Skip to main content
Uncchu

follow us

6 Khasiat Padi Ungu atau Black Mardas Asal Jepang Bagi Kesehatan

8 Khasiat Padi Ungu atau Black Mardas Asal Jepang Bagi Kesehatan -  Mungkin ada yang belum familiar dengan nama padi yang satu ini. Padi ungu atau yang biasa dikenal dengan Black Mardas ini adalah varian padi yang berasal dari Negara Jepang. Meski belu populer padi ungu atau black Mardas ini memiliki beberapa khasiat yang baik bagi kesehatan.

Black Mardas atau Padi Ungu adalah varietas padi yang sangat berbeda dengan varietas padi yang umumnya di tanam di Indonesia. Seperti IR, Sokan, Caredek dan lain sebagainya. Sekedar informasi Black Mardas adalah padi yang pertama kali dibudidayakan di daerah Madras, India. Varietas Black Mardas ini adalah Padi hasil persilangan varian padi yang bernama Basmati dan padi hitam lokal India. Oleh karena itulah pemberian nama Black Mardas diberikan.


Namun Padi dengan nama Black mardas ini justru populer di Jepang dan Korea. Padi ini berkembang pesat di Jepang dan orean dan diklainm sebagai padi sehat oleh Jepang dan Korea. secara umum padi Black Mardas atau padi Ungu ini memiliki umur tanam yang sama dengan padi varietas lainnya. Termasuk perawatan dan cara tanamnya.


Pada awaalnya Black Mardas atau Padi ungu ini tumbuh hijau seperi padi pada umumnya, Namun pada umur dua minggu hingga sampai umur 40 hari warnanya berubah menjadi ungu kehitaman. Secara umum keunggulan padi varietas Black Mardas ini adalah daya tahannya terhadap hama penyakit krese atau yang dikenal dengan hama klowor kerdil rumput.

Ciri khas dari varietas padi dengan nama Black Mardas atau Padi ungu ini bisa dilihat dari daun dan batangnya yang bewarna ungu kehitaman. Tinggi tanaman berkisar sekitar 75 sampai dengan 110 centimeter. Pada umumnya Black Mardas tidak mudah patah namun memiliki rasa tawar dan tidak pulen dengan warna beras justru putih mengkilap. Black mardas bisa dan bertumbuh di daerah dataran tinggi 20m sampai dengan 1000m di atas permukaan laut.

Ketahanan Black Mardas mencapai standar hingga biotip 2. Padi ungu atau Black Mardas merupakan varietas padi yang sangat mudah ditanam dan perawatannya. Daya tahannya yang luar biasa terutama terhadap hama wereng. Ini dikarenakan warna dan rasanya yang berbeda dengan varietas padi lainnya.

Khasiat Padi Ungu atau Black Mardas

Secara umum Padi Ungu atau Black Mardas kaya akan kandungan antioksidan serta vitamin A dan C yang berperan penting sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Serat yang dihasilkan beras dari padi ungu juga dapat melindungi dari kanker usus dan kanker kolorektal.

Black Mardas atau Padi Ungu ini sebenarnya sudah cukup lama ditanam oleh para petani di Indonesia, tetapi rasanya tidak pulen seperti varietas lainnya dan tidak termasuk kategori padi unggulan sehingga tidak disukai kebanyakan orang. Tetapi ada beberapa Khasiat padi ungu tersendiri yang dapat menambahkan nilai pada varietas ini.

Khasiat padi ungu bisa digunakan sebagai sumber energi yang bagus dengan kandungan karbohidrat yang lumayan tinggi dan cocok untuk kebutuhan harian. Kandungan kainnya seperti mneral, vitamin dan unsur gizi lainnya yang akan mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh sebagaimana Khasiat padi hitam.

Sekedar info selain untuk pertanian padi ini juga dikembangkan sebagai tanaman hias. Jika ditanam di pekarangan, padi ini sangat baik untuk dijadikan hiasan rumah sebagaimana di luar negeri yang menjadikan Khasiat padi ungu sebagai tanaman hias berharga mahal.

Khasiat beras ungu mengandung kandungan minyak dedak beras sehingga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ada juga Khasiat jamur jerami padi dan Khasiat abu sekam padi.

Beras ungu juga dapat digunakan sebagai bahan dalam pembuatan masker wajah untuk meremajakan kulit, mengelupas kulit mati, dan mendinginkan luka radang. Khasiat padi ungu atau black Mardas ini juga berasal dari kandungan fenolik, senyawa flavonoid, vitamin C dan A yang sangat berperan untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan virus dan bakteri.

Berdasarkan uji lab Padi ungu atau black mardas ini mengandung zat amilase yang rendah sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Dengan kadar glikemik yang rendah, beras yang dihasilkan cocok untuk penderita obesitas dan diabetes. Padi ungu berkadar serat tinggi sehingga bisa membuat cepat kenyang.

Nah lalu apa saja Khasiat dari Black Mardas atau Padi Ungu ini? Berikut ulasan dari uncchu.com untuk Anda pecinta padi dan tentunya yang memikirkan kesehatan. Padi ungu atau Black Mardas bisa menjadi salah satu pilihan. Tapi sebelum memutuskan Padi Ungu untuk kesehatan Anda baca dulu 6 Khasiat Padi Ungu atau Black Mardas Asal Jepang Bagi Kesehatan berikut ini.

1. Mengurangi Obesitas dan Diabetes

Manfaat black madras atau padi ungu yang pertama adalah dapat digunakan untuk mengurangi tingkat gula darah. Dibandingkan dengan padi pada umumnya, kadar glikemiknya cukup rendah. Selain itu, kadar seratnya yang tinggi menjadikan Anda kenyang lebih lama tanpa perlu banyak makan. Dari keunikan inilah makanya Padi Ungu atau Black Mardas dapat di jadikan pilihan untuk diet dan kontrol diabetes.

2. Pemasok energi Sehat

Seperti disinggung di atas, Selain cocok sebagai tanaman hias Black Mardas atau Padi Ungu juga Kandungan karbohidrat yang terkandung didalamnya lumayan tinggi dan sesuai untuk kebutuhan sehari-hari Anda. Didukung dengan mineral, vitamin, dan unsur gizi lainnya membuat sistem metabolisme Anda sangat optimal.

3. Mencegah Kanker

Jadi bagi yang ingin terhindar dari kanker, sering-sering saja mengonsumsi olahan dari beras ini. Selain itu, serat yang terdapat dalam beras ini juga berfungsi untuk melindungi terhadap kanker usus serta korektal. Ini dikarenakan Padi ungu ini kaya akan antioksidan dan vitamin A serta C yang berperan penting dalam menangkal radikal bebas. 

4. Kesehatan Kardiovaskular

Walau mungkin jika Anda cari beras ungu dari Jepang ini sulit dan harganya sangat mahal, namun ternyata bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan kardiovaskular Anda. Kandungan minyak dedak beras didalamnya memiliki antioksidan yang mampu menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh Anda.

5. Kecantikan kulit

Ternyata Khasiat beras black madras juga ampuh sebagai sarana perawatan kulit loh. Misalnya untuk peremajaan kulit, pengelupasan kulit mati, hingga pendingin luka radang. Caranya pun mudah, cukup encerkan dengan air lalu usapkan ke kulit.

6. Menjaga Imunitas Tubuh

Kandungan fenolik, senyawa flavanoid, vitamin C dan A sangat berperan dalam menjaga daya tahan tubuh Anda dari serangan virus dan bakteri luar. Terlebih di era yang seperti sekarang ini dimana penyakit mudah sekali menular dan menyerang manusia karena radikal bebas yang menggerogoti daya tahan tubuh Anda.

Nah itulah 6 Khasiat Padi Ungu atau Black Mardas Asal Jepang Bagi Kesehatan, Anda tertarik untuk mencobanya? Sayangnya Black Mardas atau Padi Ungu ini sangat sulit dan agak langka ditemukan di Indonesia. Namun beberapa kesehatan akan sangat baik untuk dikosumsi bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan. Terimakasih telah membaca 6 Khasiat Padi Ungu atau Black Mardas Asal Jepang Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat, Jangan lupa untuk berkomentar dan sillahkan rikues di bawah artikel yang di ingin di bahas di uncchu.com

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar