuci tangan ini dilakukan sebelum melakukan sesuatu misalnya sebelum makan dan setelah melakukan sesuatu misalnya setelah buang air kecil atau besar.

5. Meningkatkan kualitas istirahat

Disaat jam untuk tidur hanya sedikit, Anda harus bisa memaksimalkan waktu untuk tidur. Karena bila kurang tidur bisa menyebabkan Anda kurang produktif, makan jadi terlalu banyak, dan sistem hormon terganggu.

Jangan salah kaprah, bahwasanya tidur terlalu banyak pun tidak baik untuk tubuh. Tetapi yang diperlukan adalah tidur yang berkualitas agar stamina bisa terjaga.

Agar tidu Anda berkualitas Anda perlu memersiapkan hal-hal berikut ini seperti;

  • Menyiapkan alarm
  • Siapkan alarm dengan suara yang tidak menganggu dan juga terlalu berisik.
  • Lingkungan tidur

6. Snack Sehat di Meja

Lembur dan harus menjaga kesehatan itu suatu yang memiliki hubungan past. Maka dengan itu sedikan snack atau camilan di meja Anda di saat lembur. Jangan lupa untuk memilih camilan atau snack yang sehat dan rendah kalori.

Snack yang direkomendasikan adalah snack yang terbuat dari kacang-kacanganan dan low karbohidrat.

7. Jalan-jalan ke luar

Jalan-jalan keluar merupakan bagian dari refresing singkat di saat lembur. Anda bisa memanfaatkan waktu singkat untuk sekedar melihat dunia luar. Ini sangat baik bagi mata dan pikiran Anda.

9. Kontrol Kebiasaan Merokok

Selain ditemani oleh cemilan dan kopi tentunya tak lain untuk kaum lelaki kerap ditemani oleh sebatang rokok dalam menemani kerja lemburnya.

Dan tentu saja tidak perlu dijelaskan secara rinci apa efek berbahaya dari rokok ini? Oleh karena itu kurangilah merokok di saat Anda harus lembur demi kesehatan Anda sendiri.

10. Kontrol Stres

Selain kafein dan rokok, stres juga bisa menjadi penyebab kesehatan Anda menurun. Terlebih jika stress ini berkaitan dengan pekerjaan Anda yang menumpuk. Karena itu jangan terlalu membebani sesuat atas diri Anda. Ingat semua orang pasti punya masalah, tetapi dari masalah itulah kesempatan bagi Anda untuk bisa berkembang lebih baik lagi.

Agar stres tidak selalu melanda Anda, solusi untuk mengahdapinya adalah tawakal kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ingat bila masalah yang Anda hadapi begitu besar, masih ada Tuhanya yang Maha Besar untuk bisa menolong hamba-Nya.

Selain itu Anda bisa menyampaikan rasa gundahmu kepada sahabat atau orang-orang terdekat Anda. Jika perlu luangkan waktu bersama keluarga untuk liburan, olahraga, dan melakukan hobi yang disukai.

Kesimpulan dan Penutup

ada banyak hal yang harus Anda perhatikan disaat harus kerja lembur. Termasuk dengan kesehatan Anda. Oleh karena itu tidak ada salahnya Anda terapkan Tips Ampuh Jaga Kesehatan Buat Anda yang Sering Lembur.

Sebagai karyawan atau pemilik usaha sudah jadi kewajiban bagi Anda untuk melek dengan peraturan dan kewajiban tentang upah lembur. Jika Anda taat dengan peraturan yang telah diatur sedemikian rupa maka Anda akan terhindar dari beberapa perbuatan yang merugikan dan mendzolimi karyawan dan orang lain.

Nah demikianlah Tips Ampuh Jaga Kesehatan Buat Anda yang Sering Lembur, Semoga bisa Anda aplikasikan dan terapkan di saat Anda harus lembur.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar