Skip to main content
Uncchu

follow us

Syarat dan Biaya Serta Pengalaman Pribadi Pengurusan SIM di Polres Solok Kota

Anda sedang mencari referensi tentang tatacara dan persyaratan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk area Kota Solok dan Kabupaten Solok? Yups, artikel kali ini adalah bacaan tepat untuk yang sedang mencari tatacara dan syarat pengurusan SIM atau Surat Izin Mengemudi. 

Artikel berikut adalah artikel tentang pengalaman Saya dalam melakukan pengurusan dan sekaligus pembuatan Surat Izin Mengemudi di Kota Solok, Sumatera Barat. Dalam pengalaman ini akan Saya jelaskan tatacara, syarat dan prosedur pengurusan SIM di Polres Solok Kota lengkap dan tepat.

Sebelum penjelasan lebih lanjut tentang pengalaman pribadi dalam mengurus dan membuat Surat Izin Mengemudi atau SIM di Kota Solok? Akan ada gambaran sedikit tentang keadaan geografis Kota Solok yang wajib Anda ketahui. 

Secara garis besar Kota Solok berada di dalam dekapan Kabupaten Solok. Sekedar informasi saja bahwa sebenarnya tempat pengurusan SIM di Kabupaten Solok berpusat di Polres Kayu Aro yang berada dekat dengan komplek Perkantoran Bupati Kabupaten Solok. 

Tapi dikarenakan penulis adalah warga Kabupaten Solok yang justru lebih dekat dengan Polres Solok Kota. Maka Penulis memutuskan untuk mengurus Surat Izin Mengemudi atau SIM di Polres Solok Kota saja.

Nah dalam pengalaman pengurusan SIM ini adalah Saya adalah warga Kabupaten Solok yang melakukan pengurusan SIM atau Surat Izin Mengemudi di Layanan Pembuatan SIM Polres Solok Kota. SIM yang buat kali ini adalah SIM C atau SIM untuk Roda Dua.

Tatacara dan Persyaratan serta Prosedur Pengurusan SIM di Polres Solok Kota Terkesan Mudah


Seperti Biasa sebelum mendatangi Polres Solok Kota. Saya menyiapkan berkas untuk pembuatan SIM C di antaranya adalah KTP Elektronik yang masih berlaku. Sebenarnya masih ada syarat lain untuk pengurusan SIM C di Polres Solok Kota. 

Diantara persyaratan tambahan untuk pengurusan SIM adalah Surat Keterangan Sehat (SKS) dan surat Tes psikologi. Persyaratan tersebut tadi adalah berkas yang biasa dan mudah untuk didapatkan serta sangat mudah untuk memperbanyaknya secara manual.

Proses Pengurusan SIM

Pengurusan SIM C di Polres Solok Kota Saya lakukan pada pertengahan bulan April 2019. Tepatnya sehari sebelum Pemilu Serentak tanggal 17 April 2019. Saat itu penulis hanya membawa KTP Elektronik asli. 

Penulis datang ke Polres Solok Kota sekitar jam Sembilan pagi. Di garda depan di sambut oleh seorang polwan berjilbab cantik. Sambutan yang ramah memberikan kesan positif bagi siapa saja yang datang. Termasuk yang pertama kali melakukan kunjungan ke Polres solok Kota seperti Saya ini.

Dengan sambutan hangat dan sapaan ramah sang polwan yang Saya lupa namanya memberikan salam dalam Bahasa Indonesia. Beliau menyapa dengan gaya Bahasa Indonesia formal yang menurut hemat penulis sangat ramah dan enak di dengar.

Setelah mempersilakan duduk, polwan itu menanyakan dengan santun apa keperluan Saya datang. Saya mulai menjelaskan apa adanya yaitu maksud kedatangan Saya ke Polres Solok Kota ini adalah dalam rangka pengurusan atau tepatnya pembuatan SIM C.

Lalu dengan ramah Sang polwan Polres Solok Kota tersebut menanyakan KTP asli dan kopiannya. Kebetulan Saya tidak memiliki salinan KTP. Polwan tersebut menawarkan fotokopi gratis. 

Penulis adalah salah seorang pengunjung yang menikmati foto kopi gratis pelayanan SIM di Polres Solok Kota ini. Sampai di sini poin plusnya adalah sangat nyamannyabpelayanan Polres Solok Kota di Garda Depan. Ditambah air mineral kemasan gelas dan permen sebagai pelengkap menunggu berkas selesai di fotokopi.

Setelah KTP di fotokopi penulis di arahkan kebagian bangunan tepat di depan polwan tadi menyambut. Tepatnya sisi sebelah kanan bangunan polres Solok Kota jika di lihat dari arah jalan raya.

Kondisi di dalam Ruangan

Kondisi di dalam ruangan Polres Solok Kota sangat nyaman sekali. Di ruangan di sambut bapak-bapak polisi yang menurut Saya lagi ngerumpi masalah persiapan pemilu di keesokan harinya. Karena Saya sekilas menangkap percakapan bapak-bapak tersebut menyebut sebuah TPS di kelurahan Tanjung Harapan Kota Solok.

Di sambut senyum dan kemudian ditanya maksud kedatangan Saya dengan ramah. Saya pun kemudian menjawab dengan seramah mungkin. Saya menjelaskan kedatangan Saya untuk mengurus SIM. Salah satu dari bapak polisi yang ngerumpi menunjuk ke dalam ruangan dimana ruangan pelayanan SIM berada.

Biaya pengurusan SIM di Polres Solok Kota yang murah dan bersahabat


Di dalam ruangan berjejer kursi Panjang bernuansa biru. Saya langsung ditanya oleh seorang perempuan 20 tahunan. Penanya kalau menurut Saya juga seorang polwan. Namun keyakinan Saya runtuh seketika setelah melihat stelan bajunya yang bewarna putih. Saya jadi tidak yakin kalau beliau adalah polwan. 

Saya diminta menyerahkan fotokopi KTP. Di sini penulis di arahkan ke ruangan sebelah atau tepatnya untuk mengurus surat keterangan sehat dan di suruh tes psikologi oleh perempuan berbaju putih.

Sesuai arahan menuju seberang jalan atau tepat sebelah kanan sebelum jembatan. Ada seorang perempuan di ruangan kecil pinggir jalan. di depan pintu tertulis tes kesehatan untuk pengurusan SIM.

Di sini Saya di tanya oleh ibu - ibu. Pertanyaan yang diajukan berupa tinggi badan, berat dan golongan darah. Setelah selesai Saya diminta 25 ribu rupiah untuk biaya pembuatan Surat Keterangan Sehat. 

Dari sini Saya di arahkan lagi ke sisi kanan masih di seberang jalan dari Kantor Polres Solok Kota untuk tes Psikologi.

Di tempat Tes Psikologi ini disambut pria yang mungkin masih berumur 20 tahunan. Saya di beri form dan tatacara mengisi tes Psikologi. Di sini, di tempat tes psikologi Saya membayar lagi sebesar 50 ribu untuk tes Psikologi. 

Setelah Saya mengantongi dua form, Yaitu Surat Keterangan Sehat dari Ibu Tadi, Dan Surat Hasil Tes Psikologi. Saya kembali ke ruangan pengurusan SIM di Kantor Polres Solok Kota. 

Setelah itu penulis kembali ke pusat pelayanan SIM dan menyerahkan dua Syarat tadi ke Polwan berbaju putih. Dibalas dengan form isian yang isinya tentang alamat, golongan darah, nomor telepon orang terdekat dan nomor telepon sendiri.

Setelah selesai mengisi form isian tadi di arahkan keruangan pembuatan SIM. Di ruangan ini di ambil foto, tanda tangan dan sidik jari dari lima jari tangan. Setelah itu di arahkan untuk ujian di ruangan ujian. yang berada di depan ruangan pembuatan SIM.

Di ruangan ujian Pembuatan SIM Polres Kota ini dihadapkan dengan computer atau tepatnya layar LED touchscreen dengan disertai Headphone untuk keperluan TES. TES berupa animasi dengan jumlah soal 50 entah 30 lupa pastinya. Untuk persyaratan tes harus betul minimal 21 soal.

Alhamdulillah dalam TES ini lolos dengan nilai 21 betul. Sedikit saran, Soal dan animasi dalam TES ini tidak sinkron alias Animasi sering lebih dulu daripada soal yang dibacakan.

Selesai Tes diwajibkan membayar biaya ujian sebesar 50 ribu. Setelahnya di antarkan ke samping ruang ujian untuk membayar biaya pembuatan SIM sebesar 100 Ribu. Selesai pembayaran diberi kuitansi dan di suruh masuk kembali keruangan pembuatan SIM.

Di sini diarahkan beberapa kalimat yang juga Saya lupa apa kalimat yang diminta dan diberi selembar SIM sementara. Pemberian SIM sementara ini dilakukan karena Card untuk pencetakan SIM habis. Maka disuruh jemput SIM pada tanggal 29 April 2019 atau tepatnya hari Senin. Pengurusan SIM di Polres Solok Kota selesai Saya jalankan. 

Kesimpulan

Jadi kesimpulan dari Pengalaman Pribadi Pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polres Solok Kota secara garis besar sangat lancar dan tidak terlalu berbelit-belit. 

Boleh diumpamakan 10 petugas hanya satu yang berpotensi (kurang) ramah. Ingat ini menurut Saya dan penilaian ini tidak menunjukkan kinerja penuh pelayanan SIM di Polres Solok Kota. Setiap orang bisa saja mengalami pelayanan berbeda. 

Jumlah Rincian Biaya pengurusan SIM baru di Polres Solok Kota dari Pengalaman Pribadi Pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polres Solok Kota adalah sebagai berikut :

1. Biaya untuk Pengurusan / Pembuatan Surat Keterangan Sehat sejumlah 25.000,-
2. Biaya untuk Pembuatan / Pengurusan Tes Psikologi sejumlah 50.000,-
3. Biaya Ujian TES Pengurusan atau Pembuatan SIM (Jenis SIM yang buat adalah SIM C) sejumlah 50.000,-
4. Biaya untuk Pengurusan / Pembuatan SIM (Jenis SIM yang buat adalah SIM C) sejumlah 100.000,-


Jadi total Biaya Pembuatan SIM C baru berdasarkan Pengalaman Pribadi Pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polres Solok Kota adalah 225.000,-.


Nah itulah Pengalaman Pribadi Pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polres Solok Kota. Pengalaman mungkin berbeda, Bagaimana pengalaman Anda? Yuk lengkapi Surat Kendaraan Anda di Polres Solok Kota. Biar perjalanan lebih lancar dan tidak was-was lagi akan terkena Razia.

Update : Sesuai yang tertera di SIM sementara proses menjemput SIM pada tanggal 29 April 2019 bebas biaya dan cepat. Hanya saja di posko Utama / garda depan tidak menemui Polwan sebelumnya. Dan sedikit info polwan yang satu ini sedikit (hanya sedikit) kurang ramah bila dibanding polwan di garda depan sebelumnya. (Afriant Ishaq, seperti dituturkan oleh sumber Utama)

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar