Skip to main content
Uncchu

follow us

Cara dan Manfaat Pentingnya Manajemen Waktu dalam Pekerjaan

Cara dan Pentingnya Manajemen Waktu dalam dan di tempat Kerja. Pekerjaan dan Manajemen waktu dalam kerja dan Pentingnya Manajemen Waktu di kantor. Judul yang menarik bukan?

Waktu adalah salah satu hal yang tidak dapat dipenuhi oleh para profesional dalam bekerja. Karena waktu bergulir begitu saja tanpa ada yang bisa menghentikannya.

Tidak peduli Apakah Anda seorang pemula atau veteran, Anda akan selalu membutuhkan satu jam lagi untuk menandai tugas-tugas dari daftar tugas yang baru saja anda kerjakan.

Sulit untuk mengendalikan setiap menit dari hari Anda terutama ketika adaanya banyak gangguan di sekitar anda.

Sejak kecil, orang tua dan guru Anda telah menyarankan Anda untuk menghabiskan waktu dan uang dengan bijak.

Dan di artikel kali ini akan menyadarkan anda kembali pada betapa pentingnya sebuah usaha yang bernama manajemen waktu.

Hari ini di dalam artikel ini, kita akan berbicara tentang pentingnya manajemen waktu di tempat kerja. Apa saja? Oleh Karena itu Jangan lewatkan bahasan tentang pentingnya manajemen waktu di tempat kerja di bawah ini.

Sebelum mempelajari langsung pentingnya manajemen waktu di tempat kerja, mari kita lihat apa sebenarnya manajemen waktu tersebut. Anda bisa klik beberaoa item dari daftar isi di bawah ini. Sebelum melanjutkan membaca artikelnya.

Apa itu manajemen waktu?


Manajemen waktu secara bahasa adalah proses perencanaan dan pengendalian secara sadar terhadap waktu yang dihabiskan untuk kegiatan tertentu agar bekerja lebih pintar daripada lebih sulit.

Ini adalah tindakan juggling dari berbagai hal yang membantu Anda meningkatkan efisiensi dan mencapai keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik.

Memperbaiki manajemen waktu di tempat kerja memungkinkan Anda untuk meningkatkan kinerja dan mencapai tujuan yang diinginkan dengan sedikit upaya dan strategi yang lebih efektif.


Namun, kegagalan dalam mengelola waktu atau keterampilan manajemen waktu yang buruk di tempat kerja dapat mengakibatkan :
  1. Tenggat waktu dan janji temu yang terlewatkan
  2. Penundaan dan kurang fokus
  3. Kurang profesionalisme
  4. Alur kerja yang tidak efisien dan kualitas kerja yang rendah
  5. Stres yang tidak diinginkan
  6. Reputasi profesional yang buruk
  7. Hubungan kerja yang tegang
  8. Sanksi finansial
  9. Ketidakseimbangan pekerjaan dan kehidupan
Waktu adalah aset yang tak tergantikan. Ini lebih berharga daripada uang, terutama di dunia bisnis yang serba cepat dan sangat kompetitif ini.

Anda bisa mendapatkan lebih banyak uang, tetapi Anda tidak bisa mendapatkan lebih banyak waktu. Pastikan Anda menghabiskan waktu di tempat yang paling berarti bagi Anda.

Manfaat manajemen waktu di tempat kerja


Lalu apa Manfaat manajemen waktu di tempat kerja? Ada banyak keuntungan yang datang bersama dengan manajemen waktu yang tepat. Dalam kehidupan profesional Anda, manajemen waktu dapat menguntungkan Anda diantaranya sebagai berikut.

Menyelesaikan Pekerjaan atau Proyek Tepat Waktu


Memberikan proyek tepat waktu. Mengalokasikan periode waktu yang terbatas untuk tugas membantu Anda menyelesaikannya tepat waktu. Ini juga membantu Anda mengelola beban kerja dengan cara yang paling efektif.

Ketika Anda memiliki tugas dengan kotak waktu, otak Anda akan dipasang kembali untuk mengikuti struktur dan menyelesaikan aktivitas-aktivitas tersebut dalam kerangka waktu yang diinginkan. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah mengirimkan pekerjaan tepat waktu jika Anda telah mengatur waktu Anda dengan baik.

Memberikan kualitas kerja yang lebih baik


Memberikan kualitas kerja. Sebagai karyawan yang berdedikasi, Anda diharapkan memberikan pekerjaan dengan kualitas dan standar tertentu. Dengan pemanfaatan waktu yang tepat dan prioritas kegiatan.

Seseorang dapat dengan mudah memberikan kualitas kerja yang lebih baik. Prioritisasi membantu Anda fokus pada tugas-tugas penting dengan menjaganya dalam prioritas tertinggi yang memungkinkan Anda mengerjakannya dengan perhatian dan fokus penuh. Karenanya, kualitas pekerjaan ditingkatkan.

Lebih banyak produktivitas dan efisiensi


Lebih banyak produktivitas dan efisiensi. Bukan rahasia lagi bahwa keterampilan manajemen waktu yang efektif membuat Anda lebih produktif dan efisien sebagai seorang profesional yang bekerja. Keterampilan ini sangat membantu dalam membantu Anda menyelesaikan tugas sedini mungkin tanpa mengurangi kualitas pekerjaan.

Produktivitas Anda secara keseluruhan sering kali dilemparkan ketika Anda mengerjakan tugas-tugas yang tidak penting tetapi keterampilan manajemen waktu yang efektif memungkinkan Anda menandai tugas-tugas yang penting dan mendesak tepat waktu.

Tidak ada lagi penundaan


"Aku akan melakukannya nanti" - Ini adalah alasan yang kita semua buat pada suatu waktu. Arti manajemen waktu tidak hanya tentang melakukan lebih banyak dalam waktu yang lebih sedikit tetapi juga untuk mengurangi keinginan untuk menunda dan menunda-nunda tugas-tugas penting.

Menerapkan trik manajemen waktu yang baik memungkinkan Anda sebagai pendiri, pemimpin, atau karyawan untuk bekerja lebih cerdas daripada lebih keras. Itu langsung menghilangkan penundaan dengan memastikan bahwa Anda terbiasa dengan tugas-tugas yang ditambahkan dalam daftar tugas dan ketika itu harus selesai.

Mengurangi stres dan rasa cemas


Mengurangi stres dan rasa cemas. Ada kalanya karyawan merasa kewalahan karena terlalu banyak bekerja di atas piring mereka.

Ini tidak hanya dapat menghambat produktivitas Anda tetapi juga mengorbankan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Ketahuilah Stres dan hipertensi yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit jantung, depresi, obesitas, dan banyak lagi.

Mengetahui apa yang harus dilakukan dan menajemen waktu yang baik dapat mengurangi stres dan ketegangan yang tidak perlu dari hidup Anda.

Kualitas hidup jadi meningkat


Meningkatnya kualitas hidup. Keahlian  dalam manajemen waktu yang efektif tidak hanya bermanfaat bagi kehidupan profesional Anda tetapi juga dapat meningkatkan kehidupan Anda di luar kantor.

Jika Anda menjaga hal-hal di bawah kendali dengan cara profesional, Anda mendapatkan lebih banyak waktu untuk fokus pada kehidupan pribadi dan hubungan Anda.

Mengetahui fakta bahwa tugas dan kegiatan berada di jalurnya akan membawa rasa tenang dalam kehidupan pribadi Anda. Ketika Anda merasa lebih tenang dan tidak merasa stres, kualitas hidup Anda secara otomatis meningkat drastis.

Lebih banyak peluang dan karier akan bertumbuh pesat.


Lebih banyak peluang dan karier akan bertumbuh pesat. Tepat waktu dengan pekerjaan Anda tidak hanya akan meningkatkan efektivitas Anda tetapi juga akan membantu Anda mendapatkan reputasi yang baik di tempat kerja.

Ketika manajer dan atasan tahu bahwa Anda selalu menyelesaikan tugas tepat waktu, itu bisa memberi jalan dan  peluang besar untuk promosi karier ke jenjang yang lebih baik.

Punya waktu lebih untuk rekreasi


Punya waktu lebih untuk rekreasi. Pertanyaannya Kapan terakhir kali Anda punya waktu untuk diri sendiri dan melakukan hal-hal yang benar-benar Anda sukai? Tidak ingat, kan?

Untungnya, dengan manajemen waktu yang baik, Anda akan mendapatkan lebih banyak waktu luang di hari Anda untuk melakukan kegiatan rekreasi.

Tentunya rekreasi yang membuat Anda bahagia. Dengan adanya manjemen waktu Pada akhirnya ini membantu Anda untuk menciptakan keseimbangan yang sempurna dengan bekerja cerdas sepanjang hari dan mendapatkan imbalan pantas atas kerja keras Anda sebagai balasannya. Salah satunya adalah Anda jadi punya waktu lebih untuk rekreasi atau melakukan hal yang menyenangkan.

Nah setelah Anda memahami manfaat dari pentingnya manajemen waktu dalam pekerjaan. Kini saatnya kita bocorkan beberapa tips atau cara ampuh untuk manajemen waktu. Apa saja? Berikut ulasannya untuk Anda.

Langkah atau Cara melakukan manajemen waktu yang ampuh di tempat kerja


Langkah atau cara ampuh menajemen waktu di tempat kerja. Manajemen waktu bukanlah ilmu roket. Terus terang, siapa pun dapat mempelajari seni ini dengan sedikit latihan dan pembelajaran. Jadi, jangan takut untuk tidak bisa menerapkannya di kehidupan Anda.

Ada beberapa langkah cerdas dan ampuh yang akan membentuk Anda menjadi pakar dalam manajemen waktu untuk diri sendiri.

Buatlah Perencanaan yang Matang


Buatlah Perencanaan yang matang. Perencanaan yang matang memainkan peran penting dalam manajemen waktu karena keduanya berjalan beriringan satu sama lain.

Anda dapat memanfaatkan waktu Anda hanya jika sudah direncanakan secara menyeluruh. Ketika kita berbicara tentang perencanaan, Anda tidak perlu harus mengikuti rutinitas yang ketat tapi sebaliknya. Membuat keputusan yang lebih cerdas untuk mengetahui waktu -  waktu yang tepat untuk melakukan tugas atau kegiatan.

Gagasan di balik manajemen waktu adalah bekerja lebih cerdas daripada lebih keras dan meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal lain juga.

Penulis terlaris Brian Tracy pernah mengatakan bahwa Setiap menit yang Anda habiskan dalam perencanaan menghemat 10 menit dalam eksekusi; ini memberi Anda imbas dalam Pengembalian Energi sampai 1.000 persen. Keren bukan?

Buat Priotas yang lebih Prioritas


Memprioritaskan yang lebih prioritas pada tugas harian Anda adalah kunci keberhasilan manajemen waktu.

Banyak karyawan justru memulai hari mereka dengan tugas-tugas yang tidak penting atau sesuatu yang dapat dengan mudah dilakukan nanti.

Penetapan prioritas membantu Anda menyadari bahwa tidak semua yang Anda lakukan adalah penting.

Oleh karena itu. Prioritas itu penting. Penting untuk fokus pada prioritas Anda untuk mencapai kesuksesan di tempat kerja.

Cari tahu tugas-tugas paling penting dan yang mendesak. Kategorikan tugas-tugas ini akan membantu Anda fokus pada apa yang sebenarnya perlu dilakukan.

Anda dapat menggunakan berbagai media. Untuk manajemen tugas atau proyek yang membantu Anda mengatur prioritas sejak hari pertama dimulainya sebuah proyek atau kerjaan.

Kurangi Multitasking


Multitasking adalah salah satu kegiatan membuang-buang waktu terbesar dalam sebuah pekerjaan.

Alih-alih menyelesaikan terlalu banyak hal, Anda malah tidak mendapatkan apa-apa darinya.

Cara terbaik untuk memanfaatkan waktu Anda adalah mengerjakan satu persatu tugas Anda. Setelah selesai barulah lakukan hal lain.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya buatlah daftar paling  priotas dari beberapa tugas yang menjadi prioritas.

Ini Tidak hanya membantu anda untuk fokus tapi juga membuat anda menghemat banyak waktu untuk sebuah proyek prioritas.

Hal ini juga mengurangi resiko anda melakukan kesalahan pada sebuah proyek dan tugas-tugas yang sedang anda emban atau kerjakan.

Enyahkan Gangguan

Dalam kehidupan kita sehari-hari, gangguan menghabiskan banyak waktu berharga dalam sehari. Ponsel, rekan kerja yang cerewet, media sosial adalah beberapa gangguan umum di tempat kerja yang hampir menghabiskan waktu sampai tiga jam dalam sehari.

Nah Agar gangguan ini tidak menghabiskan waktu Anda, lebih baik untuk mengenyahkan sepenuhnya dari jadwal Anda. Luangkan waktu sejenak untuk mempelajari hal-hal yang mengganggu Anda.

Jika media sosial dan ponsel menghentikan produktivitas Anda, atur waktu yang tepat dan teratur dalam sehari di mana Anda dapat memeriksa media sosial Anda.

Gunakan bantuan alarm atau perangkat lunak manajemen waktu lainnya


Tidak ada yang memahami pentingnya manajemen waktu di tempat kerja lebih baik daripada anda sendiri, terutama ketika Anda harus menangani terlalu banyak tugas dan anggota tim secara bersamaan.

Banyak manajer proyek yang efektif menggunakan perangkat lunak pelacakan waktu untuk tetap tepat waktu di atas segalanya. Alat tersebut sangat membantu dalam mengelola dan melacak waktu yang dihabiskan untuk setiap tugas.

Jika Anda mencari alat semacam itu, Anda dapat mencoba beberapa aplikasi kerja di playstore atau appstore anda. Ini membantu Anda untuk membuat catatan setiap menit sehingga Anda dapat mengatur waktu Anda secara efisien di tempat kerja.

Jadwalkan waktu istirahat Anda


Jadwalkan waktu istirahat Anda. Beristirahat teratur saat bekerja adalah cara yang efektif untuk tetap produktif sepanjang hari. Menjadwalkan waktu istirahat adalah salah satu cara penting dalam manajemen waktu yang efektif. Waktu istirahat yang terencanan dan terjadwal membuat anda lebih mudah melaksanakan atau mengeksekusi langkah penting lainnya dalam manajemen waktu.

Sudah jelas bahwa Anda tidak dapat menjalankan proyek besar atau tugas sekaligus, Anda perlu istirahat. Yang lebih baik adalah memiliki waktu istirahat yang dijadwalkan dengan baik. Berjalan-jalanlah, jadi lakukan peregangan cepat, atau hubungkan earphone dan dengarkan musik favorit Anda, lakukan apa pun yang membantu Anda rileks dan kembali bekerja dengan energi penuh nanti - tetapi jangan lebih dari 10 menit.

Temukan jam paling produktif Anda


Temukan jam paling produktif Anda. Peretasan manajemen waktu berikutnya adalah mencocokkan pekerjaan prioritas tertinggi Anda dengan jam produktivitas tertinggi Anda. Ide dasar di sini adalah untuk memeriksa diri Anda sendiri secara teratur untuk melacak kapan, di mana, dan bagaimana Anda yang paling produktif.

Penelitian dengan jelas menunjukkan bahwa hari kita didorong oleh siklus yang memengaruhi seberapa waspada dan termotivasi kita. Sebagai contoh, Anda mungkin berada pada kapasitas otak tertinggi Anda, dengan fokus dan perhatian terbaik Anda, sebelum jam makan siang, dan melambat secara signifikan di malam hari. Jadi, jika Anda memiliki proyek yang melibatkan keputusan kritis dan pemikiran kompleks, skenario kasus terbaik adalah mengelolanya dalam "jam emas" Anda.

Terima keterbatasan Anda


Terima keterbatasan Anda. Bahkan dengan upaya 110%, akan ada kesempatan di mana Anda tidak bisa menyelesaikan sesuatu dalam kerangka waktu yang ditentukan. Ini adalah titik di mana Anda menerima bahwa ada batasan seberapa produktif dan efisien Anda dapat mengatur waktu Anda.

Misalnya, jika Anda mendapat dua kali lipat beban kerja normal dalam sehari, outsourcing dan delegasi adalah kesempatan terbaik Anda. Jangan hanya berasumsi bahwa Anda bisa menyelesaikan semua yang Anda inginkan dalam jangka waktu tertentu. Ingat, melakukan ini hanya akan membuat Anda lebih sulit mengatur waktu secara efektif.

Kesimpulan dari manajemen waktu


Keahlian manajemen waktu yang efektif dapat memiliki dampak positif pada pekerjaan dan kehidupan Anda secara umum. Ketika Anda belajar mengendalikan waktu setiap hari, Secara otomatis itu akan meningkatkan kemampuan Anda untuk menyelesaikan sesuatu, membuat keputusan yang lebih baik dan yang paling penting, mendapatkan kendali penuh atas prioritas utama Anda.

Semoga artikel kali ini tentang Cara dan Manfaat pentingnya manajemen waktu dalam pekerjaan dapat bermanfaat bagi anda pembaca yang sedang mencari cara dan manfaat dari pentingnya manajemen waktu di tempat kerja. Merasa cocok dengan artikel ini silahkan bantu share dan komentar di bawah tentang pengalaman anda dalam mencoba manajemen waktu di tempat kerja.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar