Skip to main content
Uncchu

follow us

Gunung Talang, Keindahan dari Kakinya yang Memanjakan Mata

Gunung Talang, Keindahan dari Kakinya yang Memanjakan Mata. Siapa yang tidak kenal dengan gunung yang bernama Gunung Talang ini? Gunung Api aktif ini berlokasi di Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Indonesia dan masih termasuk dalam kategori asri. Gunung Talang dalam catatan sejarah sempat beberapa kali meletus dan pernah juga mati beberapa waktu kemudian aktif lagi menjadi Gunung Api.


Gunung Talang termasuk dalam jajaran gunung Api aktif yang berada di daerah Minangkabau yang termasuk dalam daerah teritori hukum Provinsi Sumatera Barat. 

Konon Katanya gunung Talang memilik rangkaian panjang magma dengan Gunung Marapi dan Gunung Singgalang serta gunung Kerinci di perbatasan Kerinci Sungai Penuh Provinsi Jambi dan Solok Selatan.

Menariknya Gunung Talang juga pernah menjadi penyebab salah satu program transmigrasi Orang Talang ke daerah transmigrasi di kawasan Kabupaten Dharmasraya yang bernama Timpeh. Ini dikarenakan Galodo atau Musibah air bah dari tepian danau di badan Gunung Talang meluluhlantakkan sebagian daerah Talang dan sekitarnya pada tahun 1987 lalu. 

Program transmigrasi ini menyisipkan warga asli Sumatera Barat di dalam jutaaan orang Jawa yang dipindahkan masal ke daerah Trasmigrasi di dataran hangat Kabupaten Dharmasraya. Menyatu dan hidup rukun di bawah kabupaten Dharmasraya

Gunung Talang, Gunung Nan cantik dan tidak terlalu tinggi ini berbentuk unik. Konon cerita masyarakat yang berkembang yang berkaitan dengan bentuk gunung Talang ini sangatlah banyak. 

Ada sebagian masyarakat sekitar yang menyatakan bentuk dari Gunung Talang ini bagai bidadari yang tertidur panjang dan ada juga sebagian masyarakat sekitar yang menyebut seperti Nago Lalok

Terlepas dari Urban Story tentang Gunung Talang yang berkembang. Sejatinya Gunung Talang memeiliki landaian dan tebing yang cukup curam. Beberapa hutan basah khas daerah tropis yang masih belum tersentuh. Hanya saja dibeberapa bagian track dan jalur pendakian sudah menjadi ladang sampah nan panjang hingga puncak. 

Beberapa bunga asli pegunungan juga sudah mulai langka karena banyak yang di jadikan oleh-oleh bagi pendaki alay yang belum paham betul arti sebuah pendakian. 

Sebenarnya larangan untuk mengambil bunga asli di pegunungan seperti edelweis sudah disosialisasikan secara periodik kepada setiap pendaki yang hendak mendaki Gunung Talang. 

Namun tetap saja ada tangan-tangan nakal pendaki alay yang memanen edelweis sebagai oleh-oleh. Masalah lain yang tidak kalah pentingnya untuk segera ditangani secara cepat dan tepat adalah masalah sampah. 

Ratusan ton sampah juga sudah mulai berserakan di sepanjang jalur pendakian. Miris memang tapi mungkin begitulah resiko yang harus dihadapi ketika sebuah Gunung mulai dijamah tangan manusia.

Lupakan sejenak beberapa masalah di atas. Ada hal unik yang patut diketahui tentang Gunung Talang ini. Yaitu untuk menikmati indahnya gunung Talang Anda tidak perju susah-susah nanjak sampai ke kawahnya. 

Cukup jelajahi daerah pemukiman penduduk di sekitar kaki Gunung Talang. Pemukiman penduduk tersebut adalah daerah yang berada di wilayah Kecamatan Gunung Talang dan Kecamatang Payung Sekaki Kabupaten Solok.

Namun Kali ini Kita akan melihat pesona Gunung Talang dari Nagari Talang, Tepatnya dari daerah yang bernama Jorong Anau Kadok. Jorong Anau Kadok adalah daerah pinggiran yang berada di kaki Gunung Talang. 

Jorong Anau Kadok merupakan daerah subur yang menjadi sumber utama pangan penting seperti Padi dan sayuran segar. Cabe, Bawang serta Daun Sup. Beberapa komoditi tersebut tersedia sangat melimpah di sini. 

Beras Solok dengan varian Bareh Sokan yang terkenal itu juga juga kebanyakan berasal dari daerah ini. Beras Solok dengan Varietas Sokan ini merupakan varietas unggul asli dari daerah ini. Abu atau belerang dari hasil letusan Gunung Talang menyulap daerah ini menjadi daerah subur.

Ada beberapa spot yang patut Anda kunjungi di daerah ini. Terutama di Jorong Anau Kadok tepatnya dari bekas jalur galodo tahun 1987. Dari spot ini view Gunung Talang terlihat sangat menantang pemburu spot-spot foto yang intagramable. 

Dari daerah jalur Galodo ini Kita seakan melihat Gunung Talang tepat di depan mata. Gunung Talang terlihat utuh di dua gundukannya. Tempat ini menjadi spot pilihan tepat untuk berfoto selfie atau tempat untuk mengambil beberapa foto Rancak dengan kamera profesional. Spot ini bernama Galodo.

Tempat lain yang juga menjadi spot rekomendasi untuk pengambilan beberapa foto ciamik adalah di jalan penghubung antara Jorong Koto Gaek Talang dengan Jorong Anau Kadok. 

Kawasan yang bernama Sawah Talang ini meyuguhkan pemandangan yang cantik untuk dinikmati mata. Di sepanjang jalan ini Anda akan dimanjakan dengan pemandangan sawah berjenjang nan membentang hijau di saat musim sebelum panen tiba. 

Tempat ini akan jadi tempat yang sangat direkomendasikan bagi pemburu photo Rancak dengan berlatar pegunungan dan jenjang pesawahan nan hijau.


Sekedar info jenjang sawah di sekitaran kawasan sawah Talang ini menambah anggunnya pesona gunung Talang dari kakinya. Jika sedang beruntung di musim awal tanam padi akan banyak sekali bangau putih bermain di sini. 

Bangau tersebut akan menemani petani setempat yang sedang membajak sawah mereka. Nah nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang Kamu dustakan?

Anda tertarik menikmati pesona Gunung Talang dari kakinya? Jangan takut, Akomodasi sangat lancar di sini. Dari arah Padang Ibu Kota provinsi Sumatera Barat. 

Anda bisa menuju daerah ini dengan menumpang minibus bewarna Biru dan turun tepat di simpang Empat Talang. Di simpang Empat Talang akan Ada akomodasi berupa ojek menuju Sawah Talang dan Jorong Anau Kadok. 

Akomodasi ojek utuk tujuan Anau Kadok dan Sawah Talang ini biasanya berada di sisi kanan jalan dari arah Kota Padang.

Cukup dengan harga ongkos berkisar lima ribu rupiah hingga sepuluh ribu rupiah akomodasi Ojek tersebut sudah bisa mengantar Anda ke dua tempat tadi. Yaitu Galodo di Jorong Tabek Pala dan Sawah Talang di Jorong Koto Gaek Talang. 

Jika ingin menginap ada beberapa rumah masyarakat yang bisa Anda gunakan. Tentunya jangan lupa untuk membawa baju hangat alias jaket jika ingin menginap di daerah ini. Karena Suhu di daerah kaki Gunung Talang ini bisa mencapai pada kisaran dibawah 23 derajat celcius di saat dingin-dinginnya. 

Anda tertarik untuk berkunjung dan berswa foto di daerah ini? Menikmati indahnya gunung Talang dari kakinya yang memikat mata. 

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar