Skip to main content
Uncchu

follow us

Apa yang Harus Dilakukan Saat Anda Sudah Berumur 18 Tahun?

Sebelum membahas tentang Apa yang Harus Dilakukan Saat  Anda Sudah Berumur 18 Tahun? Mari Simak sedikit tentang ilustrasi sukses dari orang-orang terkenal di bawah ini. Di antaranya seperti yang akan dijelaskan di bawah ini. Siapa mereka? Mereka adalah orang-orang yang telah sukses dari umur belia, Mungkin dari mereka Anda ada yang kenal atau mungkin bahkan ketemu di jalan dan saling lempar senyum?
  1. Mark Zuckerberg menciptakan Facebook ketika dia baru berusia 19 tahun. Dimana Anda? Sibuk menguntit atau stalking perempuan / laki-laki di facebook
  2. Steve Jobs mendirikan Apple di usia dua puluhan. Dimana Anda? Sibuk mengesankan perempuan / laki-laki dengan membeli iPhone dengan uang kerja keras orang tua Anda?
  3. Bill Gates mendirikan Microsoft ketika dia berusia 20 tahun dan menjadi salah satu orang terkaya dan termuda di dunia. Dimana Anda? Sibuk bermimpi tentang menikahi seseorang yang kaya?
  4. Zhang Yiming bernilai 1.620 crores USD pada usia 36. Dimana Anda? Sibuk buang-buang waktu untuk bermain Tik Tok?
  5. Kylie Jenner adalah miliarder termuda di dunia pada usia hanya 21 tahun dengan menjual produk make up. Dimana Anda? Sibuk membuang-buang uang orang tua Anda untuk membeli produk make up untuk mengesankan orang untuk naksir Anda?
  6. Adam D'Angelo mendirikan Quora ketika dia baru berusia 25 tahun dan sebelum itu, dia adalah CTO dari Facebook. Dimana Anda? Sibuk dalam memperbarui cerita vulgar Anda di Quora untuk mendapatkan upvote & views yang banyak?
  7. Malala Yousafazai memenangkan hadiah Nobel ketika dia baru berusia 17 tahun karena perjuangannya melawan penindasan anak-anak dan orang muda dan untuk hak semua anak atas pendidikan. Dimana Anda? Sibuk mengkritik orang tua Anda karena kekurangan sumber daya?
  8. Ritesh Agarwal mendirikan Oyo Rooms di usia dua puluhan. Dimana Anda? Sibuk membuat meme?
  9. Kalpit membuat rekor dengan mencetak nilai penuh di JEE Mains pada usia 17-18. Dimana Anda?, sibuk dalam menulis kisah cinta fiksi yang tidak masuk akal di Quora?
  10. Dan banyak lagi orang-orang sukses lainnya yang telah sangat sukses di usia sangat muda.

Maaf Jika beberapa kata-kata atau mungkin pernyataan di atas telah menyakiti Anda, tetapi selalu ingatlah untuk tidak membuang waktu, tenaga, dan uang orangtua Anda untuk hal-hal yang tidak penting. Cobalah untuk mendorong orang dengan membagikan hal-hal yang membantu dalam mencapai tujuan mereka serta fokuslah pada pencapaian tujuan Anda.

Baik mari kembali ke topik! Tentang Apa yang Harus Dilakukan Saat  Anda Sudah Berumur 18 Tahun? Mari simak beberapa renungan yang sangat pedas di bawah ini. Mungkin dengan membaca dan menikmati dengan seksama beberapa utas di bawah ini bisa menyadarkan Anda. Agar tidak terlalu membuang waktu terlalu banyak.

Cobalah untuk berhenti melakukan hal yang akan diutarakan di bawah saat Anda sudah mulai berumur 18 tahun:

  • Gelar sarjana sangat penting. Jangan putus kuliah kecuali Anda memiliki cukup risiko yang diperhitungkan.
  • Mulai perencanaan bagaimana Anda bisa hidup mandiri pada usia 25.
  • Jangan pernah mempercayai siapa pun di Era Screenshot ini.
  • Jangan pernah berbagi kehidupan pribadi Anda dengan orang asing.
  • Berhentilah berdebat dengan tentang politik. Itu tidak ada gunanya.
  • Pornografi hanyalah ilusi.
  • Alih-alih membuat orang lain terkesan dengan foto Anda yang difilter di instastory, mulailah mengesankan diri sendiri di depan cermin.
  • Ubah ponsel cerdas Anda menjadi mesin pembelajaran.
  • Jangan pernah buang waktu. Kurang satu detik tidak menghasilkan satu jam. Waktu adalah segalanya, segalanya adalah waktu.
  • Jadilah yang berorientasi pada tindakan. Anda telah membuat cukup rencana, tabel waktu yang cukup, menempelkan kutipan motivasi yang cukup di dinding Anda, menonton video motivasi yang cukup, film dll, tetapi Anda masih belum berubah! Mengapa??!
  • Jangan pernah memberi saran kepada teman Anda kecuali kalau diminta. Anda mungkin dalam masalah pada akhirnya.
  • PUBG dan Mobile Legends adalah omong kosong terbesar yang disajikan industri hiburan kepada kaum muda.
  • Media sosial dapat memberi Anda depresi kronis. Terkadang, jadikan diri Anda tidak tersedia dari dunia virtual dan habiskan di taman!
  • Bahkan jika Anda tidak ditakdirkan untuk menjadi pengusaha, setidaknya milikilah pengetahuan tentang bisnis dan dunia pemasaran. Itu sangat berguna.
  • Berhentilah memposting cerita-cerita buruk yang didengungkan oleh Anda di media sosial Anda. Tidak ada yang peduli tentang Anda.
  • Pengikut Instagram atau pembunuhan PUBG yang dapat Anda raih tidak memiliki tempat di CV Anda.
  • Berhenti memposting tangkapan layar dari obrolan pribadi Anda dengan kekasih Anda atau siapa pun. Jaga kehidupan pribadi tetap pribadi.
  • Jangan pernah menggunakan kata-kata kotor saat mengobrol dengan teman yang lebih tua / junior / kekasih Anda / atau siapa pun, meskipun Anda tidak memiliki kosa kata yang kuat untuk mengekspresikan diri.
  • Hentikan menghapus WhatsApp DP Anda dan hentikan instastory setiap kali Anda memiliki kemunduran emosional. Belajarlah untuk menjadi kuat.
  • Hanya karena Anda belajar di perguruan tinggi ternama, tidak berarti Anda dapat memandang rendah rekan-rekan Anda yang belajar di perguruan tinggi biasa. Tidak ada yang tahu dari siapa dan dari mana lompatan terbesar berikutnya akan datang. Jatuhkan ego Anda sedikit!
  • Hormatilah setiap orang yang Anda temui. Seorang pengemudi becak tidak kalah bermartabat dengan seseorang di Lamborghini.
  • Jangan terlalu banyak menonton video yang memotivasi di YouTube. Semakin banyak Anda menonton, semakin sedikit yang Anda capai. Video sebulan sekali sudah cukup.
  • Dimanapun Anda berada, apakah di hotel, di pinggir jalan, di halte bus dll, belajarlah mengamati orang. Anda akan belajar sesuatu.
  • Mulailah berjaringan. Jaringan Anda adalah kekayaan bersih Anda.
  • Berhentilah menuntut iPhone dari orang tua Anda. Mintalah buku-buku sebagai gantinya.

Sikap Saat Tidak ada.

Tidak ada hal khusus yang bisa anda lakukan untuk sukses dimasa depan. Semua hanya hal umum-umum saja. Ada orang yang biasa saja 18 tahunnya namun kedepannya gemilang. Ada orang yang hebat 18 tahunnya namun kedepannya biasa saja.

Ada orang yang biasa saja 18 tahunnya namun kedepannya ya biasa saja. Ada orang yang hebat 18 tahunnya dan tetap hebat kedepannya. Sesuatu yang terjadi atau dilakukan 18 tahun bisa mempengaruhi masa depan, ataupun tidak mempengaruhi.

Bahkan kalau bicara probabilitas, peluang anda sukses atau tidak, sudah ditentukan dari keberuntungan yang anda dapat. Tidak ada orang yang selalu beruntung atau selalu sial. Semua kadang akan beruntung kadang akan sial. Sehingga yang paling penting agar anda sukses, adalah sikap saat beruntung. Bukan sikap saat sial.

Sikap saat sial

Saat tertimpa sial, anda harus secepat mungkin melewati fase DABDA (Denial Anger Bargain Depression Accepting). Ketika sial, langsung terima kesialan anda, tak perlu marah, atau menawar yang tak berguna, bahkan sampai stress dan depresi. Fokus pada menerima. Semakin cepat anda menerima, survivabilitas anda semakin bagus.

Sikap saat beruntung

Inilah yang membedakan orang sukses atau tidak. Selalu waspada jika sedang beruntung. Ingat bahwa keberuntungan tidak selalu terjadi. Sedang beruntung memiliki orang tua kaya, jangan foya-foya. Hitung baik-baik, seberapa aman keuangan anda.

Sedang beruntung dapat hadiah lotre, menang medali emas, hadiah top skorer, juara olahraga, pengobatan batu laris keras (seperti Ponari), jangan merasa itu mudah diulangi lagi. Segera konsul ke saya, atau segera fikirkan manajemen keuangannya.

Sedang sukses bisnisnya, juga jangan lupa manajemen risiko. Kalau bisnis kolaps sejauh mana akan jatuh. Cadangan apa yang perlu dilakukan. Tidak perlu nekat banget-banget. Sedang beruntung bisa dapat beasiswa, fokus diselesaikan dengan cepat sebelum masa beasiswa habis. Sikap waspada kepada keberuntungan adalah pembeda orang sukses dan bukan.

Kesimpulan Apa yang Harus Dilakukan Saat  Anda Sudah Berumur 18 Tahun? 


  1. Lakukan saja apa yang kamu ingin lakukan di usia 18 tahun. Ingat selalu untuk banyak membaca untuk meminimalisir risiko.
  2. Walau membaca tidak akan membuang kesialan, namun mengurangi probablitasnya.
  3. Ketika sial, terima dan jalani.
  4. Ketika beruntung, ini lebih penting lagi. Sikap ketika beruntung adalah kunci sukses kita.


Pertama, fokus pada hobi dan minat. Jika memilih jurusan yang salah, masa depan akan kacau. Kalau suka sama satu hal, lakuin aja terus, tapi harus jadi orang terbaik di bidang Anda, bukan yang biasa-biasa saja. Kalau suka main game, teruskanlah. Jadilah youtuber gamer dan cobalah menjadi yang terbaik. Sekarang gamer saja bisa menghasilkan uang.

Kedua, berpikir panjang untuk masa depan. Katakanlah Anda sudah menjadi youtuber gamer terkenal, lalu Anda sudah berusia 35 tahun dan Anda bingung tentang masa depan youtube Anda. Cobalah membuka usaha dan mempromosikannya melalui fans Anda karena orang sudah mengenal Anda dengan baik.

Ketiga, jangan terlalu banyak mikir atau berencana. Rencana penting, tapi tanpa tindakan, hasilnya zero.

Keempat, nikmatilah hidup Anda selagi muda dengan cara Anda sendiri. Jika Anda suka belajar, bacalah sebanyak mungkin. Jika Anda suka hangout dan suka main, bangunlah relasi sebanyak mungkin. Hidup sesuai cara yang Anda secara positif.

Kelima, jika masih muda, jangan terpengaruh teman. Hidup dengan cara lo dan gaya lo dengan positif. Gak usah lah sok-sokan cobain rokok atau miras, supaya kesannya keren, padahal itu justru norak.

Keenam, delapan belas tahun itu biasanya titik balik seseorang. Kalau orang salah jurusan saat kuliah, Anda mungkin di dropout. Pikirkan hobi Anda atau bidang yang setidaknya Anda tertarik banget, cocok dengan kepribadian Anda, dan bagus buat masa depan, katakanlah masa depan Anda cerah dengan bidang tersebut. Jangan pernah putus sekolah di tengah jalan.

Bahkan attitude seorang anak kuliah yang di dropout berbeda sama yang lulusan SMA, lingkungan pergaulannya juga berbeda, dan pola pikirnya juga berbeda. Sebenarnya sekolah itu bukan masalah subjek pelajaran, tapi tentang pertemanan, pergaulan, pola pikir, attitude dan sebagainya. Makanya kalau mendengar anak kuliah di DO, terus menjadi pengusaha sukses, janganlah kaget. Itu cuman buaian motivator. Karena pendidikan sangatlah penting.

Ketujuh, jadi diri sendiri, sekalipun orang meminta Anda untuk berubah, janganlah berubah. Jadilah diri Anda menjadi versi yang lebih dewasa bukan menjadi versi yang lebih buruk. Contohnya adalah Miley Cyrus, dia berubah menjadi lebih buruk karena faktor dari pergaulan. Peganglah prinsip hidup positif yang ada di dalam diri Anda sejak dulu. Jika Anda memang introvert, itu bukanlah masalah. Tuhan mungkin menciptakan Anda menjadi orang pintar dan pemikir hebat yang berguna untuk orang lain.

Kedelapan, jadilah orang baik, berbakti sama orang tua, dan jangan pernah menyerah sesulit apapun hidup Anda, atau ketika Anda sedang dalam nasib naas. Shalat, pergi ke gereja, dan kegiatan agama sangat penting, tapi tetap ikuti orang-orang positif, jika ada pemimpin agama menyimpang, janganlah diikuti. Ingat, ustadz, pendeta atau biksu bukanlah Tuhan. Mereka juga adalah manusia juga. Yang penting, apa yang dikatakan kitab suci, bukan apa yang dikatakan mereka.

Nah itulah sekilas tentang Apa yang Harus Dilakukan Saat  Anda Sudah Berumur 18 Tahun? Mudah-mudahan bisa menjadi bahan renungan bagi Anda yang masih galau dan sering bersikap aneh, baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Cobalah...

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar