Skip to main content
Uncchu

follow us

Nonton Asik | My News

Cara Mengatasi Laporan DMCA Palsu dan Banding di DMCA Tentang Hak Cipta

Cara Mengatasi Pelaporan DMCA Palsu dan Banding di DMCA Tentang Hak Cipta - Beberapa waktu belakangan ini beberapa blog besar yang dimiliki oleh suhu dan master dunia blogger Indonesia sedang dilanda masalah tentang Hak Cipta dari DMCA. Beberapa url dan link dari blog besar tersebut langsung di take down oleh google search engine. 

Blog besar seperti kompiajaib milik Kang Adhi Suryadhi dan Sugeng.id milik Mas Sugeng mendapat masalah besar dari pelaporan tersebut. Bukan itu saja beberapa dan banyak lagi blog blog kenamaan milik orang Indonesia juga mengalami hal serupa. Beberapa blog tersebut telah di take down oleh pihak google karena laporan yang dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab melalui DMCA. Mirisnya laporan tersebut mengenai hak cipta yang menyerang pembuat aslinya. Sebut saja beberapa template buatan Mas sugeng dilaporkan ke DMCA karena melanggar hak cipta

Template blogger seperti Viomagz dan EvoMagz hasil buatan Mas Sugeng dilaporkan oknum tersebut sebagi template bodong yang telah dicuri oleh Mas Sugeng. Sungguh lucu hal yang dilakukan pelapor, justru melaporkan buatan Mas Sugeng sendiri sebagai templatenya yang telah dicuri oleh Mas Sugeng. Parahnya beberapa laporan justru diproses dan dieksekusi oleh DMCA dan Google. Hasilnya beberapa link dari blog Mas Sugeng justru di take down oleh Google. Hal ini juga menyerang beberapa blogger pengguna yang juga memberikan review tentang Viomagz dan EvoMagz di blog mereka. Uh sangat kejam apa yang unknow people tersebut lakukan ketika iri dan dengki merajai hati.

Tidak jauh berbeda dengan apa yang terjadi dengan Mas Sugeng, Kang Adhi Suryadi selaku owner kompiajaib juga terkena beberapa laporan tersebut. Beberapa template buatan dari Kang Adhi Suryadi seperti Kompi Flexible justru dilaporkan oleh orang pengecut (begitu Kang Adhi Menyebutnya). Imbasnya KompiAjaib dan beberapa blogger pemakai dan pe-review template Kompi Flexible di take down oleh pihak google.

Membaca komenan dari beberapa pengikut dan teman, Baik Mas Sugeng atau Kang Adhi Suryadhi menyebutkan bahwa semua laporan menjurus pada satu tersangka. Secara pribadi hingga artikel ini diturunkan Mas Sugeng belum memberikan tanggapan akan laporan Fake Report DMCA yang diterimanya. Sedangkan Kang Adhi Suryadhi melalui balasan komentar yang diberikan beliau menyebutkan bahwa belum tentu yang bersangkutan yang melaporkan. Melihat celah besar yang ada dalam proses pelaporan di DMCA.

Terlepas dari beberapa permasalahan di atas, Semoga saja laporan fake ini segera mendapatkan solusi yang mumpuni. Karena ada beberapa pelapor yang justru merasa jawaban banding yang mereka kirimkan ke DMCA tak berhujung pada penyelesaian dan terkesan diabaikan. Atau malah memeng pihak DMCA lagi sibuk menanggapi banding yang membludak dari akibat keputusan (Salah) yang mereka ambil. Bisa saja pihak DMCA dituntut balik karena mengambil keputusan salah dan melakukan Take down kebeberapa situs yang sejatinya adalah pemilik asli Hak Cipta tersebut. Humzz Kita tunggu saja akhir dari perang tak sebanding ini.

Namun blog uncchu.com tidak akan menikmati perang tersebut. Blog Uncchu.com akan kembali ke pembahasan tentang Cara Mengatasi Pelaporan DMCA Palsu dan Banding di DMCA Tentang Hak Cipta. Dikutip dari facebook Kang Adhi Suryadhi berikut adaalah cara yang bisa ditempuh oleh Para Blogger yang terkena masalah Pelaporan Palsu tentang Hak Cipta di DMCA.

Jika ada yang kena DMCA dari tema-tema milik saya, itu bukan saya yang melaporkan. Sebaiknya buat banding dan jelaskan post yang kena sejelas-jelasnya pakai bahasa Inggris. Jika tidak bisa Inggris, gunakan Google Translate. Karena jika tidak banding berarti itu mengakui bahwa kita salah dan itu akan diakumulasi dan menyebabkan blog dihapus.

Demikian Cara Mengatasi Pelaporan DMCA Palsu dan Banding di DMCA Tentang Hak Cipta menurut Kang Adhi Suryadhi, Sedangkan dari Mas Sugeng Uncchu.com belum mendapatkan trik yang dibocorkan secara pribadi oleh Mas Sugeng. Kita tunggu saja beberapa Master blogger ini pasti mengetahui cara terbaik mengenai Cara Mengatasi Pelaporan DMCA Palsu dan Banding di DMCA Tentang Hak Cipta ini.

Artikel tentang Cara Mengatasi Pelaporan DMCA Palsu dan Banding di DMCA Tentang Hak Cipta akan segera diupdate setelah ditemukan cara pas dan tepat untuk melawan Pelaporan Hak Cipta Palsu ini. Atau Kita justru banding melaporkan DMCA karena telah tidak dengan teliti membuat keputusan tentang hak cipta? hehehe

Semoga para blogger Indonesia bisa bersaing dengan cara yang sportif. Jangan menggunakan cara masif seperi ini. Melakukan pelaporan fake ke DMCA tentang Hak Cipta padahal tidak pernah menciptakan apa yang dilaporkan. Dan suatu yang pasti adalah Kita memiliki reeki masing-masing dan tak akan tertukar.

Update : Cara Mengatasi Laporan DMCA Palsu dan Banding di DMCA Tentang Hak Cipta

Diupdate tanggal 11 Agustus 2019 tentang Cara Mengatasi Laporan DMCA Palsu dan Banding di DMCA Tentang Hak Cipta

Setelah Cara Mengatasi Laporan DMCA Palsu dan Banding di DMCA Tentang Hak Cipta yang dipaparkan oleh Kang Adhi Suryadhi di atas melalui postingan di akun facebook beliau, Berikut adalah update terbaru tentang Cara Mengatasi Laporan DMCA Palsu dan Banding di DMCA Tentang Hak Cipta. Artikel ini adalah tambal sulam dari beberapa pengalaman suhu-suhu blogger di grup facebook ditambah sedikit pengalamn saya tentang Cara Mengatasi Laporan DMCA Palsu dan Banding di DMCA Tentang Hak Cipta.

Jika konten Anda legal dan original sebaiknya langsung masuk ke email tersebut dan klik DMCA Counter Notification. Langsung saja lakukan klarifikasi secepat mungkin tentang laporan DMCA yang Anda terima. Atau juga bisa dengan masuk dan mengakses situs berikut https://support.google.com/legal/contact/lr_counternotice?product=websearch. Setelah masuk kemudian pilih DMCA Counter Notification. Dan jelaskan secara detil permasalahan yang anda dapatkan.

Setelah itu anda dapat memiilih DMCA Counter Notification, Disitu di bagian paling bawah ada peraturan bahasa, anda bisa memilih bahasa yang bisa anda gunakan tapi sangat disarankan untuk melakukan Banding dengan menggunakan bahasa inggris. Isilah berbagai kolom yang disediakan dengan tepat dan jujur kalau konten anda dibuat adalah konten original dan dibuat dengan status hukum Legal dan telah mendapat persetujuan dari pemilik (khusus untuk review, disarankan melampirkan Sreenshoot layar dengan pemilik asli). Tentu pada kolom detail selengkapnya, anda isi dengan bahasa yang santun, jelas dan tegas tentang konten anda yang legal.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar