Skip to main content
Uncchu

follow us

Ingin Menikah, Ini Kendala Yang Akan Kamu Hadapi dan Solusinya

Ingin Menikah, Ini Kendala Yang Akan Kamu Hadapi dan Solusinya - Menikah adalah hal yang harus kamu lakukan disaat kamu sudah beranjak dewasa. Saat dimana kamu harus memulai hidup baru dengan pasangan yang kamu temukan dari hasil pencarianmu. Baik itu yang melalui proses pacaran atau yang melalui proses yang lebih sehat secara Islam yaitu dengan metode TaƔruf.


Terlepas dari apapun cara yang kamu gunakan menikah adalah akhir dan sekaligus awal dari kehidupan sebenarnya. Akhir dari bergantungnya dirimu pada orangtua dan awalnya kamu memulai kehidupan baru bersama orang yang kamu pilih. Menikah akan berjalan lancar jika kamu memulainya dengan cara yang baik. 

Namun akan tetap ada rintangan dan hal-hal yang mungkin membuatmu menyerah. Apa saja rintangan itu? Apa saja kendala yang akan kamu hadapi dan solusinya? Berikut uncchu.com akan bahas beberapa kendala umum yang akan dihadapi oleh calon pengantin dan mempelai sebelum hari pernikahannya. Kendala ini biasanya akan datang silih berganti sebelum ijab qobul terlaksana.

Ingin Menikah, Ini Kendala Yang Akan Kamu Hadapi dan Solusinya

1. Merasa belum siap untuk menikah

Merasa belum siap untuk menikah adalah kendala awal yang biasanya hadir begitu saja setelah semua yang direncanakan. Biasanya perasaan dan mental ini akan hadir begitu saja saat semua telah siap untuk dilaksanakan. 

Merasa belum siap untuk menikah hadir begitu saja di benak tanpa komando. mengganggu tidur nyenyakmu dan mulai menggerogoti plan dan perencanaan yang telah kamu siapkan baik dari diri sendiri maupun dari keluarga.

Solusinya adalah dengan membuka dan bercerita pada keluarga inti. Biasanya dengan bercerita maka segala rasa yang berkaitan dengan ketidaksiapan baik itu dari segi mental maupun materi akan segera teratasi.

2. Malas yang berlebihan

Rasa malas akan hadir berlebihan saat semuanya telah selesai. Malas biasanya akan bertengger dipundakmu untuk memperlambat proses. Misalnya kamu akan tiba-tiba malas buat ngurus NA, foto dan segala hal yang berkaitan dengan proses pernikahan.

Kamu akan merasakan malas yang teramat sangat saat mau pergi ke kantor kepala desa, Kelurahan atau segala urusan yang berkaitan dengan surat dan persiapan lainnya. 

Solusinya adalah dengan menanamkan motivasi kepada diri sendiri untuk menghilangkan rasa malas dan bertekad untuk tidak menyusahkan orang lain dalam semua proses hingga hari H.

3.Merasa sendiri

Merasa sendiri adalah hal yang juga akan timbul di saat sebelum hari H akad Nikah. Setelah dua hal di atas terlalui dengan sempurna maka kamu tiba-tiba akan merasa sendiri. Merasa tak ada keluarga yang berupaya membantu semua proses.Ah pokoknya Kau akan merasa sangat sendiri sekali tanpa ada yang membantu.

Solusinya untuk mengatasi merasa sendiri ini adalah lakukan komunikasi intens dengan keluarga, Baik itu keluarga pria maupun keluarga perempuan.Memulai komunikasi yang intens akan menjadi sebuah awal baik untuk kehidupan rumah tangga nantinya.

4. Terkendala Adat dan Istiadat

Adat dan istiadat nantinya juga akan sangat berpengaruh besar pada proses pernikahan. Kamu akan merasa sangat ribet atau bahkan merasa sangat dirugikan. Kamu akan merasa dipalak oleh tetua dan kaum adatmu saat proses tersebut terjadi.

Biasanya pemalakan akan terjadi saat pengurusan surat-menyurat dalam proses persiapan pernikahan. Ada saja hal akan membuat kamu merasa dirugikan oleh sistem yang dibangun oleh Adat Istiadat ini.

Solusinya adalah cobalah berfikir positif, dan yang mereka lakukan adalah apa-apa yang teah disepakati atau apa yang telah dirumuskan oleh tetua adat. Mungkin saja akan sedikit berat, tapi sebenarnya adalah untuk kebaikan kamu juga ke depannya dalam berhubungan sosial dalam masyarakat. So, nikmati saja setiap proses dan anggap saja berbuat baik yang berhadiah kebaikan.

Nah itu saja sekilas tentang kendala yang akan Kamu hadapi dan solusinya sebelum atau menjelah hari H pernikahan. Bagaimana kamu menanggapi dan menyelesaikan semua kendala itu akan memberikan nilai plus dan akan menjadi awal yang baik bagi kehidupanmu kelak. So selamat berbahagia bagi mereka yang akan segera menikah. Semoga dilancarkan dan tidak mengalami kendala yang berarti nantinya.

Tetap berpikir positif dan lakukan yang terbaik. Tanggapi segala rintangan dengan bijak, Kontrol emosi dan lakukan saja apa yang bisa dilakukan. Siapkan mental yang terpenting. :) Jangan lupa bahwa banyak kebaikan dalam sebuah pernikahan. 

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar