Skip to main content
Uncchu

follow us

10 Cara Terbaik Untuk Tetap Konsentrasi dan Fokus Di Tempat Kerja

10 Cara Terbaik Untuk Tetap Konsentrasi dan Fokus Di Tempat Kerja. Bagaimana cara terbaik untuk tetap fokus di tempat kerja? Salah satu tantangan terbesar bagi karyawan adalah mencari tahu bagaimana tetap fokus ketika ratusan hal lain terjadi di sekitar mereka.
Daftar Isi

Ada beberapa faktor yang berkontribusi penuh terhadap hilangnya konsentrasi dan fokus di tempat kerja. Salah satunya seperti kebiasaan membuang-buang waktu, gangguan, rekan kerja yang menjengkelkan dan banyak hal lainnya.

Faktor-faktor tersebut dapat berdampak negatif terhadap produktivitas dan efisiensi Anda secara keseluruhan.

Jika Anda merasa sulit untuk lebih konsentrasi dan fokus di tempat kerja, Nah di sini Uncchu.com coba memberi tips jitu 10 cara super mudah dan super efektif untuk mengatasi gangguan supaya tetap konsentrasi dan tetap fokus di tempat kerja.

Mari simak dengan seksama Cara Terbaik Untuk Tetap Konsentrasi dan Fokus Di Tempat Kerja di bawah ini.

Pelajari cara tetap fokus di tempat kerja dengan 10 tips berikut:

1. Atur workstation Anda


Atur workstation Anda agar tetap fokus di tempat kerja. Otak kita akan secara langsung dipengaruhi oleh hal-hal di depan kita atau langsung di sebelah kita.

Jika workstation Anda terlihat seperti baru saja dilanda badai dan semuanya kacau, maka coba tebak? Apa yang akan terjadi? Itulah yang akan Anda rasakan sepanjang hari - terganggu dan tersesat.

Mereka mengatakan bahwa meja Anda adalah cerminan dari kebiasaan dan kepribadian Anda. Jika ditumpuk dengan file dan hal-hal lain, Anda mungkin ingin mengaturnya sedikit.

Menjaga ruang kerja Anda tetap bersih dan teratur membutuhkan sedikit waktu tetapi dapat memiliki dampak besar pada menjaga fokus Anda tetap utuh dan menjadikan produktivitas Anda sedikit lebih tinggi.

2. Buat rencana kerja per jam

Baca Juga

Buat rencana kerja per jam dan tingkatkan fokus

Salah satu alasan utama mengapa kebanyakan dari kita kehilangan fokus adalah tidak memiliki rencana yang tepat.

Akibatnya, pikiran monyet kita melepaskan diri dan kita kehilangan fokus. Untuk menjinakkan pikiran monyet Anda, coba jadwalkan tugas Anda jam demi jam.

Ini adalah latihan hebat yang memberikan struktur pada hari kerja Anda. Anda tahu persis apa yang harus dilakukan kapan dan apa yang harus dicapai pada akhir hari.

Sebenarnya, membuat rencana perjam adalah cara yang bagus untuk meningkatkan proses penentuan prioritas. Ini memungkinkan Anda untuk merencanakan sedemikian rupa sehingga tugas-tugas yang membutuhkan lebih banyak perhatian atau tingkat energi yang lebih tinggi dapat diselesaikan sebagai hal pertama di pagi hari.

Kiat: Anda dapat menggunakan beberapa catatan jadwal kerja untuk merencanakan, memprioritaskan, dan merampingkan alur kerja Anda.

3. Dapatkan di 'aliran' terus menerus


Mengalir dan fokus pada pekerjaan. Kita semua berbeda. Kita memiliki kebiasaan dan gaya kerja yang berbeda.

Beberapa bekerja paling baik ketika mereka bekerja secara berkelanjutan sementara yang lain mengeluarkan A-game mereka ketika mereka bekerja dalam interval waktu yang kecil. Karena itu, penting bagi kita untuk memahami bagaimana tubuh dan otak kita bekerja.

Kita dapat menggunakan informasi ini untuk mengembangkan teknik yang bekerja paling baik untuk meningkatkan rentang perhatian kita.

University of Chicago menjelaskan bagaimana menjadi 'mengalir' dapat membantu Anda memperkuat kemampuan Anda untuk berkonsentrasi dan memaksimalkan kinerja dan tingkat pembelajaran Anda.

Untuk meningkatkan efektivitasnya, Anda dapat menetapkan tenggat waktu yang ditentukan sendiri. Rasa urgensi akan mengarahkan pikiran Anda untuk bekerja dengan cara yang paling efisien dan menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

4. Beristirahatlah sejenak untuk bersantai


Beristirahat sejenak untuk bersantai. Kadang-kadang, ketika Anda tidak bisa fokus pada tugas lagi, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah beristirahat.

Otak kita tidak dirancang untuk mempertahankan perhatian selama berjam-jam lebih lama. Terlebih lagi, duduk di meja Anda memandangi layar dalam waktu lama dapat menyebabkan kelesuan, kelelahan, dan sakit kepala.

Itu sebabnya disarankan untuk mengambil istirahat pendek setelah setiap 60 menit bekerja terus menerus.

Sebuah artikel yang diterbitkan dalam Journal Cognition mengatakan, “Menonaktifkan dan mengaktifkan kembali tujuan Anda memungkinkan Anda untuk tetap fokus. Juga, ketika dihadapkan dengan tugas yang panjang seperti belajar sebelum ujian akhir atau mengerjakan proyek, yang terbaik adalah memaksakan istirahat kecil pada diri Anda untuk tetap fokus pada tugas Anda. "

“Apakah Anda mencari perangkat lunak perencanaan proyek?”  silahkan anda cari di google.

5. Berhenti menunda-nunda


Berhentilah menunda pekerjaan untuk besok. Kita semua menunda-nunda, bukan?

Namun, penundaan itu seperti kartu kredit, sangat menyenangkan sampai Anda mendapatkan tagihannya.

Hal tentang penundaan adalah bahwa ia tidak memiliki titik akhir, hal-hal terus ditunda untuk besok.

Katakanlah Anda telah memutuskan untuk melakukan sesuatu pada hari berikutnya yang dijadwalkan hari ini.

Di benak Anda, itu masih mengganggu Anda dan sebagai hasilnya, Anda merasa sulit untuk fokus pada tugas yang ada.

Cara termudah untuk menghentikan diri Anda dari menunda-nunda adalah dengan memulai tugas-tugas yang memabukkan.

Untuk membuatnya lebih menarik, Anda bisa menghargai diri sendiri pada akhirnya ketika Anda menyelesaikan tugas-tugas itu.

Jadi, jadilah ahli dalam melakukan hal-hal yang tidak menunda-nunda mereka.

6. Lakukan satu-persatu tugas Anda


Lakukan satu per satu. Tidak semua dari kita dilahirkan dengan keterampilan multitasking yang hebat, namun kebanyakan dari kita menjadi mangsa karenanya.

Berbagai aktivitas yang dijejalkan dalam rutinitas biasa kami dan terus-menerus beralih di antara mereka cenderung membuat Anda lelah dan terganggu. Dan, itu mengalahkan seluruh tujuan mengapa orang cenderung melakukan banyak tugas.

Sesuai penelitian oleh American Psychological Association, terus-menerus beralih di antara banyak tugas mengurangi peluang kita untuk menyelesaikan salah satu dari mereka pada waktunya.

Alih-alih menghemat waktu, pada akhirnya justru melakukan kebalikannya. Selain itu, kami akhirnya kehilangan fokus dan membuat lebih banyak kesalahan saat kami menyulap lebih dari dua tugas sekaligus.

7. Simpan handphone di laci Anda


Simpan telepon itu di laci Anda. Ponsel Anda bisa menjadi musuh terbesar Anda saat bekerja.

Bunyi bip konstan, pesan Whatsapp, pemberitahuan Facebook dapat mengalihkan perhatian Anda dan mengakibatkan buang waktu Anda yang berharga.

Mari kita akui setiap kali kita melihat ponsel kita di atas meja, ada keinginan untuk mengambilnya dan memeriksa siapa yang memperbarui apa yang ada di akun jejaring sosial mereka.

Menurut sebuah survei, rata-rata karyawan kantor menghabiskan 56 menit per hari menggunakan ponsel cerdas mereka untuk aktivitas di luar pekerjaan.

Tidak salah untuk mengatakan bahwa smartphone menghabiskan semua energi Anda dan membunuh produktivitas Anda.

Dapat dimengerti jika karyawan menggunakan ponsel mereka selama jam kerja sesekali tetapi jika dilakukan lebih dari itu, itu bisa menjadi gangguan besar.

8. Atur kotak surat Anda


Atur kotak surat Anda. Salah satu kegiatan lain yang cukup menegangkan dan mengganggu adalah email.

Setiap hari Anda mendapatkan banyak email - baik profesional maupun pribadi. Yang menarik adalah Anda mendapatkan email saat Anda mengerjakan tugas terpenting hari itu.

Apakah Anda tahu bahwa rata-rata karyawan menghabiskan 1,5 jam sehari untuk mengirimkan sekitar 56 email?

Anda dapat menghindari kekacauan ini dengan memiliki alamat email terpisah untuk pekerjaan dan keperluan pribadi.

Tetapkan filter sesuai preferensi Anda dan tentukan waktu tertentu untuk memeriksa email Anda dan mengatasinya.

Membatasi waktu email Anda adalah cara yang bagus untuk menghabiskan waktu melakukan hal-hal yang benar-benar penting dan menjaga fokus Anda tetap utuh.

9. Pilih musik yang cocok


Pilih musik yang cocok. Ini bisa menjadi kejutan bagi banyak pembaca di luar sana. Padahal, itu mungkin tidak membawa hasil yang sama untuk satu karena akan menghasilkan banyak.

Mendengarkan jenis musik tertentu dapat meningkatkan konsentrasi Anda di tempat kerja. Sebuah artikel yang baru-baru ini diterbitkan menyatakan bahwa musik latar sebenarnya memiliki kekuatan untuk mengubah suasana hati pendengar.

Untuk sedikit spesifik, disebutkan bahwa mendengarkan musik yang positif dan tempo lambat sebenarnya dapat meningkatkan kinerja Anda.

Tidak salah mengatakan bahwa mendengarkan musik latar membantu meningkatkan fokus, menghalangi gangguan, dan bahkan membuat tugas yang membosankan lebih menyenangkan. Cobalah untuk melihat apakah itu cocok untuk Anda atau tidak.

10. Gunakan aplikasi untuk melatih otak Anda untuk fokus


Gunakan aplikasi untuk melatih otak Anda untuk fokus. Kadang-kadang, hampir tidak mungkin untuk fokus ketika banyak hal menarik energi kita.

Anda akan terkejut mengetahui bahwa ada banyak alat, aplikasi seluler, dan perangkat lunak manajemen kerja yang benar-benar dapat membantu Anda lebih fokus.

Aplikasi ini dirancang sedemikian rupa sehingga membantu Anda mendapatkan kembali otak Anda dan sibuk mengerjakan hal-hal yang paling penting.

Banyak aplikasi yang melatih otak anda bertebaran di google play. Silahkan cari yang sesuai dengan anda.

Solusi terakhir


Ingatlah selalu bahwa kemampuan Anda untuk berkonsentrasi seperti otot. Semakin banyak Anda berolahraga, semakin baik perkembangannya.

Mungkin agak sulit pada awalnya tetapi dengan latihan dan tekad, Anda dapat melatih otak Anda untuk fokus lebih baik.

Nah bagaimana menurut Anda 10 Cara Terbaik Untuk Tetap Konsentrasi dan Fokus Di Tempat Kerja. Silahkan bagikan pendapat anda di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar