Skip to main content
Uncchu.com

follow us

7 Hal Yang Harus Dilakukan Sebagai Karyawan Baru

7 Hal Yang Harus Dilakukan Sebagai Karyawan Baru - Sebagai salah satu karyawan baru di sebuah perusahaan adalah suatu hal yang sangat membanggakan. Apalagi perusahaan baru yang ditempati adalaha perusahaan yang punya nilai bonafit tinggi. Menjadi karyawan baru saja sudah menjadi hal yang sangat luar biasa.


Menjadi karyawan baru berarti Anda memiliki kemampuan yang berada di atas rata-rata karena telah mampu bersaing dengan calon karyawan baru lainnya. Nah sebagai karyawan di perusahaan baru yang Anda idam-idamkan tentu secara logika dan matang Anda harus menyiapkan diri. Seperti apa persiapan Anda sebagai karyawan baru dari sebuah perusahaan menunjukkan keseriusan Anda dalam memulai karir di perusahaan tersebut.

Pada umumnya sebuah perusahaan biasanya memiliki program perkenalan atau orientasi untuk karyawan baru. Hal ini ditujukan sebagai penilaian dan pembiasaan dengan lingkungan perusahaan. Dalam masa orientasi atau pengenalan karyawan baru tersebut, Anda akan bertemu dengan orang-orang baru, lingkungan kerja baru, atau suasana yang mungkin belum pernah Anda alami sama sekali sebelumnya.


Jika hal ini tidak ditanggapi dengan cara serius maka Anda akan measa sangat asing di lingkungan baru ini. Pada akhirnya Anda menyerah dengan sendirinya dan memilih mundur dan meninggalkan apa yang telah Anda raih dengan susah payah sebelumnya. Jika ini terjadi maka sia-sialah perjuangan yang Anda lakukan untuk dapat bergabung dengan perusahaan baru idaman Anda ini.

Agar hal buruk ini tidak terjadi begitu saja dengan Anda yang berstatus karyawan baru. Ada baiknya Anda mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Berikut adalah 7 Hal yang Harus Anda Lakukan Sebagai Karyawan Baru. Silahkan baca sampai selesai 7 tips di bawah ini untuk Anda karyawan baru. agar Anda sukses menghadapi orientasi karyawan baru.

7. Tunjukkan Motivasi Kerja yang Tinggi di Wajah Anda

Pagi atau sebelum Anda berangkat kerja ada baiknya Anda perhatikan wajah Anda sejenak di depan cermin. Pilihlah senyum dan ekpresi wajah yang pas untuk bertemu dengan orang-orang baru di tempat kerja baru.

Anda harus paham bahwa kesan pertama akan memberikan penilaian besar terhadap karyawan baru. Ekpresi wajah yang penuh semangat dengan motivasi kerja yang tinggi dapat menambah nilai Anda di depan senior di perusahaan baru tersebut.

Mereka, Orang-orang baru tersebut melihat dari penampilan dan ekspresi wajah Anda. Tentu setiap orang senang bekerja dengan karyawan yang memiliki motivasi kerja yang tinggi. Nah, motivasi Anda tampak dari ekspresi wajah yang antusias.

Tapi Anda harus benar-benar merasakan antusiasme tersebut sehingga orang-orang di sekitar akan merasakan bahwa Anda karyawan dengan motivasi kerja yang tinggi. Jangan sampai Anda terlihat hanya berpura-pura saja.

6. Tunjukkan Bahwa Waktu Adalah Prioritas Anda

Jika Anda adalah karyawan baru dari sebuah perusahaan maka dengan datang lebih awal atau tepat waktu akan memberikan citra positif padaa diri Anda. Rekan dan Atasan Anda akan berpikir bahwa Anda adalah orang yang menghargai waktu.

Sebagai karyawan baru datang lebih awal selain memberikan citra bahwa Anda adalah tipe karyawan baru yang memprioritaskan waktu dalam sebuah pekerjaan. Nah daatang lebih awal juga dapat memberikan waktu bagi Anda untuk mengenal sedikit tentang lingkungan dan orang-orang baru yang ada di perusahaan baru tempat Anda bekerja.

Nilai plus lainya dengan datang lebih awal adalah Anda lebih punya waktu untuk berkenalan dengan rekan kerja. Misalnya hanya untuk saling bertegur sapa dan berkenalan singkat. Di sinipun Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk bercerita sedikit tentang perusahaan dan berbagi pengalaman dengan senior di tempat baru ini.

Suatu yang sangat penting adalah buat hari pertama kerja Anda menyenangkan dengan datang lebih awal, sehingga banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk lebih mengenal lingkungan kerja baru. Datang lebih awal juga akan membuat Anda lebih menghargai waktu. Jika Anda telah terbiasa datang lebih awal pada masa orientasi karyawan, Anda akan terbiasa melakukannya. Ini akan memberikan label sekaligus citra bagus bagi Anda, Anda akan di cap dengan karyawan yang menghargai waktu. Hal ini tentu akan berdampak positif pada penilaian atasan terhadap kinerja Anda. Awal yang bagus bukan?

5. Pelajari Latar Belakang Perusahaan

Jika umumnya dalam masa orientasi Anda akan mendapat paparan tentang latar belakang perusahaan, ada baiknya Anda browsing terlebih dahulu. Sebagai bahan referensi pribadi Anda.

Saat HRD atau manager lain menjelaskan tentang perusahaan, Anda sudah memiliki sedikit gambaran tentang perusahaan tersebut. Hal ini akan membantu Anda memahami tempat kerja Anda dengan lebih baik lagi. Ini juga akan membantu Anda dalam memahami job desc yang akan Anda terima nantinya.

Jika Anda mengenal karyawan yang telah bekerja di sana, Ada baiknyaAnda ajak makan bersama atau bertamu ke rumahnya. Mengobrol dengan orang-orang yang sudah berpengalaman akan memberi Anda gambaran tentang tempat kerja Anda nantinya. Setidaknya ini adalah awal Anda dalam memulai pekerjaan sebagai karyawan baru.

Namun yang harus Anda perhatikan adalah saat orang baru yang Anda kenal tersebut menceritakan keburukan baik tempat atau perusahaan serta lingkungan tempat kerja yang tidak kondusif. Ada baiknya segera Anda menjaga jarak dengan tipe karyawan yang seperti itu. Jangan sampai apa yang Dia bicarakan berupa keburukan justru mempengaruhi Anda. Itu tentu adalah suatu hal yang tidak seharusnya terjadi di awal Anda bekerja.

Selain itu mencari tahu latar belakang perushaan menunjukkan komitmen Anda bahwa Anda adalah tipe karyawan baru yang punya motivasi tinggi dan Antusias. Tentu saja hal ini menjadi kabar gembira bagi pemilik atau pengelola perusahaan karena Anda peduli dan memiliki persiapan yang matang.

4. Aktif Namun Tetap Tahu Mana Prioritas dan Bukan Prioritas

Menjadi aktif di tempat baru sangat membantu Anda beradaptasi dengan baik. Suka menolong adalah hal yang baik. Tapi perlu Anda ingat mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.

Biasanya jika Anda adalah Karyawan baru maka Anda akan dapatkan banyak list kerja yang sangat banyak dan menunggu untuk segera diselesaikan. Atau Anda memang tidak mendapatkan jatah apapun di awal-awal bekerja. Nah gunakanlah kesempatan kosong ini untk menunjukkan bahwa Anda adalah karyawan yang aktif dan ringan tangan. Jangan sungkan untuk membantu tapi pastikan Anda mengerjakannya sesuai SOP yang telah ditetapkan perusahaan.

Nah apapun kondisinya Anda harus tetaplah ringantangan dan tahu mana yang prioritas. Janganbiasaakan duduk tanpa ada yang Anda kerjakan. Menanyakan ke rekan kerja merupakan inisiatif terbaik dalam memulai hari ANda sebagai karyawan baru. Perlu diketahui Karyawan baru yang suka menolong nantinya akan memiliki banyak rekan kerja karena banyak yang simpati kepadanya.

Namun, Anda harus tetap bisa mengutamakan target dan prioritas Anda. Jangan sampai Anda kehilangan fokus untuk menyelesaikan list jobs yang sudah sampai tenggat waktunya karena sibuk membantu dan mencari simpati dari karyawan lama.

3. Bersikap Profesional Itu Wajib

Profesional dalam bekerja adalah hal wajib yang harus Anda lakukan. Apalagi bagi Anda yang masih berstatus sebagai karyawan baru.

Bersikap profesional bisa Anda lakukan dengan berbagai contoh misalnya, Jika Anda diminta berkeliling untuk mendengarkan arahan dari berbagai divisi. Jangan lupa untuk menyiapkan hal yang diperlukan seperti note untuk mencatat dan papan abo serta pena. Hal kecil ini menunjukkan bahwa Anda adalah karyawan yang profesional dalam segala tindakan.

Jangan lupa untuk tetap bersikap sopan, tidak memotong pembicaraan dan menjadi penyimak yang baik saat seseorang memberi penjelasan menunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang menghargai orang lain. Di samping itu, Anda harus menyelesaikan segala tugas yang diberikan dan mengumpulkannya sesuai deadline yang diberikan kepada Anda.

2. Positiflah Terhadap Lingkungan Baru Anda

Jangan lupa untuk buat hari pertama Anda menyenangkan. Itu bisa Anda lakukan dengan memasang kacamata positif di mata Anda. Lihatlah segala hal dengan positif dan bijak. Pada dasarnya akan ada pro dan kontra di setiap sudut ruangan, Jadi dengan berpikir positif dapat memberikan daya tahan mumpuni bagi Anda yang berstatus sebagai karyawan baru.

Suasana baru dan buaya kerja pasti akan sangat berbeda dari tempat sebelumnya. Aplagi bagi Anda karyawaan baru yang berstatus sebagai Fresh graduated. Semua pasti akan terlihat asing dan aneh. Nah di sinilah fungsi berpikir positif terhadap lingkungan kerja baru Anda.

Jika Anda bisa memandangnya dari segi positif, Anda tidak akan terusik dengan hal-hal tersebut.
Berpikir positif juga sangat disarankan saat menghadapi orientasi karyawan. Anda akan lebih terbuka dengan segala pengetahuan dan bisa menyesuaikan diri terhadap perubahan dengan cepat. Semakin positif Anda melihat karyawan lain dan lingkungan kerja Anda, semakin baik hubungan dan komunikasi yang Anda bangun dengan orang-orang di tempat kerja baru.

1. Tetap Jujur dan Utamakan Selalu Kejujuran

Meski terdengar kuno, Tapi tetap jujur dan utamakan kejujuran adalah hal yang harus Anda tanamkan dalam diri Anda.

Bersikap jujur akan memberikan dampak positif bagi Anda dan karir Anda di masa yang akan datang. Hal ini adalah Hal terakhir yang harur dilakukan Sebagai Karyawan baru dari 7 yang Uncchu.com paparkan.

Kejujuran adalah hal yang sangat penting dalam sebuah awal karir dan harus selalu Anda tanamkan dalam diri Anda. Apapun yang terjadi dan kondisi yang akan Anda hadapi nantinya. Apalagi dalam membangun sebuah hubungan baik dalam lingkungan kerja baru.

Jangan pernah menjadi koki abal-abal dalam cerita Anda. Menambahkan bumbu-bumbu tidak akan memberikan dampak bagus bagi Anda yang berstatus karyawan baru. Jika suatu saat apa yang Anda ceritakan terbukti bohong maka Anda akan di cap sebagai pembohong selamanya.

Jika kepercayaan telah lenyap dari diri Anda dan Kejujuran telah tidak ada maka Anda akan menunggu kehancuran karir Anda sendiri. Jadi tetaplah jujur apapun kondisinya. Sekedar informasi bahwa jujur dapat memberikan efek tenang dan nyaman dalam hidup Anda.

Kesimpulan

Dari paparan yang diberikan di atas Anda dapat menyimpulkan bahwa Ada 7 Hal Yang Harus Dilakukan Sebagai Karyawan Baru. Tunjukkan Motivasi Kerja yang Tinggi di Wajah Anda. Tunjukkan Bahwa Waktu Adalah Prioritas Anda. Pelajari Latar Belakang Perusahaan. Aktif Namun Tetap Tahu Mana Prioritas dan Bukan Prioritas. Bersikap Profesional Itu Wajib. Positiflah Terhadap Lingkungan Baru Anda. Tetap Jujur dan Utamakan Selalu Kejujuran.

Nah itulah 7 Hal Yang Harus Dilakukan Sebagai Karyawan Baru, Jika Anda memeiliki pertanyaan seputar masalah karir dan dunia kerja jangan sungkan untuk menghubungi uncchu.com. Berikut Kami rekomendasikan beberapa bacaan lainnya tentang dunia kerja dan karir serta recruitment diantaranya :
  1. Cara dan Strategi Rekruitmen Perusahaan Agar Mendapatkan SDM Terbaik dan Berkualitas
  2. Fresh Graduated, Ini Solusinya Ketika Gagal Saat Sesi Wawancara
  3. Tips Ampuh dan Jitu Meredam Emosi Sesaat dan Setelah Dimarahi Bos atau Atasan

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar